Apakah Anak Perlu Screening Mata Sebelum Masuk Sekolah?

Rabu, 20 Maret 2024 | 14:08 WIB Penulis :


Pemeriksaan mata berkala penting dilakukan. Sama halnya seperti pada kesehatan gigi, maka untuk memperoleh kesehatan mata yang baik ternyata juga harus memeriksakan mata  secara rutin. Apalagi bagi mereka yang sudah menderita rabun jauh atau dekat dan sudah menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk alat bantu penglihatan setiap hari.

Pemeriksaan mata memerlukan serangkaian tes untuk dapat mengevaluasi tajam penglihatan dan menentukan penyakit mata yang Sikecil derita. Dokter Mata akan menggunakan berbagai instrument untuk melakukan pemeriksaan. Selama pemeriksaan, akan dilakukan evaluasi beberapa aspek, terutama hal yang berkaitan dengan kemampuan penglihatan dan kondisi kesehatan mata secara umum dan khusus.

 

Mengapa ini dilakukan?

Pemeriksaan mata secara berkala akan membantu mendeteksi masalah pada tahap paling awal, yaitu saat dimana jika didapatkan kelainan masih lebih mudah untuk diobati. Pemeriksaan mata secara teratur akan memberi kesempatan bagi Dokter Mata untuk membantu mengoreksi dan dapat memberikan tips merawat kesehatan mata atau memberikan pengobatan yang sesuai, jika terjadi perubahan tajam penglihatan atau kondisi lainnya dibandingkan hasil pemeriksaan sebelumnya.

Pemeriksaan Mata Kapan Dilakukan? 

Beberapa faktor dapat menentukan seberapa sering memerlukan pemeriksaan mata. Faktor yang berperan diantaranya faktor Usia, adanya penyakit sistemik (diabetes melitus, hipertensi, dan lain-lain) yang dapat menimbulkan komplikasi pada mata, atau sudah terdapat penyakit mata.

 

Pedoman Umum Pemeriksaan Mata

  • Anak-anak 3 tahun ke bawah

Untuk anak di bawah 3 tahun, dokter anak Moms kemungkinan akan mencari masalah mata yang paling umum seperti mata malas, mata juling atau mata tidak lurus. Jika ada masalah atau gejala mata tersebut, pemeriksaan dapat segera dilakukan pada saat itu tanpa memandang usia. Anak Anda bisa menjalani pemeriksaan mata yang lebih komprehensif antara usia 3 dan 5 tahun.

  • Anak-anak dan remaja usia sekolah

Periksalah penglihatan anak Moms sebelum masuk kelas satu. Jika ternyata anak Moms tidak memiliki gejala gangguan penglihatan dan tidak ada riwayat gangguan penglihatan pada keluarga, periksakan kembali penglihatan setiap satu atau dua tahun. Jika terdapat gejala gangguan penglihatan dan memerlukan koreksi kaca mata, pemeriksaan mata berkala dapat dilakukan antara 6 bulan sampai dengan 1 tahun sekali.

 

Source : ciputrasmgeyeclinic.com

Artikel Lainnya

Mengapa banyak mainan anak-anak dibuat berwarna kuning dan merah, sementara warna kebanyakan seragam petugas keamanan atau satpam adalah biru gelap, atau juru rawat berseragam hijau pupus selain putih...

Rambut dan kulit kepala anak tidak jauh berbeda dengan orang dewasa yang harus dijaga kebersihannya dengan melakukan perawatan rambut yang jarang dirawat akan menyebabkan gangguan dan penyakit pada ba...

1. Memasak Bersama Memasak bersama anak adalah salah satu cara merayakan hari anak yang bisa Anda lakukan di rumah. Ajaklah anak Anda membuat adonan kue bersama dan tanyakan padanya resep kue apa y...

  Ketika Si Kecil berusia 7 tahun atau lebih, mungkin Moms menyadari kalau ia sedang masuk ke dalam fase sok serba tahu. Kalimat seperti “Cara menendang bolanya enggak kaya gitu. Nih, be...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................