Perbedaan Flu, Pilek dan Common Cold pada Anak

Rabu, 02 November 2016 | 10:50 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ketika anak mengeluarkan ingus, maka orang tua sering tertukar mengira si kecil terkena pilek, influesza atau common cold. Karena ketiga kondisi ini masih sering disalahartikan karena kondisi nya mirip.
Menurut dr Meta Hanindita, SpA, influenza (flu) dan common cold sama-sama merupakan penyakit saluran napas. Bedanya terletak pada virus penyebabnya.
Flu disebabkan oleh virus influenza, sementara common cold sering disebabkan oleh rhinovirus. Variasinya sendiri bermacam-macam, oleh sebab itu saat terkena flu atau common cold sebaliknya Bunda jangan terbutu-buru memberikan obat.
Flu dan common cold biasanya menimbulkan gejala yang hampir sama yakni pilek, demam, batuk dan nyeri tenggorokan. Tapi secara umum flu biasanya memberikan gejala yang lebih berat dibandingkan common cold.
Gejala spesifik pada flu yakni meriang, muncul rasa sakit di otot, sesak di dada, terkadang di sertai dengan demam tinggi, batuk dan hidung tersumbat. Sementara gejala khas common cold biasanya terfokus di area kepala seperti hidung meler, batuk, mata berair, nyeri tenggorokan dan bersin-bersin.
Jika flu dan common cold adalah penyakit, maka pilek adalah gejala, yakni runny nose atau hidung keluar ingus. Intinya flu dan common cold adalah penyakit yang memberikan beberapa gejala termasuk pilek. 

Artikel Lainnya

Bagi si 1-2 tahun, pagi, siang, sore, dan malam bukanlah sesuatu yang nyata alias abstrak, karena tidak menjelaskan apapun. Konsep waktu belum dipahaminya dengan benar. Namun, tak berarti dia tidak te...

Anak-anak tak mau belajar ? Wajar jika kita sebagai orang tua kesal. Namun, orang tua perlu tahu salah satu penyebab anak sering malas belajar yakni dia tak tahu gimana caranya belajar. Hasilnya,...

Perkembangan motorik kasar adalah perkembangan gerak yang meliputi otot besar berupa keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh. Perkembangan motorik setiap anak berbeda-beda satu dengan yan...

Tips agar Balita Tidak Suka Memukul Reaksi Bunda saat melihat Si Kecil memukul adalah kunci perubahan kebiasaannya. Simak beberapa panduan di bawah ini agar Si Kecil yang masih balita berhenti memu...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................