8 CARA AMPUH MENGATASI ANAK SAKIT GIGI DAN CARA MEMBUAT ANAK RAJIN SIKAT GIGI

Rabu, 04 Oktober 2023 | 16:15 WIB Penulis :


Anak sakit gigi memang biasa mengganggu keceriaan si kecil.Meski sakit gigi adalah masalah yang umum terjadi,namun si kecil yang mengalami sakit gigi tentu merasa tak nyaman dan terganggu.Untuk menjaga dan melindungi si kecil,Bunda perlu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan sakit gigi pada anak dan apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak sakit gigi.

Sakit gigi sendiri merupakan sebuah kondisi ketika bagian gigi atau gusi si kecil mengalami rasa sakit atau tidak nyaman.Sakit gigi yang dirasakan si kecil bisa bervariasi,mulai dari sakit yang ringan hingga sakit yang parah hingga membuat anak merasa pusing bahkan hingga pipi nya bengkak.Saat sakit gigi,Si kecil bias saja jadi uring-uringan,rewel,tak mau makan,dan susah tidur.

Penyebab Anak Sakit Gigi
Untuk mengatasi anak sakit gigi dengan tepat orang tua perlu memahami apa yang menyebabkan rasa sakit di gigi anak muncul.Pada anak-anak,sakit gigi seringkali di sebabkan oleh pertumbuhan gigi atau masalah kesehatan mulut.Namun,sakit gigi juga bias disebabkan oleh hal lain.Berikut ini beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan si kecil sakit gigi.


1.Anak Tumbuh Gigi
Salah satu penyebab anak sakit gigi pada anak yang paling umum terjadi adalah pertumbuhan gigi baru.Gigi susu yang baru mulai tumbuh biasa menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman pada si kecil.Saat anak semakin bertambah semakin besar,maka gigi susu nya akan tanggal kemudian di gantikan oleh gigi tetap.Pergantian ini juga biasa membuat si kecil merasakan sakit gigi.Namun,biasanya sakit gigi pada anak biasanya akan mereda dengan sendirinya.


2.Tidak Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut
Si kecil yang jarang menyikat gigi tentunya lebih rentan mengalami sakit gigi. Ini karna gigi yang tidak rajin di bersihkan akan memicu masalah gigi pada anak. Menurut ikatan dokter anak Indonesia, saat anak tidak rutin membersihkan gigi, maka sisa makanan yang tertinggal akan mudah di fermentasi oleh bakteri yang hidup di rongga mulut kemudian menghasilkan produk asam perusak gigi. Maka dari itu, perlu di ajarkan kepada si kecil untuk sikat gigi sejak tumbuh gigi pertama nya.


3.Asupan Makanan Manis Berlebih
Anak-anak umum nya memang menyukai makanan yang manis,saying nya terlalu banyak mengonsumsi makanan manis berdampak pada kesehatan gigi anak. Menurut penelitian DR.Taufan Bramantoro yang dilakukan pada anak-anak usia sekolah dasar di Indonesia pada tahun 2019, masalah karies gigi adalah masalah yang umum dialami anak-anak pada periode tumbuh kembang. Berdasarkan penelitian tersebut,di temukan bahwa salah satu hal yang membuat resiko karies tinggi pada anak-anak adalah konsumsi makanan manis seperti permen,cemilan manis,dan minuman soda.

 

Cara Mengatasi Anak Sakit Gigi Adalah Dengan Rajin Menyikat Gigi
Rasa sakit pada gigi si kecil tentu tak bisa di biarkan begitu saja. Jika tidak ditangani dengan baik sakit gigi bisa menimbulkan berbagai masalah seperti mengganggu pertumbuhan susunan gigi, anakn sulit makan sehingga tidaik mendapatkan nutrisi yang lengkap dan seimbang, hingga memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri anak.Namun bunda tak perlu khawatir, untuk mengatasi anak sakit gigi dan melindungi senyum si kec il, cara yang paling ampuh adalah dengan rajin menyikat gigi.

Menyikat gigi secara rutin menggunakan pasta gigi adalah langkah pertama yang sangat penting untuk mengatasi anak sakit gigi sekaligus menjaga kesehatan dan gusi. Dengan rajin menyikat gigi, sisa-sisa makanan dan plak yang menumouk di gigi si kecil dapat di bersihkan.Saat gigi bersih,maka resiko sakitgigi pun akan berkurang jadi anak busa menghindar dari masalah gigi seperti karies, gigi berlubang, sampai gigi sensiitif . oleh karna itu, penting untuk mengajarkan si kecil agar menjadikan kebiasaan menyikat gigi sebagai bagian tak terpisahkan dari perawatan kesehatan gigi mereka. Menurut ikatan dokter gigi anak Indonesia, menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari,pada pagi hari setelah makan pagi dan dimalam hari sebelum tidur. Tak hanya sekedar rajin menyikat gigi, berikut ini beberapa cara lain nya yang bisabunda lakukan untuk mengatasi anak sakit gigi.


1.Rajin Menyikat Gigi dengan Pasta Gigi
Cara ampuh mengatasi anak sakit gigi adalah dengan rajin menyikat gigi, namun tak sekedar menyikat gigi saja melainkan menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Dengan rajin menyikat gigi menggunakan pasta gigi, si kecil bisa mendapatkan perlindungan dari kandungan sikat gigi yang mampu mencegah dan mengatasi anak sakit gigi.sehingga untuk merawat gigi si kecil, pemilihan pasta gigi tidak bisa sembarangan. Agar menyikat gigi semakin efektif dan ampuh untuk mengatasi anak sakit gigi, bunda perlu memperhatikan pemilihan pasta gigi yang tepat.
Sebaiknya hindari penggunaan pasta gigi yang memiliki kandungan deterjen.

Deterjen yang paling umum di gunakan dalam pasta gigi adalah Sodium lauryl saulfate, atau di kenal juga dengan SLS, merupakan zat yang menimbulkan busa.Sayangnya, sudah banyak penelitian yang menunjukan kalua kandungan SLS dalam pasta gigi memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan gigi si kecil. Seperti hasil penelitian yang di terbitkan lewat American Journal of Dentistry pada tahun 2022 yang menyebutkan pasta gigi dengan SLS dapat menyebabkan iritasi di rongga muljut, memicu sariawan, serta mengganggu fungsi mukosa dalam mulut sehingga meningkatkan risiko berkembangnya bakteri jahat yang akanmenyebabkan gangguan pada gigi.

Pada pasta gigi, fluoride membantu memperkuat lapisan terluar gigi dan mencegah gigi berlubang. Untuk mencegah dan mengatasi anak sakit gigi, pada anak usia 3-6 tahun pakar kesehatan menyarankan anak-anak menggunakan pasta gigiber fluoride sebesar biji jagung. Saat menyikat gigi mereka sendiri, sebaiknya si kecil tetap di awasi orang tua agar pasta gigi tidak tertelan. Tapi, terlalu banyak menelan fluoride dalam jangka waktu lama juga tak baik bagi tubuh si kecil.Dalambeberapa kasus,terlalu sering menelan fluoride dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan fluorosis, dimana tulang menjadi rapuh, hingga gangguan fungsi ginjal dan pencernaan. Jadi, sebaiknya penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride di berikan padasi kecil yang memang sudah bisa berkumur sendiri dan di lakukan di bawah pengawasan orang tua.

Untuk mengatasi anak sakit gigi, bunda dapat menyikat gigi nya menggunakan sikat gigi anak serta pasta gigi PUREKIDS Toothpaste. Dengan formulasi formulasi Low Hazard, Food Grade Formula, serta tidak mengandung deterjen, PUREKIDS Toothpaste bantu membersihkan plak pada permukaan gigi dan gusi si kecil. Selain itu, kandungan xylitol pada PURELIDS Toothpaste bantu mencegah terbentuknya karies pada gigi si kecil sekaligus sebagai pemanis alami pada pasta gigi PUREKIDS Toothpaste.


Menyikat gigi sebaiknya dilakukan sedini mungkin,bahkan sejak dari si kecil tumbuh gigi. Bunda tak perlu khawatir menyikat gigi anak yang baru saja tumbuh, kami merekomendasikan PUREKIDS Toothpaste karna memiliki pasta gigi PUREKIDS Toothpaste fpt Training untuk si kecil yang belum bisa berkumur sendiri. PUREKIDS Toothpaste for Training dengan formula Food grade, tanpa deterjen dan fluoride sehingga tidak ada apa-apa jika tidak sengaja tertelan oleh anak yang belum bisa menyikat gigi nya sendiri dan reflex menelannya belum sempurna.PUREKIDS Toothpaste for Training memiliki 3 varian rasa yang disukai si kecil yaitu Orange, Strawberry dan Banana yang membuat anak senang dan rajin
menyikat gigi sambal parentsmengajari anak untuk berkumur.


Sedangkan untuk si kecilyang berusia lebih besar dan mulai bisa menyikat gigi serta bisa berkumur sendiri, Bunda bisa memberikan PUREKIDS Toothpaste Advanced.PUREKIDS Toothoaste Advanced dilengkapi dengan fluoride yang akan menguatkan gigi anak sertamenghentikan tanda awal karies gigi. PUREKIDS Toothpaste Advancved tersedia dalam tiga varian rasa yaitu Orange, Strawberry, dan Bubble Gum yang disukai si kecil.


Karena PUREKIDS Toothpaste for Training dan PUREKIDS Toothpaste Advanced tidak mengundang deterjen, PUREKIDS Toothpaste tidak akan menimbulkan iritasi pada mulut dan mencegahberkurang nya sensitivitas rasa pada gigi si kecil.PUREKIDS Toothpaste juga tidak mengandung pewarna dan pemanis buatan sehingga baik untuk merawat kesehatan gigi si kecil. Cek informasi selengkapnya pada akun Instagram @purekids.indonesia , ya!


2. Berkunjung Ke Dokter Gigi
Jika gangguan sakit gigi si kecil tak hilang meski sudah beberapa hari berlalu, maka Bunda perlu segera berkonsultasi pada dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan tunda berkunjung ke dokter gigi untuk mengatasi anak sakit gigi supaya masalah gigi yang di alami si kecil tidal berkembang menjadi lebih parah. Selain saat anak sakit gigi, bunda juga perlu rutin mengajak si kecil ke dokter secara berkala untuk memantau perkembangan gigi dan kesehatan gigi serta mulut si kecil.


3.Berkumur Dengan Air Garam
Salah satu cara mengatasi anak sakit gigi bisa dilakukan dengan berkumur air garam . Namun, cara ini sebaiknya dilakukan untuk anak yang memang sudah bisa berkumur sendiri agar air garam untuk berkumur tidak tertelan. Untuk air kumur, Bunda bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air panas.Ajak si kecil berkumur dengan campuran air garam ini untuk mengurangi rasa sakit gigi yang ia rasakan.


4.Kompres Dingin
Saat mengalami sakit gigi,terkadang area pipi si kecil bisa terlihat membengkak dan membuatnya tak nyaman . Untuk mengatasinya, Bunda bisa mengompres bagian pipi si kecilyang membengkak akibat sakit gigi dengan handuk yang sudah di basahi air dingin. Kompres air dingin dapat mengurangi pembengkakan serta membuat si kecil yang sedang sakit gigi merasa lebih nyaman.


5.Membrsihkan Gigi Dengan Tusuk Gigi
Selain menggunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk mengatasi anak sakit gigi, penggunaan benang gigi juga bisa Bunda coba pada si keci. Benang gigi dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin tertinggal di sela-sela gigi dan membuat anak menjadi sakit gigi.Dilansir dari situs Stanford Children Health,amak-anak usia 2-3 tahun sudah bisa di perkenalkan dengan benang gigi untuk membersihkan gigi mereka.


6.Menggunakan Bawang Putih Yang Dihaluskan
Bawang putih memang dikenal memiliki manfaat antibakteri dan mengurangi rasa sakit. Untuk mengatasi anak sakit gigi,Bunda bisa menghaluskan satu atau dua suing bawang putih dan mengoleskan nya ke bagian gigi si kecil yang terasa sakit menggunakan cotton bud.


7.Mengoleskan Minyak Cengkeh

Seperti hal nya bawang putih,minyak cengkeh juga memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi si kecil. Bunda dapat mengoleskan minyak cengkeh ke gigi si kecil menggunakan cotton bud, atau merendam sedikit kapas dengan minyak cengkeh dan letakkan pada gigi yang sakit untukm beberapa waktu.Usahakan jangan sampai minyak cengkeh tertelan oleh si kecil ya, Bunda.

 

8.Memberikan Obat Pereda Sakit
Jika sakit gigi yang di rasa si kecil tak tertahankan dan membuatnya rewel seharian,Bunda bisa membantu mengurangi rasa sakitnya dengan memberikan obat Pereda sakit.Harap berhati-hati saat memberikan obat Pereda sakit kepada si kecil ya, Bunda. Pastikan Bunda sudah pernah berkonsultasi dengan dokter si kecil rentang obat Pereda sakit yang bisa ia konsumsi dan berikan dosis yang tertera.

Dengan memahami penyebab sakit gigi pada anak, Bunda dapat mengatasi anak sakit gigi dan melindungi senyum si kecil.Yuk, ajak si kecil untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya agar ia terhindar dari sakit gigi yang mengganggu.

 

Source : https://id.theasianparent.com/

Artikel Lainnya

Puluhan orang di kota Wuhan, Cina tengah diidentifikasi terkena pneumonia secara misterius.  Komisi Kesehatan Kota Wuhan pun mengatakan bahwa semua pasien dirawat di karantina dan tidak...

Ada yang bilang, gangguan autisme itu umumnya menyerang anak laki-laki, sementara penderita anak perempuan jarang sekali. Sepintas hal tersebut ada benarnya, tapi penelitian yang dimuat di jurnal JAMA...

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 buatan perusahaan China, Sinovac, untuk anak berusia enam sampai 11 tahun. Vaksinasi untuk anak usia sekolah dasa...

Memberikan makan pada anak memang agak 'tricky'. Bisa saja ia mudah sekali makannya atau justru sebaliknya. Peran orangtua bisa mempengaruhi gaya makan serta kesehatannya. Coba lakukan 6 h...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................