GERD Dapat Terjadi Pada Anak!

Kamis, 09 Juni 2022 | 17:58 WIB Penulis :


“Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami kondisi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Bila kondisi tersebut sering terjadi dan dalam waktu yang lama, hal itu disebut juga gastroesophageal reflux (GERD). Anak-anak cenderung memiliki sfingter esofagus bagian bawah yang lemah, sehingga lebih rentan mengalami GERD. Namun, ada juga beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak mudah mengalami GERD.”

Halodoc, Jakarta – Naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan atau refluks asam adalah kondisi yang umum terjadi pada orang dewasa, kamu mungkin juga pernah mengalaminya. Namun, tahukah kamu bahwa kondisi tersebut juga bisa terjadi pada anak-anak, bahkan bayi lho.

Bila refluks asam sering terjadi dan dalam waktu yang lama, kondisi itu disebut juga gastroesophageal reflux (GERD). GERD sering terjadi pada bayi di bawah 2 tahun. Kebanyakan bayi muntah beberapa kali sehari selama 3 bulan pertama kehidupan mereka. Namun, hal itu biasanya tidak menyebabkan masalah pada bayi. 

Pada kebanyakan kasus, bayi bisa sembuh dari GERD ketika mereka berusia 12–14 bulan. Selain pada bayi, anak-anak dan remaja juga sering mengalami GERD dari waktu ke waktu. Menurut GIKids, hampir 10 persen remaja dan praremaja di Amerika Serikat terkena GERD. GERD yang terjadi pada anak-anak disebut juga GERD pediatrik. 

 

Penyebab Asam Lambung Naik pada Anak

Naiknya asam lambung ke kerongkongan atau GERD biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada sfingter esofagus bagian bawah atau LES (lower esophageal spinchter). LES adalah otot di bagian bawah pipa makanan (kerongkongan) yang bertindak sebagai katup antara kerongkongan dan lambung. Saat anak menelan, otot ini mengendur untuk membiarkan makanan lewat dari kerongkongan ke perut. Otot ini biasanya tetap tertutup sehingga isi lambung tidak mengalir kembali ke kerongkongan. Namun, ketika LES mengendur terlalu sering atau terlalu lama, asam lambung bisa mengalir kembali ke kerongkongan. Hal ini menyebabkan muntah dan heartburn.

Bayi cenderung memiliki LES yang lemah sehingga lebih rentan mengalami GERD. Pada bayi dengan GERD, ASI atau susu formula secara teratur mengalir kembali ke kerongkongan, dan terkadang keluar dari mulut. Itulah mengapa terkadang bayi bisa muntah atau bersendawa sambil mengeluarkan cairan.

Sedangkan pada anak-anak, asam lambung naik atau GERD disebabkan karena LES menjadi lemah atau mengendur padahal seharusnya tidak. Hal ini bisa terjadi karena:

  • Hernia Hiatus, suatu kondisi ketika bagian atas perut mendorong ke atas ke dada melalui lubang di diafragma.
  • Meningkatnya tekanan pada perut karena kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Konsumsi obat-obatan, seperti obat asma tertentu, antihistamin (obat alergi), dan obat penghilang rasa sakit.
  • Terpapar asap rokok.
  • Pernah menjalani operasi sebelumnya pada kerongkongan atau perut bagian atas.
  • Keterlambatan perkembangan yang parah.
  • Kondisi neurologis tertentu, seperti cerebral palsy.
  • Konsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan sepertinya bisa memengaruhi tonus otot LES yang membuat otot tersebut terbuka lebih lama dari biasanya. Makanan tersebut, antara lain cokelat, permen, makanan tinggi lemak, dan makanan asam.

Bila Si Kecil mengalami GERD, sebaiknya ibu membawa ia ke dokter agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. 

 

Source: https://www.halodoc.com/

Artikel Lainnya

Cara Mencegah Sibling Rivalry Bagaimana sih cara mencegah sibling rivalry? Cara terbaik adalah dengan mempersiapkan si kakak untuk kehadiran adiknya yang akan segera lahir. Ya, tentu tak mudah...

1. Memasak Bersama Memasak bersama anak adalah salah satu cara merayakan hari anak yang bisa Anda lakukan di rumah. Ajaklah anak Anda membuat adonan kue bersama dan tanyakan padanya resep kue apa y...

Saat anak memasuki usia 1 tahun, biasanya akan terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Untuk mendukung pertumbuhannya, anak membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Pemilihan menu MPASI...

Remaja mana yang tak gusar? Sejak kecil punya kulit mulus tanpa cacat, begitu usia memasuki belasan, tiba-tiba wajah dipenuhi jerawat beraneka bentuk. Pertanyaan “Kok, sekarang jerawatan?”...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................