Alergi Susu Sapi Bikin Anak Stunting?

Rabu, 06 Desember 2023 | 16:23 WIB Penulis :


Salah satu alergi yang kerap menyerang anak-anak adalah alergi susu sapi. Lantas, bisakah kondisi ini menyebabkan anak menjadi stunting?

Alergi sendiri merupakan suatu reaksi yang tidak diinginkan yang diperantarai secara imunologi. Pada alergi susu sapi, angka kejadiannya bisa mencapai 0,5 hingga 7,5 persen.

Menurut dokter spesialis anak, Dr. dr. Zahrah Hikmah, SpA(K), alergi susu sapi pada anak akan hilang seiring dengan berjalannya usia. Pada tahun ketiga, angka toleransinya bahkan mencapai 90 persen.

 

"Tahun kedua akan terjadi perbaikan sampai 60 hingga 75 persen. Di tahun ketiga terjadi perbaikan atau toleransi sebesar 90 persen," katanya dalam acara Webinar Bicara Gizi 'Ketahui Kaitan Anak Alergi Susu Sapi dengan Stunting', Rabu (31/5/2023).

Pengaruh alergi susu sapi dengan stunting

Stunting merupakan kondisi serius pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak di bawah rata-rata atau anak sangat pendek. Biasanya, anak dengan stunting mengalami gangguan kecerdasan akibat kurang gizi secara kronis.

Meski anak-anak dengan stunting memiliki tubuh yang pendek, bukan berarti seluruh anak pendek mengalami stunting, Bunda. Tubuh pendek pada anak bisa juga dipengaruhi oleh gen yang dimiliki oleh anak tersebut.

Dokter Zahrah mengatakan nyatanya stunting ini juga dipengaruhi oleh alergi susu sapi pada anak. Berikut ini penyebabnya:

1. Penghindaran makanan jangka lama

Zahrah mengatakan anak dengan alergi susu sapi akan menghindari beberapa makanan dengan protein tinggi dalam waktu lama. Sedangkan, anak memerlukan protein selama tumbuh kembangnya.

"Penghindaran makanan dengan protein tinggi dalam jangka waktu yang lama," tuturnya.

2. Penghindaran makanan tanpa dasar

Biasanya, Bunda yang memiliki anak dengan alergi susu sapi akan menghentikan atau menghindari berbagai macam makanan tanpa dasar. Padahal, mungkin saja ada berapa makanan yang tidak memengaruhi kondisinya yang sangat penting untuk diberikan.

"Penghindaran tanpa dasar yang jelas sehingga banyak makanan penting yang dihindari," kata Zahra.

3. Anak sering sakit

Anak yang mengalami alergi susu sapi sering mengalami sakit, Bunda. Hal ini membuat kebutuhan nutrisinya juga lebih besar.

Sayangnya, anak dengan alergi susu sapi hanya memiliki sedikit pilihan makanan. Karena itu, nafsu makan anak juga menjadi berkurang.

"Anak sering sakit sehingga nafsu makan anak berkurang," ujar dokter yang menjalani pendidikan di Universitas Airlangga ini.

4. Makanan pengganti tidak adekuat

Ketika anak memiliki kondisi alergi susu sapi, Bunda perlu memberikan mereka makanan pengganti yang adekuat. Dengan begitu, tumbuh kembang anak tetap terjamin.

"Penggantian makanan harus adekuat sehingga dapat menjamin tumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya penyakit akibat kekurangan nutrisi mikro," katanya.

5. Anak kurang tidur

Tanpa disadari, alergi susu sapi pada anak kerap terjadi di malam hari. Hal ini menyebabkan anak kurang tidur sehingga tumbuh kembangnya terganggu.

"Karena alergi anak terjadi pada malam hari, anak jadi susah tidur," papar dr. Zahrah.

 

Source : https://www.haibunda.com/

Artikel Lainnya

Usai makan siang, si kecil masih ngemil pisang goreng di atas meja. Tak lama ada tukang kue cubit dan dia minta dibelikan. Sorenya, si kecil kembali menyantap es krim hingga dua skop. Lalu di malam ha...

Moms, pernahkah memberikan Si Kecil julukan berdasarkan kelakuannya? “Iya nih, si kakak tukang ngompol”, “si cengeng”, “si penakut”, atau “si bandel...

Artikel ini berisi informasi tentang bahaya memanjakan anak dengan banyak mainan. Yuk kenali bahayanya, dan pahami cara mencegahnya” Mainan merupakan salah satu benda yang tidak bisa lepa...

Saat anak tumbuh gigi, ia cenderung senang mengisap jempolnya. Hal ini terjadi secara alamiah untuk menenangkan rasa tak nyaman akibat gigi yang mau tumbuh. Lepas dari periode mengisap jempol, ternyat...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................