Resiko Anak Kurang Tidur

Jumat, 19 Agustus 2016 | 10:39 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ayah Bunda mungkin masih ingat, saat buah hati masih bayi, jam tidurnya begitu panjang. Dalam sehari-semalam bisa mencapai 16 jam per hari. Seiring pertambahan usianya, durasi tidur menjadi berkurang.

Pada usia 1 tahun, anak tidur sekitar 14 jam sehari semalam. Sedangkan pada usia 3 tahun, anak tidur sekitar 12 jam per hari. Jumlah jam tidur tersebut sudah termasuk tidur malam dan siang.

Jumlah waktu tidur siang anak-anak di usia batita lebih sedikit dibanding kala bayi. Pada saat baru lahir hingga bulan kedua, jumlah tidur siang dan malam buah hati hampir sama yaitu 8 jam tidur siang dan 8 jam tidur malam. Dengan bertambahnya usia, jumlah tidur siang berkurang. Pada usia 1 tahun anak cukup tidur siang selama 2,5 jam, sedangkan usia 3 tahun hanya sekitar 1 jam tidur siang. Nah, di atas 3 tahun, tidur siang tidak diharuskan lagi.

Jumlah jam tidur ini harus cukup, sebab, bila batita kurang tidur, dampaknya akan berimbas pada masalah perkembangan yang bisa dialami keesokan harinya seperti rewel, lelah, mengantuk, mengganggu aktivitas lain seperti makan, bermain, bahkan terkadang mengganggu aktivitas keluarga.

Dalam jangka panjang, kurangnya waktu tidur anak bisa berdampak pada gangguan perkembangan, perilaku dan pertumbuhan. Contoh, gangguan dalam perhatian, memori, organisasi, kreativitas, kemampuan motorik. Selain itu masalah perilaku seperti agresivitas yang meningkat, hiperaktivitas, kontrol impuls yang buruk, distraktibilitas/mudah terganggu, dan moody.

Mengkhawatirkan bukan jika tidur anak tidak tercukupi. Si kecil bukan hanya jadi rewel, tetapi kemampuan motoriknya pun jadi terganggu.

 

 

 

Sumber : Nakita

Artikel Lainnya

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak Demam tinggi meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi. Maka dari itu, hal penting yang harus dilakukan saat mengatasi demam tinggi adalah m...

Anak perempuan berambut panjang yang dikuncir dua memang pemandangan yang bakal bikin gemas. Tetapi, tak seorang pun, selain Mama, yang memahami ’perjuangan keras’ demi mendapatkan pemanda...

Semakin anak mama bertumbuh, semakin tinggi pula kecenderungan anak untuk melakukan berbagai hal yang sebenarnya tidak patut untuk dilakukan. Salah satunya adalah kebiasaan suka berteriak pada Mama ma...

Masa balita merupakan masa emas tumbuh kembang anak. Masa di mana rasa ingin tahu anak sangat besar untuk mengeksplorasi apa pun yang baru dilihatnya. Pada saat itu, tak jarang orang tua secara sadar ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................