Resep Mudah Membuat Es Loli dari ASI, Dicoba yuk Mom

Selasa, 01 Maret 2022 | 16:11 WIB Penulis : Amira Salsabila


Pernahkah Mom mendengar adanya es loli yang terbuat dari ASI? Ya, Mom bisa lho membuat sendiri es loli dari ASI yang dibekukan dalam sebuah cetakan dan dapat dipegang lalu dimakan oleh Si Kecil.

Tahukah Mom? Es loli ASI memiliki berbagai macam manfaat, selain bernutrisi tinggi, juga dapat menenangkan gusi Si Kecil yang nyeri karena tumbuh gigi. Lalu, apa saja manfaat lainnya dan bagaimana cara membuat es loli ASI? Simak penjelasan berikut ini, ya Mom.

Apa itu es loli ASI?

“Es loli ASI adalah alat terapi dingin yang sangat baik dan camilan bayi yang sehat,” kata Demi Lucas, IBCLC dan koordinator pasien senior di The Lactation Network, dikutip dari Romper.

Meskipun biasanya digunakan untuk bayi yang sedang tumbuh gigi dengan gusi yang teriritasi dan mulut yang sakit, Mom juga dapat menggunakannya untuk mengenalkan rasa makanan padat kepada anak-anak, dengan mencampur makanan padat dengan ASI.

Bayi dan anak-anak yang sakit dapat memperoleh manfaat dari sifat imunologis ASI dan rasa dinginnya menenangkan gusi dan mulut mereka. Selain itu, bayi dan balita yang kesulitan minum susu botol dapat mengemil es loli ASI saat jauh dari Mom menyusui sebagai cara untuk tetap mendapatkan ASI.

Mom, bayi tidak seharusnya memulai makanan apa pun sampai usia 6 bulan menurut World Health Organization (WHO). Es loli ASI adalah alternatif yang aman ketika Mom bersemangat untuk memberikan Si Kecil jenis makanan baru, tanpa risiko merusak usus Si Kecil.

Jika bayi sudah dapat menggenggam es loli dan memakannya sendiri, mungkin tidak masalah, tetapi Mom tetap perlu melakukan pengawasan yang ketat, ya.

Manfaat es loli ASI untuk Si Kecil

Es loli ASI bisa menjadi obat alami yang baik untuk mengatasi ketidaknyamanan saat tumbuh gigi karena berbagai alasan. Seperti berikut ini :

1. Mudah dicerna

Tumbuh gigi biasanya muncul pada usia sekitar 6 bulan, tetapi banyak bayi yang mulai menunjukkan gejala tumbuh gigi lebih awal. ASI mudah dicerna oleh bayi, sehingga sangat cocok untuk menenangkan gusi yang gatal dan sakit.

2. Penuh nutrisi

ASI penuh dengan nutrisi penting yang dibutuhkan Si Kecil untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Ini mengandung lebih sedikit gula jika dibandingkan dengan es loli yang dibuat di toko.

Gula yang berlebihan dapat merusak kesehatan Si Kecil dan tidak baik untuk gigi yang sedang tumbuh.

3. Efektif menenangkan gusi bayi

Tumbuh gigi ditambah dengan rasa gatal dan nyeri pada gusi akan mengubah suasana hati Si Kecil. Saat Si Kecil mengunyah ASI sedingin es, ASI akan mati rasa untuk sementara dan menenangkan area yang sakit sehingga Si Kecil akan lebih nyaman untuk sementara waktu

 

Source: haibunda.com

Artikel Lainnya

Jika Bunda mengalami anak yang menjadi cengeng sejak dia memiliki adik, sudah jelas si kakak mengalami regresu, antara lain terjadi kemunduran dari bisa pipis sendiri menjadi pipis di celana, menjadi ...

Bagi si 1-2 tahun, pagi, siang, sore, dan malam bukanlah sesuatu yang nyata alias abstrak, karena tidak menjelaskan apapun. Konsep waktu belum dipahaminya dengan benar. Namun, tak berarti dia tidak te...

Penyakit batuk pilek pada anak sangat umum terjadi terutama saat kondisi cuaca kurang menentu. Apalagi kalau sudah masuk musim pancaroba nih, virus biasanya lebih mudah menyebar melalui percikan atau ...

Anak yang tumbuh cerdas dan sehat, adalah dambaan tiap orang tua. Apalagi jika pertumbuhan si kecil sudah sesuai dengan kurva dan usianya. Tapi belakangan ini, Ibumin jadi penasaran mengenai berapa...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................