Cara Mengajari Anak Berbahasa Asing

Kamis, 04 Agustus 2016 | 10:15 WIB Penulis : Erni Wulandari


Manfaat mengajari anak berbagai bahasa, Bunda bisa mengenalkan bahasa asing pada si kecil mulai dari usia 3 tahun. Menurut Erika Levy. Ph.D, asisten Profesor Patologi Bahasa dan Bicara dari Columbia University Teachers College, New York City US, anak pada usia itu dapat belajar kata baru dalam dua bahasa berbeda. "Kemampuan bahasa mereka sedang berkembang pesat yang membuat anak dapat menyerap kata-kata yang di dengar dengan cepat pula"
Hal serupa juga dikatakan oleh Ronald Kotulak, penulis buku Inside the Brain. Menurutnya, usia 3 tahun merupakan periode yang tepat untuk melatih anak berpikir, belajar bahasa, dan bersikap baik. “Jadi, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk mengenalkan dan melatih  anak banyak hal,  termasuk bahasa,” katanya.

Ini beberapa cara yang bisa Bunda lakukan:

  1. Sering-sering memutar CD lagu-lagu berbahasa asing . Lebih seru, lagi jika selain mendengarkan juga melihat aksi penampilan Barnie atau High Five, jika Bunda ingin mengenalkannya pada bahasa Inggris.
  2. Ciptakan lingkungan yang mendukung, misalnya dengan memilih prasekolah yang menggunakan dua bahasa. Sekolah seperti itu sekarang sudah banyak ditemukan.
  3. Biasakan menyebut  benda yang akrab dengan anak dengan dua bahasa misalnya, bola (ball) atau sepatu (shoes) dengan dua bahasa.
  4. Jika Bunda dan pasangan bilingual, usahakan anak hanya bicara dengan satu bahasa dengan Bunda dan pasangan. Misalnya, anak hanya bicara bahasa Inggris dengan Bunda dan bahasa Indonesia dengan ayahnya. Atau sebaliknya.
  5. Saat Bunda membeli mainan, games, atau CD yang memperdengarkan kata-kata, pastikan kata-katanya diucapkan oleh native speaker, pengguna bahasa tersebut. Dengan itu anak bisa meniru aksen yang benar dengan baik.

Sumber : Ayah Bunda

Artikel Lainnya

Indonesia memberlakukan 3 pemeriksaan Covid-19 yaitu Rapid Test, Serologi, dan PCR Test. Ketiganya dipergunakan untuk melacak orang yang terinfeksi virus SARS-CoV2. Hingga sekarang, pemeriksaan yan...

Memasuki musim hujan seperti saat ini, tentunya aktivitas Si Kecil di luar rumah jadi terbatas. Agar tak bosan, Mamas bisa mengajak Si Kecil bermain bersama. Hujan yang semakin sering turun, membua...

Selama ini jika membicarakan tentang buah-buahan yang mengandung vitamin C, selalu buah jeruk yang terucap. Padahal, selain buah jeruk, masih ada buah lain yang mengandung vitamin C, bahkan lebih kaya...

Menyapih buah hati dari ASI tak selamanya terasa sulit terutama jika anda tahu bagaimana tips dan trik cara menyapih anak. Meskipun pada awalnya akan sedikit sulit, namun lama-kelamaan dengan mudah an...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................