Faktor Menurunnya Nafsu Makan Pada Anak

Rabu, 01 Februari 2017 | 09:54 WIB Penulis : Erni Wulandari


Hilang atau berkurangnya nafsu makan pada anak tentu menjadi meresahkan Bunda. Tentunya Bunda tidak ingin si kecil mengalami gangguan atau kekurangan gizi yang dapat menghambat pertumbuhannya. Setiap anak pasti pernah mengalami penurunan nafsu makan, terutama ketika usia anak sudah lewat dari satu tahun. Kondisi anak yang menurun nafsu makan umumnya adalah kondisi yang wajar. Karena sebenarnya, nafsu makan anak akan cenderung menurun ketika anak memasuki usia balita antara 1-5 tahun. Bunda dituntut untuk sebisa mungkin mencari tahu apa sajakah penyebab-penyebab yang membuat nafsu makan anak menjadi menurun. Dengan demikian selanjutnya Bunda dapat mensiasati dan mencari strategi untuk mengatasinya.

Berikut beberapa penyebab mengapa nafsu makan anak menurun 

1. Terlanjur kenyang dengan camilan
Jika Bunda tipikal orang tua yang menyediakan camilan atau memberikan jajanan pada anak, maka jangan heran jika minat anak untuk makan akan menjadi menurun. Sebab ketika anak sudah dibiasakan jajan, maka nafsu terhadap makanan pokok akan menjadi menurun. Sebab perutnya sudah terisi oleh jajanan atau camilan. Selain itu camilan dengan beragam bentuk cenderung akan membuat anak tertarik untuk menyantapnya dibanding dengan nasi dan lauk pauk. Untuk itu sebaiknya Bunda kontrol jumlah camilan yang di berikan pada anak, agar si kecil tetap berselera terhadap makanan pokok yang Bunda sajikan.

2. Mulai mengenal ragam rasa dan selera
Rasa ingin tahu anak yang mulai muncul di usia balita, termasuk masalah rasa. Membuat anak mulai mengecap cita rasa lain selain rasa tawar dari air susu dan sayuran. Dengan demikian anak mulai menentukan rasa yang disukainya. Kondisi seperti ini kadang tidak disadari orangtua dengan tetap menyajikan makanan yang itu-itu saja. Hal ini menyebabkan nafsu makan anak menjadi menurun dan bahkan menolak makanan yang Bunda hidangkan.

3. Bosan dengan menu makanan
Setelah anak mulai mengenal pilihannya sendiri terhadap bentuk dan rasa makanan, maka hal ini akan memunculkan sifat memilih dan menentukan makanan. Dengan demikian jika Bunda menghidangkan makanan yang itu-itu saja, bisa jadi si anak bosan dan menginginkan sesuatu atau menu makanan yang baru. Untuk itu agar hidangan yang BUnda sajikan sesuai selera anak menu apa yang dia inginkan.

4. Porsi yang berlebihan
Banyak orangtua menginginkan anaknya menjadi gemuk dengan alasan anak yang gemuk terlihat lucu dan merupakan indikator bahwa si anak sehat. Hal ini memberikan tekanan pada anak, terutama bagi anak yang kurang senang makan. Jangankan untuk menyantap, melihat porsi makan yang berlebihan akan membuat nafsu makan anak menurun.

Itulah beberapa faktor penyebab menurunnya nafsu makan pada anak. Setelah mengetahui poin-poin diatas, semoga Bunda bisa mencari solusi untuk kembali memunculkan nafsu makan pada anak.

Bagaimana cara mengatasinya, berikut tips yang mungkin bisa membantu Bunda :

* Coba sajikan makanan dalam porsi kecil 
* Variasi makanan
* Sajikan dengan menarik
* Jadikan saat makan menyenangkan 
* Makan teratur
* Beri cemilan sehat
* Hindarkan gaya memaksa dan mengancam
* Libatkanlah anak untuk menyiapkan makanan
* Hindari memberi iming-iming makanan penutup sebagai hadiah
* Batasi pemberian minum disela-sela waktu makan 
 

Artikel Lainnya

Mengajarkan anak untuk berpuasa bukanlah hal mudah. Sebab tak jarang, ia akan mengeluh dan merengek karena merasa lemas, haus, dan lapar karena belum terbiasa berpuasa. Oleh sebab itu, sebelum membias...

Mengelola waktu dengan balita bisa jadi sangat sulit. Hal ini bisa dirasakan ketika anak mulai masuk sekolah. Pagi hari bisa menjadi momen paling ribet yang bisa Ibu rasakan. Membangunkan anak dari ti...

Balita usia 1-2 tahun sudah mampu mengucapkan kata-kata sederhana, namun sering tidak jelas sehingga membuat Bunda kebingungan apa yang ia mau. Ini yang sebaiknya Bunda lakukan untuk mengatasinya. ...

Untuk Bunda yang ingin menyiapkan bekal untuk dibawa anak ke sekolah sebaiknya Bunda membuat menu-menu yang tidak berantakan, seperti nasi campur. Selain itu sebaiknya berikan menu nasi dengan lauk ya...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................