Tips Untuk Ibu Yang Sedang Merasa Kewalahan

Rabu, 30 November 2022 | 17:41 WIB Penulis :


Seorang ibu sudah banyak diakui sebagai sosok yang tangguh dan kuat. Bukti pertama adalah perjuangan antara hidup dan mati ketika melahirkan buah hati. Meski lebih menonjolkan sisi perasaan dan mudah menangis, ibu sebetulnya sosok yang diam-diam turut menanggung beban berat saat menyangkut kehidupan keluarga  

Dengan perannya yang sangat luas dan vital buat keluarga, seorang istri dan ibu tentunya membutuhkan waktu untuk menghibur dirinya sendiri. 

Dengan segudang kebutuhan keluarga serta tugas-tugas yang menumpuk, dapat terasa melelahkan dan menjenuhkan bagi seorang ibu. Padahal, salah satu kunci kebahagiaan keluarga adalah apabila sang ibu merasa bahagia.
 
Jika Sahabat Dream adalah seorang ibu dan sedang merasa lelah atau jenuh. Berikut empat cara yang bisa berikan kekuatan super agar tetap bahagia tetapi semua kebutuhan keluarga bisa terpenuhi dirangkum dari keterangan tertulis yang diterima Dream.

 

Alokasikan Waktu untuk Diri Sendiri

Di tengah-tengah padatnya aktivitas dan pemenuhan kebutuhan keluarga sehari-hari, memikirkan kepentingan diri juga tidak kalah pentingnya bagi seorang ibu. Me-time adalah kunci bagi ibu agar merasa lebih santai, mengisi ulang energi, dan tidak burnout dalam menjalani rutinitas rumah tangga yang padat.

Melakukan hobi bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk me-time. Ibu bisa mencari tahu terlebih dahulu jenis hobi atau kegiatan favorit yang dapat membuat ibu merasa lebih nyaman ketika melakukannya.

 

Aktivitas me-time juga bisa disesuaikan dengan usia anak. Jika anak masih kecil, cobalah mencari aktivitas yang bisa dilakukan di rumah seperti membuat kue, membaca buku, menonton serial drama, dan lainnya.

Jika anak sudah cukup besar, ibu dapat memanfaatkan waktu saat anak berada di sekolah dengan relaksasi, creambath, atau sekadar berkumpul dengan teman lama.

 

Tiap Ibu Punya Kemampuan dan Kebiasaan Masing-masing

Saat ini ada banyak sekali konten-konten mengenai keluarga yang dibagikan di media sosial, termasuk konten mengenai keseharian ibu dalam mengurus kebutuhan keluarganya.

Meski menjadi inspirasi bagi kebanyakan ibu, ad ajuga yang malah menjadikan konten-konten ini sebagai perbandingan bagi diri sendiri dan pada akhirnya menimbulkan perasaan kecil hati.

Padahal setiap ibu dan keluarga pasti memiliki keunikan dan tantangannya masing-masing. Jadi, jangan terlalu ambil pusing ya moms, karena hanya akan membuat kita selalu merasa kurang dan stres.

Fokuslah untuk melakukan yang terbaik bagi keluarga dengan kemampuan yang ada dan dengan cara kita sendiri. Karena kitalah yang paling memahami karakter dan kebiasaan keluarga, dan ketahuilah bahwa semua ibu adalah super moms.


 

Rayakan Kemenangan Sekecil Apapun dengan Self-reward

Sebagai ibu yang tak kenal hari libur, self-reward menjadi hal yang sangat penting. Kalau bukan kita yang menghargai diri sendiri, lalu siapa lagi?

Tak ada salahnya untuk merayakan kemenangan sekecil apa pun setelah melakukan berbagai tugas setiap harinya. Cara memberikan penghargaan kepada diri sendiri cukup beragam dan bisa dilakukan dengan sederhana.

 

Meluangkan waktu untuk sekadar belanja barang kesukaan, pergi ke salon, hangout dengan teman, atau menikmati semilir angin dari rumah sembari menyantap makanan kesukaan.

Jika Sahabat Dream termasuk sosok yang sedang belanja, cara menghabiskan me-time bertambah menyenangkan karena platform Shopee tengah menggelar program promo 9.9 Super ShopeePay Deals.

Berbagai promo menarik dari program ini bisa dimanfaatkan seperti promo Cashback 100% Seharian, Minimarket Serba Rp90, dan bonus saldo 999RB bagi pengguna yang sering menggunakan ShopeePay THR.

Khusus di tanggal 9-11 September mendatang, ibu bisa menikmati promo yang lebih besar, seperti voucher ShopeePay Rp1 dan minimarket serba Rp1 untuk belanja berbagai stok bulanan. 

 

Manfaatkan Teknologi untuk Penuhi Kebutuhan Keluarga

Di dalam sebuah keluarga, ibu kerap disebut sebagai ‘kuncen’ keluarga. Selain mengerjakan beberapa hal, ibu juga bertanggung jawab untuk mengurus kebutuhan tiap anggota keluarganya, mulai dari kebutuhan dapur, perlengkapan harian, pendidikan, hingga hiburan.

Ditambah ibu juga masih harus mengurus berbagai hal domestik lainnya, seperti pekerjaan rumah, membimbing anak, dan lain-lain.

Di tengah kesibukan dan kebutuhan ibu yang sangat padat, tidak ada salahnya ibu memanfaatkan teknologi yang bisa mempermudah aktivitas dan membantu ibu jadi makin produktif, misalnya ShopeePay untuk bayar, beli, dan transfer ini itu dengan mudah dan ShopeeFood untuk belanja makanan dengan praktis.

Itulah empat cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ibu tetap happy di sela-sela berbagai kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi.

Dengan menerapkan keempat cara tersebut, ibu tidak perlu khawatir lagi akan kewalahan dan merasa lelah dalam menyelesaikan setumpuk tugas rumah tangga.

Artikel Lainnya

Mengajak balita menari atau bernyanyi di depan umum bisa jadi ajang bersenang-senang Bunda bersamanya. Tapi anak kelihatan ragu dan malu. Bagaimana caranya agar anak mau ikut seru-seruan bersama ? Ini...

Mengajak anak nonton film bioskop, apalagi saat musim liburan dimana film anak banyak diputar, bisa menjadi pengalaman yang baru bagi Si Kecil. Rasanya senang membayangkan nonton film biosko...

Melihat anak aktif senang yaa Bunda, tak jarang ia berkeliling ke seluruh ruangan untuk memenuhi rasa ingin tahunya terhadap barang-barang yang ia lihat. Begitu juga saat ia bermain di halaman atau ta...

Pembentukan karakter anak dimulai dari didikan orang tua dan lingkungan di sekitarnya. Salah satunya lewat momen yang dihabiskan bersama-sama anak di meja makan. Dengan kata lain, obrolan sa...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................