3 Faktor Risiko Anak Sering Alami ISPA, Salah Satunya karena Asap Rokok

Selasa, 01 Maret 2022 | 12:49 WIB Penulis : Annisa Karnesyia


Batuk dan pilek pada anak bisa terjadi lebih dari satu kali dalam setahun. Sebelum masa pandemi, masalah pernapasan ini bahkan sudah sering menyerang anak-anak, Bunda.

Batuk dan pilek dapat menjadi gejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Pada saat ISPA, anak juga bisa mengalami gejala berat yang meluas ke sistem pernapasan pusat di paru-paru.

"Sebelum pandemi, anak sudah rentan terkena infeksi respiratori akut atau ISPA. Gejala-gejalanya sangat luas," kata Anggota Satgas COVID-19 dan UKK Respirologi IDAI, DR. Dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A(K), dalam Live Instagram IDAI, belum lama ini.

"Kalau menyerang saluran napas atas, gejala demam, batuk, dan pilek. Kalau meluas ke bawah paru-paru, terjadi pneumonia dengan gejala bisa sampai sesak napas," sambungnya.

Menurut Nastiti, gejala batuk dan pilek pada hakikatnya adalah tanda bahwa ada suatu rangsangan di saluran napas. Ini bisa karena infeksi atau iritasi.

ISPA wajar terjadi pada anak-anak. Untuk anak di bawah 5 tahun, kondisi ini bahkan bisa terjadi lebih dari 4 kali lho, Bunda.

"Di bawah 5 tahun apabila terkena 4 sampai 8 episode infeksi saluran pernapasan akut dalam setahun itu masih wajar, jadi memang relatif sering ya. Tapi, kalau keluhannya sudah tiap minggu atau bulan, itu harus evaluasi," ujarnya.

Ya, apabila anak terlalu sering sakit batuk dan pilek, sebaiknya segera ke dokter ya. ISPA berulang yang sering terjadi bisa disebabkan beberapa faktor risiko.

Nah, faktor risiko ini sebenarnya bisa untuk dicegah. Kunci pencegahan ISPA berulang adalah dari orang tua dan lingkungan di sekitar anak.

Source : haibunda.com

Artikel Lainnya

Mendidik anak tanpa emosinal merupakan suatu tantangan bagi setiap orangtua. Banyak orangtua yang merasa frustrasi dan terkadang tidak sabar dalam menghadapi anak-anak yang ceria tetapi juga naka...

Tumbuh kembang tiap anak memang berbeda-beda, sehingga ada orang tua yang terkadang tidak sadar saat anaknya tumbuh pendek. Sampai saat ini masih banyak orang tua yang terlalu fokus pada berat tubuh a...

Di balik rasanya yang khas, berbagai manfaat rumput laut rupanya sangat baik untuk tubuh dan kesehatan anak lho, Moms. Menurut studi yang dilansir National Institutes of Health, lingkungan tem...

Siapa sangka perilaku anak nakal bisa dilihat dari karakter astrologinya. Beberapa karakter khas yang dimiliki zodiak tertentu bisa membuatnya cenderung menjadi anak nakal atau anak penurut. Menget...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................