Manfaat Kandungan Juniper Berry Pada PureKids Inhalant Decongestant Oil

Rabu, 31 Agustus 2022 | 15:47 WIB Penulis :


Manfaat Juniper Berry Essential Oil

Juniper berry essential oil (disebut juga Juniperi aetheroleum) paling sering digunakan sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan dan infeksi saluran pernapasan, kelelahan, nyeri otot, serta arthritis.

Minyak ini juga membantu menenangkan peradangan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meringankan insomnia dan membantu pencernaan.

Penelitian menunjukkan juniper berry essential oil mengandung lebih dari 87 senyawa aktif yang meliputi antioksidan kuat, antibakteri dan antijamur.

Dengan aroma manis dan ‘woody’, minyak ini merupakan tambahan populer untuk produk pembersih rumah tangga, campuran aromaterapi dan wewangian.

Manfaat juniper berry essential oil meliputi:

  • Detoksifikasi
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan frekuensi buang air kecil
  • Menyembuhkan kondisi kulit
  • Memiliki sifat antiseptik

Penelitian tentang Juniper Berry Essential Oil

Juniper berry dianggap sebagai salah satu herbal yang memiliki kandungan tinggi antioksidan dan fitokimia antibakteri yang melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Biologi dan Farmasi Botani di Medical University of Poland, juniper berry oil memiliki spektrum luas senyawa farmakologis yang bertindak sebagai antibakteri dan antijamur alami.

Studi tahun 2003 menyelidiki aktivitas antibakteri dan antijamur dari tiga juniper berry oil yang berbeda untuk menentukan komponen utamanya.

Peneliti menguji efek juniper berry pada pasien dari Rumah Sakit Gda?sk, yang diantaranya mengalami resistensi terhadap antibiotik yang umum digunakan.

Hasil penelitian menunjukkan juniper oil memiliki aktivitas antimikroba. Kemampuan ini kemungkinan merupakan kombinasi spesifik dari senyawa yang disebut (-)-alpha-pinene, p-cymene dan beta-pinene.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 oleh Departemen Mikrobiologi di University of Zagreb di Kroasia mengkonfirmasi temuan ini.

Analisa menunjukkan juniper essential oil mengandung senyawa utama berikut: alpha-pinene (29,17 persen) dan beta-pinene (17,84 persen), sabinene (13,55 persen), limonene (5,52 persen) dan mircene (0,33 persen).

Peneliti menemukan juniper berry essential oil menunjukkan sifat antimikroba terhadap 16 spesies bakteri, 9 spesies jamur, dan 4 strain dermatofit.

Ekstrak dan esssential oil tumbuhan ini telah dipelajari secara luas dan digunakan sebagai agen antimikroba untuk membantu melawan infeksi tanpa antibiotik.

 

Source : https://www.bladjar.com/

Artikel Lainnya

Moms tentunya ingin tumbuh kembang Si Kecil yang optimal agar ia bisa menjadi versi terbaik dari dirinya. Karena itu untuk menjadikan Si Kecil versi yang terbaik maka Moms juga harus memberi...

Ikan teri merupakan salah satu jenis dari keluarga ikan anchovy. Ukurannya tergolong mini, hanya berkisar antara 2-4 cm, tapi ikan teri memiliki karakteristik cita rasa yang unik. Yang paling terkenal...

Diare menjadi salah satu gangguan kesehatan yang memang sering kali dialami oleh bayi di segala usia. Selain memperbanyak asupan cairan, Moms juga perlu memperhatikan apa saja yang dimakan oleh Si ...

Kadangkala orang tua tidak mampu menahan emosi menghadapi kenakalan sikecil. Emosi sesaat seringkali menjadi alasan untuk menghukum anak. Apa yang didapat? yang didapat justru penyesalan. &nbs...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................