Manfaat Xylitol Bagi Kesehatan Gigi & Mulut

Jumat, 29 Juli 2022 | 16:31 WIB Penulis :


alah satu cara merawat kesehatan gigi anak adalah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Mulut menjadi sumber awal masuknya bakteri dan kuman yang dapat mengganggu kesehatan tubuh anak.

Langkah awal menjaga kesehatan tubuh ialah dengan cara menjaga kesehatan rongga mulut, termasuk gigi dan gusi.

Mengonsumsi xylitol bisa menjadi alternatif merawat kesehatan gigi. Xylitol merupakan pemanis alami yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Senyawa ini dihasilkan oleh metabolisme glukosa normal tubuh manusia.

Kandungan xylitol dalam tubuh berkisar antara 0,03-0,06 mg per 100 ml. Untuk kebutuhan komersial, xylitol diekstraksi dari serat batang pohon White Birch yang banyak tumbuh di Finlandia.

Xylitol mempunyai rasa semanis gula tebu tetapi kandungan kalorinya lebih rendah 40 persen dan karbohidratnya 75 persen lebih rendah sehingga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes.

Penyerapan xylitol oleh tubuh dilakukan secara perlahan sehingga baik juga untuk dikonsumsi yang menjalankan program diet.

Xylitol merupakan pemanis " ramah gigi" yang dapat menggantikan gula tebu sehingga cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa. Secara khusus, manfaat terbesar xylitol dapat dinikmati oleh orang yang rentan karies gigi.

Penelitian yang dilakukan di Finlandia oleh Universitas Turku pada 1993 menyimpulkan, mengonsumsi xylitol secara rutin pada anak-anak dapat mencegah gigi berlubang. Selain itu, xylitol juga mampu menstimulasi produksi air liur sehingga menghambat perkembangan bakteri.

Guru Besar Kedokteran gigi Universitas Turku, Finlandia, Kauko K Makinen, mengatakan bahwa rutin menggunakan xylitol setelah makan  dapat mengurangi risiko karies gigi. Karena itu, anak-anak perlu dibiasakan menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.

 

Source : https://www.dream.co.id/lifestyle

Artikel Lainnya

Melihat anak aktif senang yaa Bunda, tak jarang ia berkeliling ke seluruh ruangan untuk memenuhi rasa ingin tahunya terhadap barang-barang yang ia lihat. Begitu juga saat ia bermain di halaman atau ta...

Sulit rasanya fokus menjaga anak saat tulisan SALE yang sangat besar terpampang dengan jelas di depan Bunda. Asyik mencoba-coba sepatu dan tiba-tiba si kecil sudah menarik pajangan di toko. Sibuk meli...

Setiap melihat sesuatu anak selalu bertanya, walaupun Bunda sudah menjawab si kecil tetap bertanya hal yang sama ? Situasi tersebut terkadang bisa membuat Ayah dan Bunda capek karna merasa anak jadi l...

Perilaku konsumtif berlangsung selama seseorang tidak dapat menahan keinginannya untuk memiliki barang atau memakai jasa (yang sebenarnya tidak dibutuhkan). Idealnya, anak perlu diajarkan sejak dini b...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................