Ternyata Si Ayah Juga Bisa Baby Blues

Selasa, 25 Oktober 2016 | 15:01 WIB Penulis : Erni Wulandari


Siapa bilang baby blues alias kesedihan pascapersalinan hanya dialami oleh Bunda? Ternyata, si Ayah pun bisa mengalaminya.

Gejala baby blues pada Ayah, secara umum sama saja dengan gejala baby blues pada Bunda, yakni adanya perubahan mood, yang bisa menyebabkan emosi naik turun seperti roller coaster tanpa alasan jelas. Misalnya, mudah marah, kurang bersemangat, sulit konsentrasi, sulit mengambil keputusan, merasa kurang terikat pada bayi, dan mengalami kesulitan tidur.

Lalu, apakah ada perbedaan antara baby blues yang dialami Ayah dan Bunda alami ?

“Kalau pada Bunda, baby blues biasanya disebabkan adanya perubahan hormonal, tetapi bisa juga karena ada pengalaman melahirkan yang tidak menyenangkan atau ada trauma saat proses melahirkan. Sedangkan pada Ayah, biasanya lebih disebabkan oleh faktor situasi atau kesiapan mental,” ungkap Wulan Ayu Ramadhani, Psikolog Perkawinan & Keluarga di Klinik Rumah Hati Cilandak-Jakarta.

Lebih lengkapnya, sejumlah faktor yang dapat membuat Bunda mengalami baby blues, seperti dipaparkan berikut :

# Ketakutan memasuki kehidupan sebagai orangtua.
Kurang mempersiapkan diri atau memiliki gambaran tentang menjadi seorang papa yang berarti akan ada penambahan peran dan tanggung jawab, atau ketakutan akan “kehilangan” kebebasan setelah adanya anak.

# Kecemasan terhadap peran baru.
Adanya kekhawatiran apakah dirinya bisa menjadi seorang  yang baik atau tidak. Terutama bagi orangtua yang kurang memiliki pengalaman menyenangkan, biasanya mereka memiliki keinginan untuk menerapkan pola asuh yang berbeda dari orangtuanya terdahulu. Karena memotong pola ini tidaklah mudah, bisa muncul kekhawatiran dalam diri Ayah untuk mengulang pola yang sama dan membuatnya menjadi semakin khawatir mengenai anaknya.

# Kondisi ekonomi yang belum matang atau ketidaksiapan finansial.
Ketika memiliki anak, ada biaya-biaya yang perlu dipersiapkan. Pada kondisi tertentu bisa ada biaya tak terduga yang cukup besar untuk persalinan hingga perawatan bayi. Misalnya, untuk keselamatan ibu dan anak, yang semula bisa melahirkan normal, akhirnya harus menjalani operasi sesar, sementara biaya persalinan tak disiapkan untuk kondisi ini. Atau, bayi lahir prematur sehingga membutuhkan perawatan khusus dengan biaya tinggi. Ketidaksiapan akan membuat beban Ayah menjadi lebih berat, sehingga ia merasa tertekan karena harus menyiapkan dana di luar dugaan sebelumnya, belum lagi keperluan lainnya juga butuh banyak biaya.

# Bersaing dengan anak atau kecemasan akan kekurangan perhatian.
Dulu hanya ada Ayah dan Bunda sehingga perhatian Bunda hanya tertuju kepada Ayah. Nah, sekarang perhatian Bunda terbagi atau bahkan lebih fokus kepada anak. Belum lagi, banyak aktivitas yang dulunya bisa dijalankan berdua, kini tersisihkan karena kehadiran si kecil. Kalau Ayah tidak bisa menerima kondisi ini, cemburu, kesal, kecewa, jadilah Ayah mengalami baby blues.

# Masalah dalam keluarga.
Pada beberapa keluarga, kehadiran anak bisa menjadi tambahan beban tersendiri. Contohnya, pernikahan yang tak diinginkan, seperti perjodohan atau married by accident, hubungan dengan pasangan yang kurang harmonis, pernikahan yang tidak direstui, perselingkuhan, dan sebagainya. Stres yang sudah ada bisa bertambah dengan kelahiran bayi.

Tak semua Ayah yang mengalami baby blues bisa menyadari bahwa ia mengalami sindrom tersebut.

“Sebenarnya, kecemasan dan kekhawatiran dengan adanya perubahan, dalam hal ini kehadiran bayi di keluarga, merupakan sesuatu yang wajar”.  

Orang yang memiliki kematangan emosional baik, biasanya akan menyadari tentang apa yang ia rasakan dan kemudian emosi tersebut ia kelola. Sebaliknya, orang dengan kematangan emosional yang kurang baik, cenderung untuk mengabaikan atau tidak menyadari apa yang dirasakan dan cenderung menghindar.

“Tapi, tidak selalu seperti itu. Bisa juga karena fokus Ayah pada saat itu adalah hal lain. Misalnya, karena ia sayang sekali kepada anak dan istrinya, maka ia tahubahwa  ia perlu bekerja lebih baik lagi agar punya kemapanan finansial, sehingga ia ‘melupakan’ kekhawatirannya dengan cara bekerja dengan harapan satu kekhawatiran bisa terselesaikan,” terang Lulusan Magister Profesi Klinis Dewasa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini.

 

Artikel Lainnya

  Cara Menghilangkan Bau Badan pada Anak Moms mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan bau badan pada anak. Sangatlah mudah untuk menyadari jika Si Kecil menderita bau badan, kar...

alah satu cara merawat kesehatan gigi anak adalah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Mulut menjadi sumber awal masuknya bakteri dan kuman yang dapat mengganggu kesehatan tubuh a...

Sebelum mendaftar ke TK atau SD, biasanya terdapat tes untuk menilai kemampuan calistung yang dimiliki seorang anak. Apakah Ayah dan Bunda sudah akrab dengan istilah Calistung? Calistung sangat pentin...

Moms terkadang merasa risih saat Si Kecil memiliki kebiasaan buruk ketika mengisap jempol. Jika dibiarkan, si Kecil akan semakin sering mengisap jempolnya sendiri bahkan saat berada di tempat umu...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................