Mengatasi Fluorosis Pada Gigi Anak

Kamis, 31 Maret 2022 | 17:33 WIB Penulis :


Bagaimana cara mengatasi fluorosis gigi?

Ingatlah bahwa fluorosis hanya mempengaruhi penampilan gigi. Fluorosis gigi tidak menyebabkan gigi berlubang. Oleh karena itu, sebagian besar perawatan untuk mengatasi fluorosis hanya bertujuan untuk menutupi noda.

Dalam banyak kasus, gejala yang ditimbulkan oleh fluorosis gigi umumnya sangat ringan sehingga tidak memerlukan perawatan. Atau, fluorosis hanya mempengaruhi gigi belakang yang tidak terlihat.

Penampakan gigi yang terkena fluorosis sedang hingga parah dapat diatasi secara signifikan dengan berbagai teknik. Kebanyakan dari penanganan fluorosis bertujuan untuk menutupi noda.

Beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengatasi fluorosis gigi meliputi:

  • Pemutihan gigi dan prosedur lain untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi; perhatikan bahwa pemutihan gigi sementara dapat memperburuk keadaan fluorosis.
  • Bonding, yang melapisi gigi dengan resin keras yang berikatan dengan enamel.
  • Mahkota
  • Veneer, yang merupakan cangkang buatan yang menutupi bagian depan gigi untuk memperbaiki penampakan gigi; Veneer digunakan pada kasus-kasus fluorosis yang parah.
  • MI Paste, produk kalsium fosfat yang kadang-kadang dikombinasikan dengan metode seperti mikro-abrasi untuk meminimalkan perubahan warna gigi.

Ada beberapa cara yang tidak dapat dilakukan kepada gigi anak ya Moms, lebih baik langsung dikonsultasikan kepada Dokter gigi. 

 

Source: https://www.honestdocs.id/dental-fluorosis

Artikel Lainnya

Zaman semakin canggih, banyak orang tua yang mengikuti perkembangannya saat ini. Merekam kegiatan bayi atau anak mereka, lalu diunggah ke dalam akun sosial media. Alasannya beragam, mulai da...

Jakarta - Baby blues dan depresi postpartum atau depresi setelah melahirkan sekilas seperti mirip, Bunda. Namun rupanya, dua kondisi ini sangat berbeda. Simak penjelasan pakar...

Perseteruan atau kompetisi antar kakak-adik waktu kecil ternyata bisa terbawa hingga dewasa, dan malah berkembang menjadi perasaan iri. Coba saat Bunda merasa adik atau kakak Anda menjalani kehidupan ...

Mendidik dan mengajarkan anak tidak hanya berpaku pada materi pendidikan secara formal, seperti membaca, menulis, atau berhitung. Namun, juga perlu diiringi dengan pendidikan karakter sehingga kece...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................