Fakta Menarik Mengenai Car Seat

Jumat, 20 Mei 2016 | 10:44 WIB Penulis : Erni Wulandari


Tabrakan yang terjadi saat mobil melaju pada kecepatan 50 km/jam akan menyebabkan penumpang terlempar dengan kekuatan hingga 60 kali berat tubuhnya. Nah, car seat (dan juga sabuk pengaman) berfungsi menahan tubuh agar tidak mengalami hal tersebut. Berikut beberapa fakta menarik mengenai car seat: 


1. Car seat adalah kursi yang digunakan di dalam mobil. Umumnya terbuat dari bahan yang tidak mahal, namun kuat, agar ‘tahan banting’ pada situasi buruk sekalipun.


2. Data National SAFE KIDS Campaign di Amerika menunjukkan, car seat menurunkan angka kematian balita hingga 71% dan mengurangi angka rawat inap anak-anak usia 4 tahun ke bawah hingga 69%.


3. Data penelitian yang sama juga menunjukkan, 88% anak meninggal akibat tekanan airbag saat kecelakaan karena duduk di kursi penumpang depan, tidak menggunakan car seat yang menghadap belakang, atau tidak memakai sabuk pengaman dengan benar.


4. National SAFE KIDS Campaign di Amerika juga menemukan, 75% kecelakaan terjadi dalam radius 25 mil (40 km) dari rumah tinggal serta 60% kecelakaan terjadi dalam wilayah dengan batasan kecepatan rendah. Mungkin pada jarak dan kecepatan ini, pengemudi cenderung meremehkan potensi terjadinya kecelakaan.  


5. Meskipun kursi untuk anak di dalam mobil mulai diproduksi tahun 1930 dan bertujuan untuk kenyamanan si kecil, baru pada tahun 1962 kursi untuk keselamatan anak berkendara ditemukan 
Tabrakan yang terjadi saat mobil melaju pada kecepatan 50 km/jam akan menyebabkan penumpang terlempar dengan kekuatan hingga 60 kali berat tubuhnya. Nah, car seat (dan juga sabuk pengaman) berfungsi menahan tubuh agar tidak mengalami hal tersebut. Berikut beberapa fakta menarik mengenai car seat: 


6. Dalam mendesain mobil, produsen otomotif biasanya mempertimbangkan banyak hal, termasuk penempatan car seat yang paling aman.


7. Berdasarkan standar PBB, ada 5 kategori standar keselamatan car seat berdasarkan berat anak, yakni kode group 0, 0+, I, 2, dan 3, untuk anak usia 0 – 12 tahun. Pilihlah sesuai kebutuhan anak, Ma! 


8. Car seat maupun booster seat (kursi ‘ganjalan’ untuk anak-anak yang tingginya belum mencukupi untuk mengenakan sabuk pengaman dalam posisi ideal) memiliki tanggal kadaluarsa. Rata-rata adalah 6 tahun sejak tanggal produksi (bukan tanggal beli). Kalau sudah kadaluarsa, harus diganti, ya. 


9. Seperti halnya helm motor, car seat dirancang untuk menghadapi 1 kali kecelakaan saja. Jadi, tidak direkomendasikan untuk membeli car seat bekas, terutama bila tanggal pembuatan maupun sejarah pemakaiannya tidak diketahui benar.


10. Berdasarkan undang-undang, car seat yang dijual dan digunakan di Australia harus mengikuti standar AS/NZ1754, yang bisa diketahui berdasarkan sticker yang tertera pada produk. Car seat tanpa sticker tersebut, termasuk produk yang buatan Inggris maupun Amerika sekalipun, termasuk kategori ilegal. 

Artikel Lainnya

Dalam masa pertumbuhan anak, penting bagi para orang tua untuk mengetahui cara menjaga kesehatan mata anak. Dimulai dari hal yang sederhana, Anda dapat membantu anak Anda memiliki mata yang sehat...

Tiba-tiba saja pasangan Anda diundang untuk menghadiri reuni SMA. Tak masalah, kok. Anda pasti bisa menangani anak. Lagipula hanya sebentar, kan. Dan tak ada salahnya memberikan waktu me tim...

Sebaiknya anak-anak yang belum akil baliq berpuasa setengah hari saja, atau boleh berpuasa penuh? Bagaimana pengaruh puasa terhadap tumbuh-kembang mereka? Dalam Islam, puasa berarti tidak mengonsum...

Mendidik anak tanpa emosinal merupakan suatu tantangan bagi setiap orangtua. Banyak orangtua yang merasa frustrasi dan terkadang tidak sabar dalam menghadapi anak-anak yang ceria tetapi juga naka...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................