Pentingnya Menghabiskan Waktu Bersama Anak

Jumat, 01 September 2023 | 16:37 WIB Penulis :


Manfaat Quality Time dengan Anak

 

1. Mengembangkan Perilaku Positif pada Anak

Keluarga yang hangat dan harmonis akan berpengaruh pada kepribadian anak di masa yang akan datang. Salah satu cara agar suasana keluarga tetap hangat adalah dengan meluangkan waktu bersama atau quality time.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Nasional untuk Ketergantungan dan Penyalahgunaan Zat dari Arizona State University menyatakan bahwa anak-anak dan remaja yang jarang menghabiskan waktu makan malam bersama keluarga, berpotensi dua kali lebih besar menggunakan ganja, minum alkohol, serta kemungkinan muncul perilaku agresif lainnya.

Sementara itu anak yang lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, umumnya memiliki sifat yang lebih positif serta kooperatif terhadap lingkungan di sekitarnya.

2. Membangun Self Esteem pada Anak

Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu bersama orang tuanya akan lebih bisa membangun rasa harga diri yang positif atau yang disebut juga dengan self esteem.

Adanya quality time membuat anak-anak merasa lebih dihargai oleh orang tua mereka. Si kecil pun bakal merasa lebih positif mengenai diri mereka sendiri.

Menghabiskan waktu bersama keluarga ini enggak perlu juga dengan jalan-jalan yang mahal di mal kok. Cukup dengan bersepeda atau bermain game bersama anak, yang penting menjadi bermakna bagi setiap anggota keluarga.

3. Semakin Memperkuat Ikatan Keluarga

Keluarga yang rutin berbagi aktivitas bersama akan semakin membentuk ikatan emosional yang kuat. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa anak yang menikmati banyak waktu bersama keluarganya akan semakin memperkuat ikatan emosionalnya terhadap orang tua serta saudara-saudaranya.

Jadi mulai sekarang lebih banyak luangkan waktu bersama anak-anakmu ya, Ma!

4. Dapat Memperbaiki Komunikasi

Ketika menghabiskan waktu bersama anak-anak, kita juga artinya sedang semakin membuka peluang baginya untuk mengembangkan kemampuan komunikasinya. Ketika quality time, setiap anggota keluarga bebas untuk mengungkapkan apa yang sedang mereka rasakan.

Atau cukup bertanya pada anak bagaimana kegiatannya dan perasaannya pada hari ini. Dengan hal tersebut, anak menjadi bisa lebih terbuka dan merasa semakin nyaman untuk bercerita kepada orang tuanya.

5. Membantu Prestasi Akademik Anak Menjadi Lebih Baik

Anak yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga akan memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan yang jarang melakukan quality time. Dengan quality time ini, anak biasanya bisa akan mendapatkan semangat yang lebih ketika belajar.

Saat ke sekolah mereka juga menjadi lebih nyaman karena telah mendapatkan dukungan dari keluarga maupun saudara-saudaranya.

Nah itu dia beberapa manfaat quality time dengan anak. Yang terpenting adalah kamu menikmati waktu kebersamaan dengan anak-anak ini ya, Ma!

 

Source : https://kumparan.com/

Artikel Lainnya

Meski kasus infeksi virus Corona pada anak relatif jarang terjadi, orang tua tetap harus mewaspadainya. Penting bagi orang tua untuk mengenali langkah pencegahan dan apa saja gejala yang bisa menandak...

Amelia Hirawan seorang psikolog anak dalam satu kesempatan menegaskan, ada dua faktor yang memengaruhi perilaku anak, yaitu faktor internal (pembawaan) dan eksternal (lingkungan, orang tua dan keluarg...

Terkadang puasa bisa jadi membosankan bagi anak-anak karena mereka tidak bisa beraktivitas seperti hari-hari biasanya. Namun yang namanya anak-anak pasti akan senang bermain. Untuk mengobati rasa bosa...

Pada usia 3-4 tahun si kecil makin lancar bicara. Sekarang dia sudah pandai menyusun satu kalimat yang terdiri lebih dari 3 kata. Ayo, ajarkan si kecil bicara aturan-aturan berbicara berikut ini: ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................