Tips Memilih Mainan Untuk Anak

Jumat, 01 September 2023 | 17:02 WIB Penulis :


Selain menghibur, mainan juga bisa bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil

Mainan selalu bisa menjadi sumber kegembiraan bayi dan anak. Dalam memilih mainan untuk anak, Moms juga perlu memperhatikan beberapa hal.

Moms perlu memastikan bahwa mainan tak hanya menghibur atau edukatif, tapi juga aman. Sebab beberapa jenis mainan dapat membahayakan nyawa Si Kecil.

Dilansir dari National SAFE KIDS Campaign menemukan bahwa lebih dari 121.000 anak berusia di bawah 14 tahun dilarikan ke instalasi gawat darurat karena cedera yang disebabkan oleh mainan. 

Data tahun 1995 tersebut juga menyatakan bahwa 60% anak-anak yang cedera tadi berusia di bawah 4 tahun.

 

Kriteria Memilih Mainan untuk Anak

Untuk memastikan memilih mainan untuk anak aman diberikan, coba cek lima kriteria berikut:

1. Mainan yang Sesuai Usia Anak

Saat ingin membelikan mainan untuk anak, perhatikan pencantuman usia di kemasan mainan.

Biasanya ada keterangan tulisan apakah untuk untuk anak di atas 1 tahun, 3 tahun, atau 5 tahun, dan sebagainya.

 

Bagi bayi berusia di bawah satu tahun, mainan umumnya didesain mudah dipegang dan tidak memiliki bagian kecil yang berisiko membuatnya tersedak.

2. Perhatikan Ukuran mainan

Untuk bayi dan batita, ukuran mainan sebaiknya besar. Paling tidak, mainan harus memiliki diameter 3 cm dan panjangnya 6 cm agar tidak bisa ditelan atau menyumbat saluran pernapasan anak.

Misalnya, hindari membelikan anak di bawah tiga tahun mainan biliar yang memiliki bola-bola kecil karena berisiko dimasukkan ke telinga, hidung, atau mulut oleh anak.

 

3. Tempat Baterai Tertutup

Tips memilih mainan untuk anak berikutnya adalah dengan memastikan tempat baterai mainan Si Kecil dalam kondisi yang tertutup rapat rapat dan tidak mudah terbuka.

Untuk jenis mainan anak yang menggunakan baterai, pastikan tempat baterainya memiliki tutup yang harus dibuka dengan obeng.

Tujuannya agar anak tidak bisa membuka sendiri tempat baterai dan mengeluarkannya.

Baterai mainan tidak hanya bisa membuat bayi tersedak, tapi juga beracun jika bocor dan bahan kimianya bisa mengakibatkan luka bakar.

4. Mainan yang Kuat dan Lentur

Pastikan mainan bayi tidak mudah patah atau lepas dan cukup kuat.

Sebaiknya hindari mainan yang memiliki ujung tajam, kancing, atau mata yang mudah lepas jika ditarik, serta tali yang panjangnya lebih dari 18 cm yang bisa membuatnya terbelit.

5. Seimbang dan Keamanan

Kalau ingin membelikan anak mainan untuk ditunggangi seperti kuda-kudaan, pastikan mainan tersebut empuk dan memungkinkan anak untuk duduk tanpa harus dipegangi.

Periksa juga apakah mainan dilengkapi sabuk pengaman dan kokoh seimbang, sehingga si kecil tidak mudah jatuh terjerembap saat banyak bergerak.

Membelikan mainan yang aman untuk anak akan membuat kita sebagai orang tua merasa tenang saat membiarkan anak bereksplorasi dengan mainannya. 

 

Stereotipe Memilih Mainan untuk Anak-Anak

 

Memberikan mainan kepada anak sesuai dengan gendernya dapat menyebabkan stereotipe gender sejak kecil yang akan dibawah hingga anak dewasa.

Dilansir dari Naeyc.org, menurut Judith Elaine Blakemore, seorang Profesor Psikologi di Purdue University Fort Wayne, Indiana menjelaskan bahwa secara umum jenis mainan anak laki-laki sangat terkait dengan perkelahian atau agresi, seperti mainan tentara, senjata, dan lain-lain.

Sedangkan mainan anak perempuan memiliki keterkaitan dengan penampilan, seperti boneka, aksesori Barbie, kostum balerina, alat rias wajah, perhiasan, dan sebagainya.

"Kami kemudian membagi mainan menjadi enam kategori, yaitu: sangat feminin, cukup feminin, netral, cukup maskulin, dan sangat maskulin," jelas Blakemore.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa jika para orang tua ingin mengembangkan keterampilan fisik, kognitif, akademik, musik, dan artistik anak-anak, hal tersebut dapat dilakukan dengan pemilihan mainan yang tidak terlalu berfokus pada salah satu gender.

Sebab memberi anak mainan yang memiliki salah satu nilai gender yang kuat, dapat memengaruhi fokus anak ke depannya.

Untuk anak perempuan mereka akan tumbuh dan hanya berfokus pada daya tarik dan penampilan, sedangkan anak laki-laki menjadi sering melakukan kekerasan dan agresi.

 

Memilih Mainan Edukatif untuk Anak Sesuai Usia dan Manfaatnya

Bermain merupakan bagian penting dari perkembangan awal anak-anak. Jenis permainan sederhana seperti, menyusun atau menjatuhkan balok dapat menjadi dasar pendidikan anak.

Dilansir dari Educationalplaycare.com, penggunaan mainan edukatif dapat membantu anak-anak mempelajari banyak keterampilan berbeda yang mereka perlukan dalam hidup mereka, seperti:

  • Mempelajari cara memecahkan masalah dan adanya sebab akibat
  • Mempelajari cara berkompromi saat bermain dengan anak lain, berbagi, dan mengatasi masalah
  • Pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar
  • Membangkitkan kreativitas dan imajinasi
  • Membentuk kemandirian

Anak-anak dapat mulai memperoleh manfaat dari mainan edukatif sejak usia satu bulan.

 

 

Source : https://www.orami.co.id/

Artikel Lainnya

Dalam studi baru, lebih dari setengah anak yang terinfeksi berasal dari komunitas berpenghasilan rendah, di mana rumah sering kali mencakup beberapa generasi - termasuk kakek-nenek yang sangat rentan ...

Karakteristik Anak yang Hiperaktif Terkadang sangat sulit membedakan anak yang aktif dan hiperaktif, karena biasanya sama-sama ditunjukkan dengan perilaku tidak bisa diam dan duduk tenang. Namun, t...

Kesehatan gigi dan mulut yang terjaga sejak dini dapat memberikan dampak besar pada kehidupan Si Kecil. Selain tumbuh lebih sehat karena berkurangnya risiko terjangkit penyakit-penyakit tertentu, kond...

Tentu Mommy sudah sering mendengar pepatah Latin yang mengatakan, Mens sana in corpore sano, bukan? Melalui pepatah ini, kita belajar bahwa di dalam tubuh yang sehat (pasti) terdapat jiwa yang ku...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................