14 Makanan yang Berkhasiat Menambah Tinggi Badan Anak

Jumat, 03 Maret 2023 | 08:58 WIB Penulis :


Makanan peninggi badan anak bukanlah mitos belaka. Sebab, berbagai penelitian telah membuktikan kebenarannya. Para ahli juga percaya, berbagai makanan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak sehingga perkembangan tubuhnya akan maksimal.

Namun, Anda juga perlu memahami bahwa faktor genetik juga memainkan peranan penting dalam menentukan tinggi badan seseorang.

Meski begitu, tak ada salahnya bagi Ayah dan Ibu untuk memberikan berbagai makanan peninggi badan anak ini. Selain lezat, berbagai makanan ini dapat mengoptimalkan pertumbuhan Si Kecil sekaligus menjaga kesehatan mereka.

Makanan peninggi badan untuk anak

Saat anak sudah mencapai tinggi maksimalnya, tak ada lagi cara yang dapat dilakukan untuk meninggikan badannya. Namun saat anak masih dalam masa pertumbuhan, ada berbagai makanan yang bisa menunjang pertumbuhannya.

Sementara, anak yang sudah tidak dalam masa pertumbuhan dapat mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk memperkuat tulang dan sendi agar tetap kokoh sehingga tinggi badan anak akan terjaga hingga dewasa.

Berikut ini adalah makanan peninggi badan anak yang patut dicoba.

1. Telur

Telur adalah makanan peninggi badan anak yang tidak boleh diremehkan. Dalam sebuah riset, dibuktikan bahwa anak-anak yang lebih rutin mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur mengalami peningkatan tinggi badan, dibandingkan dengan anak-anak lain yang asupan proteinnya sedikit.  

2. Daging ayam

Daging ayam kaya akan vitamin B12, yakni nutrisi yang dibutuhkan anak-anak untuk bisa tumbuh tinggi. Ditambah lagi, daging ayam mengandung asam amino taurine yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Apalagi, daging ayam juga mengandung banyak protein. Dalam seporsi (sekitar 85 gram) daging ayam, mengandung 20 gram protein. Maka dari itu, ajaklah anak Anda untuk mengonsumsi makanan peninggi badan ini.

3. Kacang almond

Selain rasanya lezat, kandungan nutrisinya kacang almond juga menyehatkan. Namun siapa sangka, kacang ini juga tergolong dalam makanan peninggi badan anak.

Kacang almond mengandung vitamin E yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Dalam sebuah penelitian, dibuktikan bahwa kekurangan vitamin E dapat menghambat pertumbuhan anak. Itu artinya, tinggi anak bisa tidak maksimal. Ditambah lagi, kacang almond dapat menjaga kesehatan tulang.

4. Sayuran berdaun hijau

Jika ada kompetisi sayuran dengan vitamin K terbanyak, mungkin sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale hingga kubis, akan menjadi juaranya.

Vitamin K adalah nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak. Sebab, vitamin ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mendukung pertumbuhan tinggi anak.

5. Yogurt

Yogurt adalah minuman sehat yang cukup populer di kalangan anak-anak. Namun jarang yang tahu kalau yogurt dapat membantu pertumbuhan anak, termasuk meningkatkan tinggi badannya.

Selain mampu menjaga sistem imun tubuh dan mencegah peradangan, beberapa penelitian membuktikan bahwa probiotik yang dikandung yogurt dapat meningkatkan pertumbuhan anak.

6. Ubi jalar

Sebuah penelitian membuktikan, ubi jalar mengandung vitamin A yang dapat membantu anak berkembang dengan maksimal, termasuk meningkatkan tinggi badannya.

Perlu dipahami juga, ubi jalar juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan anak, contohnya serat yang bisa menyehatkan sistem pencernaan Si Kecil.

7. Kacang kedelai

Sering dikonsumsi dalam bentuk susu, ternyata kacang kedelai juga menyandang predikat makanan peninggi badan anak. Sebab, kacang kedelai mengandung protein tinggi dan dapat mendukung pertumbuhan badan anak.

Namun sayangnya, para ahli belum menemukan hubungan atau korelasi antara kacang kedelai dan meningkatnya tinggi badan anak. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan keampuhan kacang kedelai sebagai makanan peninggi badan.

8. Buah-buahan

Banyak sekali jenis buah yang memiliki rasa manis sehingga mudah diterima oleh lidah anak. Jadikan ini sebagai kesempatan untuk membiasakan Si Kecil mengonsumsi buah-buahan. Sebab, buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang anak.

Setidaknya sisipkan satu atau dua buah ke dalam kotak bekal anak dalam sehari. Usahakan untuk memberikan jenis buah yang beragam agar Si Kecil tidak bosan.

9. Quinoa

Quinoa termasuk dalam golongan protein lengkap. Itu artinya, makanan ini memiliki sembilan jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi, quinoa memiliki kandungan magnesium yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

10. Ikan salmon

Salmon adalah jenis ikan yang dilengkapi dengan asam lemak omega-3 tinggi. Nutrisi ini sangat baik untuk jantung dan bisa mendukung tumbuh kembang anak.

Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa asam lemak omega-3 juga berperan dalam kesehatan tulang dan membantu meninggikan badan anak.

Ditambah lagi, penelitian lain membuktikan, anak-anak yang kekurangan asam lemak omega-3 akan mengalami gangguan tidur. Hasilnya, pertumbuhan badannya pun akan terganggu.

11. Susu

Susu adalah minuman yang akrab dengan kehidupan anak-anak. Minuman ini memiliki banyak nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan tubuh Si Kecil. Selain itu, susu juga tinggi akan protein. Dalam satu cangkir (244 mililiter) susu, terdapat 8 gram protein di dalamnya.

Namun ingat, hindari memberikan memberikan si Kecil susu peniggi badan jika ia memiliki alergi terhadap minuman ini. Segera berkonsultasi pada dokter untuk berkonsultasi mengenai cara mengatasinya.

12. Kacang-kacangan

Untuk bisa bertambah tinggi, anak perlu makan cukup protein. Kekurangan protein juga dipercaya bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan.

Protein merupakan nutrisi yang berhubungan langsung dengan peningkatan kadar IGF-1, yaitu hormon penting yang mengatur pertumbuhan pada anak.

Di samping sumber protein dan vitamin pembangun tulang (vitamin K), kacang-kacangan, termasuk polong-polongan merupakan salah satu sumber nutrisi penting lainnya seperti magnesium, kalium, seng, vitamin B, zat besi, tembaga, dan fosfor.

13. Wortel

Makanan peninggi badan selanjutnya adalah wortel. Sayuran ini sudah terkenal sebagai sumber beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Selain menyehatkan untuk mata, Vitamin A rupanya juga turut berperan penting dalam penyerapan kalsium yang dapat menyehatkan dan memperkuat tulang. Dengan tulang yang sehat dan kuat, maka pertumbuhan tinggi badan juga akan berlangsung lebih optimal.

Sebuah studi menunjukkan bahwa preformed vitamin A yang bersumber dari hewani, makanan yang difortifikasi dan suplemen dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang panggul. Namun sebaliknya, karotenoid dari tanaman telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan tulang.

14. Buah berry

Buah berry kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan sel dan mendukung perbaikan jaringan. Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang merupakan protein paling banyak di dalam tubuh.

Kolagen juga bermanfaat meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang, sehingga kamu dapat tumbuh lebih tinggi dan mempertahankan tinggi badan.

Beberapa jenis buah berry yang dapat dikonsumsi sebagai makanan peninggi badan termasuk buah blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry.

 

Source : https://www.sehatq.com/

Artikel Lainnya

Sejak anak mulai berjalan, kaki merupakan bagian tubuh yang berperan besar dalam  mendukung proses perkembangan balita untuk latihan berjalan. Saat ini, kaki juga menanggung beban terberat. Saat ...

Tabrakan yang terjadi saat mobil melaju pada kecepatan 50 km/jam akan menyebabkan penumpang terlempar dengan kekuatan hingga 60 kali berat tubuhnya. Nah, car seat (dan juga sabuk pengaman) berfungsi m...

Seorang ibu sudah banyak diakui sebagai sosok yang tangguh dan kuat. Bukti pertama adalah perjuangan antara hidup dan mati ketika melahirkan buah hati. Meski lebih menonjolkan sisi perasaan dan mudah ...

Diabetes saat hamil dikenal juga dengan sebutan diabetes gestasional. Dikutip dari Web MD, diabetes gestasional berarti Mama memiliki kadar gula darah tinggi selama kehamilan padahal sebelumnya n...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................