Trick Mengajarkan Batita Berhenti Memukul

Selasa, 31 Oktober 2023 | 15:29 WIB Penulis :


Jangan bingung atau panik ketika mendapati Si Kecil mulai memukuli temannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi situasi seperti ini, Moms.

Kenali alasannya

Hal ini bisa sulit dilakukan karena keterbatasan kemampuan berkomunikasinya. Amati apa yang terjadi sebelum ia memukul dan apa yang ia pukul. Bila ia memukul segelas jus, coba tanya apa yang mau ia minum dan minta ia untuk mengatakannya daripada memukul gelas.

Cegah ia memukul

Kenali tanda-tanda ia akan memukul dengan memahami kondisi Si Kecil. Apakah ia berada di kerumunan? Apakah ia lapar? Apakah ia kelelahan? Pastikan ia makan dan tidur dengan cukup. Hal ini bisa mencegah ia jadi rewel dan memukuli orang-orang di sekitarnya.

Tenangkan dirinya

Jangan sampai Si Kecil melihat Anda berlaku panik ketika mendapatinya memukul benda atau temannya. Pasalnya, reaksi Anda yang berapi-api bisa menjadi sebuah insentif dan kesenangan tersendiri bagi Si Kecil. Alhasil, ia bukan tidak mungkin akan melakukannya lagi di lain hari.

Tunjukkan empati

Si Kecil mungkin belum memahami perasaan yang ia alami, baik marah atau frustrasi. Maka dari itu, Anda bisa meresponsnya dengan mengidentifikasi perasaan yang mungkin ia rasakan. Di saat yang bersamaan, puji Si Kecil saat ia berhasil menahan diri untuk tidak memukul.

Hubungkan aksinya dengan perasaan orang lain

Anak memiliki pemahaman terbatas tentang dampak perilakunya pada orang lain. Maka, Moms bisa jelaskan dampak yang bisa orang lain rasakan bila ia memukulnya.

Ajari kemampuan menyelesaikan masalah

Latih Si Kecil untuk mengatasi situasi pelik dengan cara yang positif. Ajarkan ia untuk menggunakan kata-kata daripada memukul. Bila kata-kata tak berhasil, katakan bahwa ia bisa meminta orang dewasa untuk membantunya menyelesaikan masalahnya.

Awasi konsumsi media

Penting untuk mengontrol apa pun yang Si Kecil tonton, bahkan film kartun sekalipun. Pastikan tontonan Si Kecil aman dan layak dikonsumsi anak-anak.

Beri contoh

Menghukum anak yang gemar memukul dengan memukulnya bukanlah solusi dan contoh yang baik. Moms perlu mawas diri. Jangan sampai Anda tak sadar selama ini telah memberikan contoh buruk pada Si Kecil. 

 

Source : https://motherandbeyond.id/

Artikel Lainnya

Manfaat madu untuk Si Kecil Manfaat yang bisa anak dapatkan dengan mengonsumsi madu secara rutin seperti berikut ini:   1. Meredakan Batuk dan Flu Saat Si Kecil terserang batuk, Moms ...

Diagnosis Anosmia Dokter akan menanyakan gejala dan riwayat penyakit pasien, serta kapan gejala mulai muncul. Dokter juga akan bertanya tentang bau apa saja yang tidak dapat dicium oleh pasien...

Penyakit akibat nyamuk tak hanya demam berdarah atau zika. Data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menunjukkan, Indonesia sebagai negara tropis juga ...

Langkah-langkah membuat es loli dari ASI Es loli ASI mudah untuk dibuat. “Mulailah dengan mencuci wadah es loli susu di baskom terpisah dengan sikat atau spons khusus untuk makanan bayi. Keri...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................