Kapan Si Kecil Boleh Puasa?

Rabu, 08 Mei 2019 | 11:42 WIB Penulis : Erni Wulandari


Mengajarkan anak untuk berpuasa bukanlah hal mudah. Sebab tak jarang, ia akan mengeluh dan merengek karena merasa lemas, haus, dan lapar karena belum terbiasa berpuasa. Oleh sebab itu, sebelum membiasakan ia berpuasa, orang tua perlu mempertimbangkan usia dan kondisinya, termasuk apakah ia sudah bisa diajak berpuasa atau belum.

Saat melihat teman-temannya berpuasa, Si Kecil mungkin ingin ikut berpuasa. Kondisi tersebut tak jarang membuat beberapa orangtua bingung dan khawatir karena mereka masih belum tega untuk melihat anak-anaknya lemas karena menahan haus dan lapar saat berpuasa. Lantas, kapan ya waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa?

Waktu Anak untuk Puasa

Puasa tidak hanya baik untuk kesehatan fisik anak, melainkan juga kesehatan mental. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa puasa bisa meningkatkan hormon pertumbuhan anak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan melatih emosi, kedisiplinan, kesabaran, serta sikap berbagi. Melihat banyaknya manfaat berpuasa bagi Si Kecil, tidak ada salahnya untuk ibu mengajarkan puasa kepadanya sejak dini.

Jika Si Kecil saat ini berusia 4-6 tahun, ia sudah bisa diajarkan untuk berpuasa. Sebab, para psikolog menyebutkan bahwa di usia tersebut anak sudah boleh diajarkan berpuasa secara bertahap, mulai dari memperkenalkan konsep puasa, puasa setengah hari, hingga puasa sehari penuh. Psikolog juga menyebutkan bahwa di usia 8-9 tahun, anak-anak seharusnya sudah bisa untuk berpuasa sehari penuh.

Memperkenalkan Konsep Puasa pada Si Kecil

Sejak Si Kecil balita, Mommy sudah bisa memperkenalkan konsep puasa kepadanya. Mulai dari menjelaskan tentang pengertian puasa, mengajaknya untuk sahur dan berbuka, hingga memberitah apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya saat puasa.

Sambil memperkenalkan konsep puasa, Mommy juga bisa mengajarkan Si Kecil berpuasa secara bertahap. Misalnya dengan mengajaknya berpuasa selama beberapa jam. Jika ia merasa haus dan lapar, Mommy bisa mengizinkannya untuk berbuka lalu meneruskan puasanya selama beberapa jam lagi. Lakukan seperti itu secara bertahap dan menambahkan jam berpuasa hingga ia benar-benar bisa berpuasa sehari penuh.

Membuat Si Kecil Bersemangat untuk Puasa

Ada beberapa cara yang bisa Mommy lakukan agar Si Kecil bersemangat saat berpuasa. Diantaranya dengan:

  • Membuat menu sahur dan berbuka kesukaannya.
  • Sibukkan Si Kecil saat berpuasa. Misalnya dengan membuat kegiatan atau permainan seru, sehingga ia lupa bahwa ia sedang berpuasa.
  • Ajak Si Kecil tidur siang. Selain baik untuk tumbuh kembangnya, tidur siang bisa membantu Si Kecil melupakan rasa lapar dan haus yang seringkali muncul di siang hari.
  • Beri pujian dan hadiah atas usahanya berpuasa. Misalnya berupa pelukan, ciuman hangat, atau kado khusus untuk Si Kecil. Meskipun sederhana, cara ini bisa memotivasinya untuk berpuasa dengan penuh semangat.

Jika Mommy dan Si Kecil punya keluhan kesehatan saat puasa, sebaiknya Mommy segera konsultasi dengan dokter.

Artikel Lainnya

Kesehatan mulut dan gigi harus selalu kita jaga untuk menghindari terjadinya beberapa penyakit mulut dan gigi. Gigi yang jarang dibersihkan juga dapat memicu timbulnya bau mulut, sariawan, gusi bengka...

Dalam keseharian, seringkali anak berperilaku tak sopan. Sekali dua kali mungkin itu bisa dianggap normal. Tapi bila mereka sering bertindak tidak sopan, jangan dibiarkan ya, Moms. Menurut p...

Orang tua mungkin berpikir bahwa dengan mengajarkan anak berbagi mainan, maka Anda akan menanamkan nilai-nilai kebaikan, kebersamaan, solidaritas, atau kedermawanan pada si kecil. Sekalipun tujuan ...

Di usia balita, kemungkinan besar si Kecil pernah satu kali, atau bahkan lebih dari sekali, mengalami mimisan. Sebagian anak malah mengalaminya beberapa kali dalam seminggu. Kondisi ini sebena...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................