Cara Mencabut Gigi Susu Anak Dengan Tepat

Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:10 WIB Penulis :


Cara berikut merupakan cara mencabut gigi susu supaya tidak sakit:

  1. Kompres gusi di sekitar gigi yang goyang dengan es batu. Ini membantu mengurangi rasa sakit karena gusi dibuat mati rasa sementara.
  2. Pandu anak untuk mencabut giginya sendiri, jika anak sudah lebih berani. Mintalah ia menggoyangkan gigi susu dengan lidahnya. Jelaskan, jika masih terasa sakit, maka biarkan terlebih dahulu sampai benar-benar tidak sakit. Saat sudah tepat waktunya tanggal, gigi susu akan terlepas sendiri. Tenangkan anak jika ia melihat darah setelah giginya berhasil lepas dan yakinkan darah akan segera berhenti.
  3. Jika anak tidak berani, orang tua bisa membantu untuk mencabut gigi susu anak. Cuci tangan hingga benar-benar bersih, termasuk bagian kuku. Lapisi telunjuk dan jempol dengan kasa steril agar mudah memegang gigi yang akan dicabut.
  4. Pegang gigi yang goyang. Cabut dengan cepat, atau, putar dan angkat dengan cepat. Jika dalam sekali dua kali putar gigi tidak lepas atau anak merasakan sakit, artinya gigi belum siap dicabut.
  5. Akan ada darah, tetapi tidak banyak dan cepat berhenti.
  6. Kompres gusi yang kapas bola yang sudah dicelup air dan dibekukan, atau kapas biasa ditekan pada bagian bekas tercabut dan minta anak minum air dingin.
  7. Anak boleh langsung sikat gigi, tetapi hati-hati saat mennyentuh bagian yang baru saja dicabut.
  8. Minta anak untuk jangan menyentuh gigi dengan tangannya, apalagi jika tidak dalam keadaan bersih.
  9. Bila terjadi peradangan atau anak mengeluh sakit, segera bawa ke dokter gigi anak.

Karena gigi terhubung dengan syaraf, maka memang sebaiknya mencabut gigi susu anak dilakukan hati-hati dan sesuai dengan waktu yang pas saat sudah goyang sempurna. Sedangkan untuk gigi dewasa sebaiknya meminta bantuan dokter gigi.

Editor: Dwi Ratih

 

Source : www.ibupedia.com

Artikel Lainnya

Sejak kecil, anak sudah harus diajari untuk bersosialisasi. Kemampuan ini penting untuk dikuasai oleh anak supaya ia bisa mengenali dan mengelola emosi, memiliki rasa empati, dan mampu bergaul de...

Dengan alasan menghemat waktu dan tenaga, karena waktu sahur yang pendek, untuk makan sahur  biasanya kita menghangatkan kembali makanan matang yang sebelumnya kita simpan di kulkas.  Namun ...

Infeksi saluran kemih (ISK) tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga pada usia anak-anak. Untuk anak, terkadang gejala dari infeksi sulit dikenali. Oleh karena itu, penting bagi orang tua un...

Supaya noda hitam bekas gigitan nyamuk bisa cepat hilang dan kulit Si Kecil kembali terlihat bersih, coba ikuti beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang alami di bawah ini yuk, ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................