Tips mengajari anak membuat pilihan makanan yang sehat

Selasa, 01 Maret 2022 | 14:18 WIB Penulis : Amira Salsabila


Bunda, terlalu banyak karbohidrat, gula, dan pati dapat menyebabkan kerusakan gigi pada Si Kecil. Lamanya karbohidrat berada di gigi adalah penyebab utama di balik kerusakan gigi.

Hal terbaik yang dapat Bunda lakukan sebagai orang tua adalah mengajari Si Kecil untuk membuat pilihan makanan yang sehat. Dirangkum dari laman Web MD, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Bunda ikuti untuk mengajari Si Kecil membuat pilihan makanan sehat, simak berikut ini, ya Bunda.

1. Tawarkan Si Kecil buah dan sayuran sebagai camilan. Buah-buahan dan sayuran dengan volume air yang tinggi adalah pilihan yang terbaik, lho Bunda. Batasi mengonsumsi pisang dan kismis karena buah ini mengandung gula pekat.

2. Cobalah untuk memilih keju ke dalam daftar makanan sehat Si Kecil, ya Bunda. Sajikan keju dengan makan siang atau bisa juga sebagai camilan, terutama cheddar yang dapat membantu memicu aliran air liur. Air liur dapat membantu membersihkan partikel makanan dari gigi.

3. Hindari makanan lengket dan kenyal, misalnya seperti kismis, kue gandum atau selai kacang, karamel, madu, tetes tebu, dan sirup. Beberapa makanan dan minuman tersebut dapat menempel di gigi yang menyebabkan air liur sulit untuk membersihkan gula.

4. Hindari makanan manis yang dapat menempel di gigi. Lolipop, permen karet, obat batuk, dan permen semuanya berkontribusi terhadap kerusakan gigi karena makanan tersebut terus melapisi gigi dengan gula.

5. Jika Bunda menyajikan makanan lengket, kenyal, dan manis untuk Si Kecil, segera minta Si Kecil untuk menyikat giginya sampai bersih setelah makan, ya Bunda.

Source: haibunda.com

Artikel Lainnya

Moms tentunya ingin tumbuh kembang Si Kecil yang optimal agar ia bisa menjadi versi terbaik dari dirinya. Karena itu untuk menjadikan Si Kecil versi yang terbaik maka Moms juga harus memberi...

Anak dengan self-esteem atau harga diri yang baik akan merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan lebih percaya diri. Ia akan tumbuh menjadi pribadi yang mau mencoba hal-hal baru, mampu menghadapi kegag...

Siapa sangka perilaku anak nakal bisa dilihat dari karakter astrologinya. Beberapa karakter khas yang dimiliki zodiak tertentu bisa membuatnya cenderung menjadi anak nakal atau anak penurut. Menget...

Permainan ABC 5 Dasar Dalam rangka mengembangkan kemampuan bahasa anak mama tercinta, Mama bisa mengenalkan sebuah permainan ABC 5 Dasar yang tentu saja tidak asing lagi untuk Mama Milenial yang su...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................