Weekend Activity Di Rumah Dengan Sikecil

Senin, 02 Maret 2020 | 10:09 WIB Penulis :


Rumah-rumahan dari Rol Tisu

Salah satu barang bekas yang sering dimanfaatkan untuk membuat mainan anak adalah rol tisu toilet. Jadi, mulai sekarang Anda perlu mempertimbangkan untuk tidak begitu saja membuang rol tisu tersebut.

Membuat ruman-rumahan dari rol tisu pun tidak sulit. Selain rol tisu, Anda hanya perlu menyiapkan kertas warna, cat, gunting, dan lem saja.

Kupu-Kupu dari Rol Tisu

Selain dikreasikan menjadi rumah-rumahan, Anda juga bisa menyulap rol tisu menjadi mainan berbentuk kupu-kupu ini.

Sama halnya dengan rumah-rumahan, Anda tidak perlu menyiapkan banyak alat dan bahan untuk membuatnya. Kupu-kupu cantik tersebut dibuat menggunakan rol tisu toilet, kertas warna atau kertas kado, karton, mata boneka, dan pita.

 

Lapisi permukaan rol tisu dengan kertas warna terlebih dulu. Kemudian, bentuk karton dan kertas warna seperti sayap kupu-kupu.

Tempelkan kertas warna tersebut pada karton lalu pasang pada bagian belakang rol tisu. Setelah itu, tempelkan mata boneka dan pita bagian atas rol.

Kura-Kura dari Piring Kertas

Setelah merayakan ulang tahun si kecil, terkadang ada banyak piring kertas tersisa. Anda bisa memanfaatkan barang tak terpakai tersebut untuk membuat mainan yang murah namun tetap menyenangkan.

Anda bisa menyulap piring kertas menjadi kura-kura seperti pada gambar. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan cat warna hijau untuk mewarnai piring kertas tersebut. Kemudian sedikan juga kertas warna hijau untuk membuat kakinya.

Anda bisa menambahkan detail tempurung kura-kura tersebut menggunakan spidol atau cat warna lain. Jangan lupa untuk menambah detail seperti mata serta kulit pada bagian kepala dan kakinya.

Mainan Bentuk Hewan dari Botol Plastik

Mainan dari botol bekas ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda bisa membuatnya menggunakan botol bekas pewangi pakaian.

Meskipun terlihat sulit, proses pembuatan mainan bentuk hewan ini sebenarnya cukup mudah. Anda bahkan tidak perlu memotong botol bekas tersebut terlebih dahulu.

 

Anda hanya perlu menambahkan kaki dengan mur dan baut, mata boneka, serta ekor dari tali. Supaya lebih menarik, Anda bisa menambahkan rambut atau telinga menggunakan kertas karton warna-warni.

Roket Mainan dari Botol Plastik

Anda juga bisa membuat roket dari botol plastik dan kertas karton. Supaya lebih mudah, gunakan botol bekas air mineral dengan tutup yang menyerupai roket.

Kemudian, cat seluruh permukaan botol tersebut dengan warna putih. Anda bisa membuat sayapnya dari karton yang dilapisi kertas warna perak. Siapkan juga empat tutup botol bekas yang berbentuk bulat. Tempelkan pada bagian bawah botol untuk melengkapi roket mainan tersebut.

Pesawat Terbang dari Botol Bekas

Kreasi mainan dari barang bekas ini tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk membuat mainan berbentuk pesawat terbang ini.

Mainan ini dibuat dengan menggunakan botol bekas minuman bersoda, kardus, dan kaleng. Sedangkan alat yang dibutuhkan hanya lem dan gunting saja. Proses pembuatannya pun tidak sulit. Anda bisa mengajak si kecil untuk ikut membuatnya.


 
Daripada membiarkan badan pesawat dari botol tersebut terlihat monoton, Anda juga bisa mengecatnya dengan warna kesukaan si kecil. Tambahkan juga hiasan lain agar semakin menarik.

Pin Boling dari Botol Plastik

Bermain boling tidak harus di arena khusus. Anda juga bisa memainkannya bersama anak-anak di luar rumah. Daripada membeli satu set pin boling dengan harga mahal, Anda bisa mencoba ide kreatif yang satu ini.

Siapkan sepuluh botol plastik bekas minuman bersoda. Kemudian gunakan cat semport untuk mewarnai botol-botol tersebut. Setelah itu, Anda bisa menggambar karakter wajah pada botol tersebut sesuai kreativitas dan selera.

Setelah selesai, jangan lupa sediakan bola kasti atau bola plastik sebagai ganti bola bolingnya. Meskipun tidak sama persis, anak-anak tetap bisa memainkannya dengan seru.

 

 

Demikianlah beberapa inspirasi Weekend Activity yang mom dapat buat dirumah dengan sikecil. 

 

Source: dahobi.com

Artikel Lainnya

Setiap anak pasti punya banyak khayalan dan mimpi mengenai apa yang menjadi cita-cita mereka. Sudah menjadi tugas orangtua untuk membantu si kecil mengetahui cita-citanya. Apa yang menjadi cita-cita m...

Obesitas disebut juga kegemukan atau kelebihan berat badan. Ketika buah hati terlihat gemuk (obes), kerap orangtua menjadi senang dan bahagia karena merasa bahwa buah hati tidak mengalami kesulitan ma...

Mari kita mulai aktivitas seru di dalam rumah yang membuat si Kecil turut belajar melalui sebuah eksperimen Sains yang aman untuk si Kecil. Salah satu aktivitas yang direkomendasikan adalah mencipt...

Tahukah Anda, setiap 40 detik ada 1 orang melakukan bunuh diri di Indonesia? Bahkan di beberapa negara maju, jumlah ini lebih banyak lagi. Salah satu pemicu seseorang melakukan bunuh diri adalah gangg...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................