Jenis Keju Yang Baik Untuk Mpasi Anak

Rabu, 11 Mei 2022 | 13:32 WIB Penulis :


Selain untuk topping dan camilan enak, keju juga bisa diolah menjadi bahan makanan pelengkap untuk MPASI. Keju untuk MPASI bisa menambah cita rasa dan mendukung kebutuhan gizi harian si Kecil, apalagi keju merupakan olahan susu yang termasuk sumber protein hewani.

Protein hewani merupakan nutrisi yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil agar lebih prima. Di dalamnya mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, nutrisi ini sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari sumber protein hewani secara rutin setiap hari. Ibu bisa memasukkan sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih ke dalam menu MPASI harian si Kecil. 

Menurut penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information, kekurangan semua jenis 9AAE bisa menghambat tumbuh kembang si Kecil sebanyak -50%. Ibu pasti tidak mau hal ini terjadi, kan? Maka dari itu, keju untuk MPASI bisa Ibu pilih untuk mendukung kecukupan gizi harian si Kecil. 

Ada banyak jenis keju untuk MPASI yang bisa Ibu olah, mulai dari keju cheddar, mozzarella, parmesan, dan lain sebagainya. Namun, jenis keju apa ya yang paling cocok dan aman dikonsumsi untuk bayi berusia 7-12 bulan? Yuk, kita simak rekomendasi keju untuk MPASI yang bisa Ibu pilih di bawah ini. 

Rekomendasi Keju Untuk MPASI yang Aman Dikonsumsi Bayi

Berikut ini rekomendasi keju untuk MPASI yang bisa jadi pilihan Ibu untuk diolah menjadi pelengkap MPASI harian si Kecil, antara lain: 

  1. Keju cheddar

    Cheddar merupakan keju untuk MPASI yang paling populer di Indonesia. Banyak orang yang memilih keju cheddar untuk diolah menjadi berbagai makanan lezat karena memiliki rasa yang kuat. Keju cheddar identik dengan bentuk kotak atau persegi panjang dan warnanya putih gading hingga kuning.

  2. Keju mozzarella

    Ibu pasti sudah tidak asing dengan mozzarellaYup! Ini dia keju untuk MPASI yang memiliki ciri khas dapat meleleh jika dipanaskan. Keju mozzarella sering dijadikan topping makanan. Keju mozzarella dan cheddar merupakan keju yang paling sering diolah menjadi pelengkap dalam MPASi si Kecil.

  3. Keju cottage 

    Keju cottage terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa asam segar. Keju jenis ini ternyata kaya nutrisi, termasuk protein dalam jumlah tinggi. Oleh karena itu, banyak Ibu yang memilih cottage sebagai keju untuk MPASI

  4. Keju Parmesan

    Tekstur keju parmesan cenderung lebih padat dan umumnya sering digunakan untuk taburan dalam makanan. Dari segi rasa, keju parmesan agak asin dan memiliki aroma yang cukup tajam. 

  5. Keju Gouda

    Berbeda dengan keju lainnya, Gouda termasuk keju untuk MPASI yang memiliki rasa manis. Hampir mirip seperti mozzarella, keju gouda bisa meleleh jika dipanaskan. 

 

Source : https://www.ibudanbalita.com/

Artikel Lainnya

Setelah berpuasa selama lebih dari 12 jam, Mom tentu tak sabar untuk segera membayar rasa haus dengan minum minuman yang segar dan sehat saat buka puasa nanti. Begitu pun bagi si kecil, menu...

Perawatan gigi pada bayi sering diabadikan para Bunda. Padahal merawat gigi bayi perlu dilakukan sejak tumbuh pertama kali. Hal itu dapat mencegah gigi bayi jadi rusak akibat sisa su...

Jika Bunda mengalami anak yang menjadi cengeng sejak dia memiliki adik, sudah jelas si kakak mengalami regresu, antara lain terjadi kemunduran dari bisa pipis sendiri menjadi pipis di celana, menjadi ...

Jika berbicara soal melatih fokus sikecil, banyak orang tua membayangkan sebuah kelas dan si kecil duduk di dalamnya sambil serius mendengarkan pelajaran. Sebagian orang tua lain malah tidak sadar bet...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................