Nutrisi Agar Rambut Balita Lebat Dan Sehat

Rabu, 07 September 2016 | 09:49 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ternyata makanan yang kaya nutrisi juga memiliki manfaat terhadap pertumbuhan rambut anak. Menurut hasil penelitian dari University of Maryland Medical Center, Baltimore-Amerika Serikat, vitamin B merupakan zat penting yang mendukung pertumbuhan rambut. Di luar vitamin B, masih banyak nutrisi penting lain yang membuat anak dapat memiliki rambut indah bak iklan sampo anak.

1. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin B, zinc dan protein. Vitamin B memiliki fungsi utama sebagai pengantar nutrisi  dan oksigen ke kulit kepala melalui sel darah merah sehingga folikel rambut ternutrisi dan rambut tetap sehat. Jadikan bahan utama atau sebagai campuran MPASI (makanan pendamping ASI) bayi maupun makanan balita yang menyehatkan rambutnya.
Caranya... Kacang-kacangan atau biji-bijian seperti kacang merah, kacang hijau, beras merah, kedelai, kacang tanah, lentil, dan oat, bisa diolah dengan cara ditumbuk atau digiling lalu dibuat makanan bayi yang lembut sehingga tak berisiko tersedak.  Atau, jadikan bahan snack bagi balita, seperti kue ku isi kacang hijau, puding kacang merah, dan oat cookies. Bisa juga dimasak lansung seperti sup kacang merah atau bubur oat.

2. Telur
Rambut terdiri dari 70% protein keratin sehingga sangat membutuhkan asupan protein untuk membangun kembali kerusakan pada batang rambut. Satu butir telur ayam biasa, memiliki kandungan 6,5 gram protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut.
Caranya... Untuk mendapatkan manfaat telur yang menyehatkan rambut balita, oleh telur menjadi hidangan favorit anak: scrambled egg, omelet sayuran, frittata telur daging giling, pudding busa putih telur, rolade daging isi telur maupun  bubur tim saring telur yang lezat dan menggugah selera.

3. Susu
Susu adalah superfood untuk rambut. Selain kaya protein, susu mengandung vitamin A, B, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc, yang bermanfaat menguatkan dan menyuburkan rambut. Mengonsumsinya rutin dalam porsi cukup, dapat membuat rambut anak tetap lentur dan mengilap.
Caranya... Diminum begitu saja atau diolah jadi menu makan harian atau snack: sup krim jagung, bubur susu roti/pisang, puding susu, pie susu, kue sus isi vla susu, dan banyak lagi.

4. Bayam
Bayam sayuran yang memiliki zat besi paling tinggi dibanding sayuran hijau lain. Misalnya, 100 gram bayam rebus mengandung 3,57 mg zat besi. Zat besi berperan penting dalam pertumbuhan rambut, yaitu membantu metabolisme protein dan mendorong produksi  enzim serta sel darah merah, sehingga akar rambut ternutrisi baik. Menurut European Journal of Dermatology, kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan.
Caranya... Sajikan bayam sebagai menu harian anak. Ada banyak resep yang mengolah bayam jadi makanan lezat menggiurkan bagi balita; nasi salmon bayam, cup cake bayam, tim bayam wortel, mie hijau bayam, bubur saring bayam telur, spinach potato gratin, dan sebagainya.

5. Daging
Menurut lembaga penelitian dan pengembangan Meat & Livestock Australia, Ltd. daging sapi adalah sumber protein dengan kandungan vitamin B12, zinc dan zat besi tertinggi dibanding daging unggas dan ikan. Dalam 100 gram daging sapi terdapat 22,7 g protein, 4,2 mg zinc, 2 mg zat besi, dan 1,1 mg vitamin B12. Vitamin B12 sangat bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah yang berfungsi mengangkut nutrisi dan oksigen ke kulit kepala serta akar rambut.
Caranya... Daging sangat mudah diolah jadi makanan kesukaan bayi dan balita; sup bola daging, meat loaf, tim nasi daging cincang, bistik daging cincang, omelet nasi daging, risoles smoke beef, dan banyak lagi.

6. Buah-buahan     
Satu buah avokad memiliki kandungan 2 sampai 6 mikrogram biotin, sedangkan satu cangkir rasberi mengandung 0,2 sampai 2 mikrogram biotin. Biotin salah satu komponen vitamin B kompleks yang bermanfaat menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut kuat. Selain vitamin B, avokad kaya vitamin E yang dapat mencegah pengaruh buruk sinar matahari terhadap rambut.   Mengonsumsi buah kaya vitamin C seperti, jeruk, kiwi dan stroberi, juga dapat mendorong produksi kolagen yang menjaga pertumbuhan rambut.
Caranya... Sajikan avokad dan buah-buahan lainnya dalam bentuk langsung atau diolah menjadi jus, smoothie, puding, sup buah, es buah, roti isi buah-nutela, puree buah, buah celup coklat, dan banyak lagi.  
 
7. Ikan Salmon dan Makerel
Ikan salmon dan makerel kaya asam lemak omega 3 yang mendorong pembukaan folikel rambut sehingga rambut tumbuh sehat.  
Caranya... Salmon memiliki cita rasa khas yang mudah disukai anak-anak. Tak sulit mengolahnya agar dapat dikonsumsi balita; kentang panggang toping salmon, roti isi salmon tumbuk, perkedel salmon-kentang, nugget salmon-brokoli rebus, dan sebagainya.  Sementara ikan makerel perlu diolah tepat agar tak muncul aroma amis; mini fish pie, puree makerel-keju-ubi jalar, fish finger makerel, dan sebagainya. Pastikan tak ada duri yang tersisa saat mengolah ikan.

Tetapi, perlu diingat bahwa genetika berperan membuat helai rambut tebal, sementara nutrisi yang baik berperan merawat jumlah dan ukuran folikel rambut di kulit kepala. (Lawrence Samuels, MD., Kepala Divisi Dermatologi, St. Luke’s Hospital, St. Louis, AS)

Artikel Lainnya

Ibadah puasa adalah ibadah wajib sekaligus amalan utama dalam agama Islam. Untuk itu, sedini mungkin orangtua mengajarkannya pada anak. Sayangnya, meski bermaksud baik agar anak bisa berpuasa secara p...

Setiap orang tua harus memahami cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Perlu Anda ketahui bahwa masalah pada mulut bisa menyebabkan beberapa gangguan serius. Setidaknya, bau mulut adalah gan...

Mendengar anak batuk tiada henti, tentu kita tidak tega melihatnya. Apalagi jika disertai muntah dan mata berair. Untuk mengurangi batuknya sebaiknya Bunda hindari makanan dan minuman ini :  ...

Asal tahu kiatnya, Bunda pasti tidak akan mengalami kesulitan berarti saat melakukan perjalanan bersama bayi Bunda meski sedang dalam masa menyusui. Praktis, mudah diberikan, tersedia kapan saja, d...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................