Mengapa Tidak Boleh Meniup Makanan Anak?

Selasa, 06 Februari 2024 | 17:20 WIB Penulis :


Ini Alasan Anda Tidak Boleh Meniup Makanan

 

Saat bayi hendak makan dan makanannya masih dalam keadaan panas, biasanya Moms akan melakukan cara untuk membuat makanan tersebut jadi tidak panas sebelum disuapi ke dalam mulut bayi Anda, sehingga tidak akan membahayakan Si Kecil saat memakannya.

 

Anda mungkin saja akan mengipasi makanan tersebut dengan kertas atau meniupnya dengan mulut Anda. Namun, tahukah Moms bahwa meniup makanan Si Kecil ini ternyata bisa memberikan dampak negatif pada bayi Anda?

Melansir laman Times of India, meniup makanan Si Kecil saat hendak menyuapinya bisa berisiko merusak kesehatan gigi bayi Anda, bahkan sebelum giginya tumbuh. Saat Moms meniup makanan Si Kecil, bisa saja Anda menularkan bakteri penyebab kerusakan gigi pada bayi Anda, karena bakteri penyebab kerusakan gigi bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain.

Jadi, jika Moms memiliki masalah gigi berlubang dan Anda meniup makanan bayi Anda agar tidak terlalu panas, kemungkinan besar pada saat tersebut bakteri dari mulut Anda akan berpindah ke makanan dan kemudian masuk ke dalam mulut Si Kecil.

 

Proses kerusakan gigi yang diakibatkan penularan bakteri pada bayi

Saat bayi Anda lahir, ia tidak terpapar oleh Streptococcus mutans, sejenis bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang. Jenis bakteri ini dapat menghasilkan asam yang bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang ketika ada makanan sisa yang tertinggal di gigi.

Nah, ketika Si Kecil kontak dengan bakteri Streptococcus mutans, hal ini bisa menyebabkan pembentukan plak dan kemudian akan berkembang di dalam rongga gigi bayi Anda, bahkan sebelum gigi Si Kecil mulai muncul. Proses kerusakan gigi Si Kecil yang diakibatkan oleh bakteri ini hanya memerlukan waktu 5-6 bulan.

Cara penularan bakteri

Perlu diketahui bahwa gigi bayi adalah yang paling rentan terhadap bakteri, terlebih ketika gigi Si Kecil baru mulai berkembang. Menurut sebuah penelitian di Australia, kebanyakan anak terjangkit Streptococcus mutans dari ibu mereka. Bakteri ini biasanya menyebar ketika orang tua berbagi air liur dengan Si Kecil saat meniup makanan sang anak, makan dari sendok yang sama, dan mencium mulut bayi mereka.

 

Mencegah penularan bakteri gigi pada bayi

Agar Si Kecil terhindar dari penularan bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan pada giginya tersebut, Moms perlu melakukan beberapa hal berikut, yakni:

1. Cobalah untuk tidak meniup makanan bayi Anda dan jangan berbagi sendok atau air minum yang sama dengan Si Kecil.

2. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan gigi Si Kecil dengan baik.

3. Bersihkan mulut bayi berulang kali dengan kain basah yang bersih, agar bakteri kehilangan kesempatan untuk berkembang biak di dalam mulut atau gigi Si Kecil.

 

Source : https://motherandbeyond.id/

4. Seka lidah, gigi, dan pipi Si Kecil secara berkala. 

Artikel Lainnya

Saat gigi susu mulai goyang, orang tua akan mulai mencari cara untuk membantu mencabut gigi susu anak agar anak merasa nyaman. Tahukah Ibu bahwa ternyata mencabut gigi susu anak tidak bisa s...

Rebutan mainan atau pukul-pukulan adalah hal yang biasa dilakukan balita. Anda yang melihat adegan ini akan segera memisahkan pertikaian, serta menyuruh anak minta maaf dan saling memaafkan. A...

Tragedi perampokan dan pembunuhan yang berakhir mengenaskan di Pulomas, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu, tentunya mengejutkan, dan membuat khawatir banyak orang, terutama orang tua. Kejadian ini se...

Prevalensi mata minus atau miopia pada anak di dunia terus meningkat. Di Hongkong ada 30% anak saat berusia 6-7 tahun mengalami mata minus; saat berusia 10-11 tahun ada sebanyak 60% mengalami mata min...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................