Cara Mencabut Gigi Susu Anak Dengan Tepat

Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:10 WIB Penulis :


Cara berikut merupakan cara mencabut gigi susu supaya tidak sakit:

  1. Kompres gusi di sekitar gigi yang goyang dengan es batu. Ini membantu mengurangi rasa sakit karena gusi dibuat mati rasa sementara.
  2. Pandu anak untuk mencabut giginya sendiri, jika anak sudah lebih berani. Mintalah ia menggoyangkan gigi susu dengan lidahnya. Jelaskan, jika masih terasa sakit, maka biarkan terlebih dahulu sampai benar-benar tidak sakit. Saat sudah tepat waktunya tanggal, gigi susu akan terlepas sendiri. Tenangkan anak jika ia melihat darah setelah giginya berhasil lepas dan yakinkan darah akan segera berhenti.
  3. Jika anak tidak berani, orang tua bisa membantu untuk mencabut gigi susu anak. Cuci tangan hingga benar-benar bersih, termasuk bagian kuku. Lapisi telunjuk dan jempol dengan kasa steril agar mudah memegang gigi yang akan dicabut.
  4. Pegang gigi yang goyang. Cabut dengan cepat, atau, putar dan angkat dengan cepat. Jika dalam sekali dua kali putar gigi tidak lepas atau anak merasakan sakit, artinya gigi belum siap dicabut.
  5. Akan ada darah, tetapi tidak banyak dan cepat berhenti.
  6. Kompres gusi yang kapas bola yang sudah dicelup air dan dibekukan, atau kapas biasa ditekan pada bagian bekas tercabut dan minta anak minum air dingin.
  7. Anak boleh langsung sikat gigi, tetapi hati-hati saat mennyentuh bagian yang baru saja dicabut.
  8. Minta anak untuk jangan menyentuh gigi dengan tangannya, apalagi jika tidak dalam keadaan bersih.
  9. Bila terjadi peradangan atau anak mengeluh sakit, segera bawa ke dokter gigi anak.

Karena gigi terhubung dengan syaraf, maka memang sebaiknya mencabut gigi susu anak dilakukan hati-hati dan sesuai dengan waktu yang pas saat sudah goyang sempurna. Sedangkan untuk gigi dewasa sebaiknya meminta bantuan dokter gigi.

Editor: Dwi Ratih

 

Source : www.ibupedia.com

Artikel Lainnya

Berikut 10 cara merawat rambut anak mulai dari bayi hingga usia batita: Hindari mencuci rambutnya setiap hari ya Bu apalagi pada bayi yang baru lahir. Hanya gunakan shampo dua kali saja dalam se...

Moms, anak yang cerdas, sehat, dan bahagia tentu menjadi impian para orang tua. Namun tidak dapat dipungkiri, kita tidak bisa selalu menjaga Si Kecil dari hal-hal yang membuatnya kurang bahagia. Misal...

Tidak mudah untuk mengakhiri rengekannya ketika Moms akan pergi. Belum lagi ketika di perjalanan atau sedang bekerja, Moms akan selalu memikirkan ia sedang mencari-cari Moms. Ketika anak sudah besa...

Melihat buah hati tumbuh sehat, aktif dan bahagia tentu menjadi dambaan setiap orangtua. Karena kebahagiaan anak di masa kecil, sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnya hingga beranjak dewasa. ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................