Dampak Sering Menakut-Nakuti Anak

Rabu, 14 Desember 2022 | 15:07 WIB Penulis :


Mama, mulai sekarang jangan kebiasaan untuk menakuti anak, ya! Karena hal ini punya dampak besar terhadap psikologis anak kelak, lo! Yuk, kenali dampak menakuti si kecil di bawah ini.

Adek siang-siang jangan main di luar, nanti kamu dibawa pak polisi, lo!” Akrab dengan kalimat seperti ini? Mama Papa, sangat disayangkan metode menakuti anak masih kerap dilakukan para orangtua. Meski terlihat efektif, namun metode parenting seperti ini kurang bijak, lo!

Menakuti anak punya dampak besar terhadap psikologis mereka, bahkan berpengaruh hingga dewasa. Berikut ini beberapa masalah psikologis yang bisa saja terjadi pada anak yang sering ditakut-takuti:

Kepercayaan diri rendah

Anak yang biasa ditakut-takuti akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki kepercayaan diri rendah. Saat anak ditakut-takuti, mereka akan berpikir tindakannya salah, dan merasa insecure untuk membangun hubungan dengan orang lain. Jika terlalu sering ditakuti, lambat laun kepercayaan diri anak akan tergerus, sehingga tumbuh jadi pribadi yang minder.

Anak jadi penakut

Menakuti anak akan membuat si kecil tumbuh bersama ketakutan-ketakutannya, Ma. Ini menghambat kreativitas anak untuk mencoba hal baru, lo! Dalam jangka panjang, anak akan tumbuh jadi pribadi yang penakut dan mudah cemas.

Sekali dua kali memang si kecil tidak menunjukan perubahan, namun jika terus menerus rasa takut dan cemas akan menghantui si kecilTentu Mama Papa enggak mau kan, kalau si kecil melewatkan banyak kesempatan emas hanya karena takut?

Kepercayaan anak luntur

Kebiasaan menakuti anak sama dengan terbiasa membohongi mereka. Hal ini akan mengakibatkan si kecil kehilangan kepercayaan pada orangtuaApalagi kalau Mama Papa terbiasa menggunakan hal-hal yang aneh untuk menakut-nakuti mereka.

Memang saat kecil mereka akan mudah percaya, namun ketika tumbuh dewasa kebenarannya sangat mudah diketahuiSi kecil akan menganggap orangtua berbohong, dan kehilangan kepercayaan tersebut.

Punya fobia

Umumnya, menakuti anak dilakukan orangtua saat si kecil masih berusia 2-3 tahun. Pada usia ini mereka belum memiliki kontrol sepenuhnya terhadap rasa takut yang dirasakan. Alhasil, ketakutan yang telah dipupuk sejak kecil akan menumbuhkan phobia pada si kecil. Jadi, hati-hati dengan kalimat yang dikeluarkan saat anak masih berusia 2-3 tahun, ya.

Ketergantungan pada orang lain

Kebiasaan menakuti tidak hanya melahirkan pribadi yang penakut, namun juga anak yang tumbuh dengan ketergantungan pada orang lain. Kebiasaan ditakut-takuti akan membuat anak merasa tidak mau mencoba, dan memilih untuk bergantung pada orang lain.

Jika tidak dihentikan, sifat ini akan terbawa hingga anak dewasa. Mereka memiliki kecenderungan tumbuh menjadi pribadi yang sulit mandiri, susah ditinggal, dan suka bergantung.

Sering mimpi buruk

Kontrol emosi pada anak dan orang dewasa sangat berbeda. Anak sulit menenangkan diri, sehingga apa yang dipikirkan bisa terbawa saat akan tidur. Bahkan bisa menghadirkan mimpi buruk, lo!

Kebiasaan menakuti anak akan membuat mereka cemas dan khawatir berlebihan, utamanya saat sendirian. Jika terus menerus dlakukan, anak akan sulit untuk tidur karena ketakutan.

Sulit membedakan kenyataan dan rekayasa

Mama Papa, menakuti anak dengan embel-embel dokter, suntikan, polisi, atau semacamnya akan membuat mereka kesulitan membedakan nyata dan ceritaMisalnya, jika di kehidupan nyata mereka bertemu dengan dokter tidak seperti dalam cerita Mama Papa, si kecil bisa saja akan merasa kebingungan.

Itulah 7 dampak menakuti anak terhadap psikologis si kecil. Alih-alih menakuti, coba untuk membicarakan faktanya yang rasional.

Misalnya, jika anak tidak mau tidur siang dan justru bermain ke luar rumah. Katakan pada mereka, “Kalau kamu tidak tidur siang, nanti malam akan cepat lelah”. Kalimat sederhana seperti ini akan lebih mudah diterima si kecil dan tetap rasional.

Jadi biasakan membuat alasan yang jujur, ya.

 

Source : https://berkeluarga.id/

Artikel Lainnya

Sesuaikan isi buku dengan usia anak Anak akan lebih mudah memahami bacaan apabila tema dan tokohnya dekat dengan mereka. Sebagai contoh, untuk anak kelas 1-2 SD, buku dengan tema kehidupan sehari-h...

Bagi sebagian orang, terutama anak-anak, jamu bukanlah minuman favorit karena rasa rempah-rempah yang begitu kuat dan pahit. Biasanya jamu diminum sebagai obat tradisional ketika gejala-gejala peny...

Dalam keluarga Bunda mada yang memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes tipe 2 ? Perhatikan kesthatan si kecil yuk Bunda Studi yang dilakukan oleh Nina Berentzen dari National Institute for ...

  Moms, aktivitas-aktivitas ini juga membuat hubungan Anda dan anak semakin dekat. 1. Lomba Menghias Kue Menghias kue bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan. Moms bisa membu...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................