Ini Dia Penyebab Anak Sering Terbangun Malam Hari

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:56 WIB Penulis :


Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan anak balita. Beberapa balita mungkin bisa tidur nyenyak tanpa gangguan sepanjang malam, tapi anak-anak lainnya bisa saja sering terbangun atau bahkan kesulitan untuk tidur.

Ya Moms, bukan hanya bayi, tapi balita juga bisa terbangun di tengah malam dan itu merupakan hal yang wajar. Namun, kebiasaan ini bisa membuat anak rewel dan sensitif, serta menimbulkan stres pada orang tua bila terjadi secara terus-menerus.

Mom Junction melansir, balita sebenarnya memiliki siklus tidur-bangun yang dapat diatur lebih baik daripada bayi. Tapi kondisi tertentu yang mengganggu kesehatannya seperti, pilek, batuk dan demam dapat menyebabkan gangguan tidur di malam hari. Ketidaknyamanan yang dirasakan si kecil membuatnya sulit untuk beristirahat dengan tenang.

Selain masalah kesehatan, masih ada beberapa alasan lain yang menyebabkan balita suka terbangun di malam hari seperti berikut ini.

 

7 Penyebab yang Bisa Bikin Balita Terbangun di Malam Hari

1. Lapar atau haus

Sama seperti bayi, balita cenderung bangun di malam hari karena lapar atau haus. Jadi, pastikan balita Anda sudah kenyang saat ia tidur ya, Moms.

 

2. Bagian dari tumbuh kembang

Usia balita merupakan masa perubahan fisik, mental dan sosial yang cepat. Misalnya, balita yang sudah bisa berjalan mandiri, berlari dan melempar benda ke arah tertentu. Seperti dikutip dari Mom Junction, perubahan besar ini dapat menyebabkan regresi tidur, yaitu kondisi di mana balita tiba-tiba menolak untuk tidur atau terbangun di tengah malam, sehingga kesulitan untuk kembali tidur.

3. Perubahan rutinitas

Ketika anak usia balita mengalami perubahan rutinitas, siklus tidur-bangunnya pun dapat ikut berubah. Toilet training, proses menyapih, pengasuh baru, atau kedatangan anggota keluarga baru (adik), hingga berpisah dari orang tua adalah beberapa hal yang dapat membawa perubahan dalam rutinitas balita, sehingga berpengaruh pada siklus tidurnya.

4. Terlalu lama tidur siang

American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa balita perlu tidur 11-14 jam sehari. Jika balita tidur siang lebih lama terutama menjelang malam, mereka mungkin tidak merasa mengantuk di malam hari dan sering terbangun. Menjaga tidur siang dalam batas tertentu dan memberikan sejumlah aktivitas fisik yang tepat, akan memastikan balita cukup lelah untuk tidur nyenyak sepanjang malam.

5. Tumbuh gigi

Si kecil akan mengalami masa tumbuh gigi susu sejak usia enam bulan hingga tiga tahun. Tumbuh gigi menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada gusi, sehingga kerap membuat balita lebih rewel dan mudah marah. Ketidaknyamanan yang dirasakan si kecil membuatnya sulit untuk beristirahat dengan tenang. Balita mungkin akan terus terbangun saat tidur di siang ataupun malam hari.

6. Merasa takut

Anak balita umumnya sudah mengembangkan kesadaran lebih besar tentang lingkungan di sekitarnya. Balita dapat mengembangkan rasa takut akan kegelapan, takut sendirian, atau takut pada orang asing. Ini normal dan sebagian besar tidak menimbulkan masalah. Namun, ketakutan ini dapat memicu tekanan dan kecemasan yang ekstrem, sehingga menyebabkan si kecil terbangun di malam hari.

7. Mimpi buruk

Anak sudah bermimpi bahkan sejak masih bayi. Memasuki masa balita, mimpi mereka pun ikut berkembang semakin jelas. Beberapa mimpi mungkin tidak menyenangkan untuk si kecil, sehingga menyebabkan tidurnya terganggu. Si kecil mungkin akan terbangun dengan kaget atau ketakutan setelah mengalami mimpi buruk, Moms.

 

Source : kumparan.com/kumparanmom

Artikel Lainnya

Ooops…! Lihatlah Si Kecil tidak sengaja melukai wajahnya sendiri. Ternyata kukunya sudah panjang dan perlu dirapikan, Moms. Inilah saatnya Si Kecil mendapatkan perawatan kuku pertamanya. Namun ...

1. Hindari Transportasi Umum Kita harus meminimalkan kontak dengan orang. Hindari transportasi umum jika memungkinkan. Batasi perjalanan yang tidak penting. Jika harus menggunakan transportasi umum...

Daging sapi, daging ayam, dan ikan merupakan sumber protein yang lebih dikenal banyak orang tua. Padahal, senyawa protein bisa juga Bunda temukan dalam tumbuh-tumbuhan, yang disebut sebagai protein na...

Saat si kecil diajak pergi ke tempat yang membuat bosan, seperti rumah ibadah, ke rumah saudara atau saat Ayah atau Bunda bertemu dengan teman bisa buat si kecil rewel dan Bunda pun dibuat repot. Unt...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................