Makanan Terbaik Untuk Balita

Jumat, 03 Februari 2017 | 13:27 WIB Penulis : Erni Wulandari


Otak merupakan salah satu organ vital untuk manusia. Otak yang sehat juga dapat menjadi salah satu faktor yang baik dalam membantu tumbuh kembang balita, khususnya pada 1000 hari pertama. Makanan apa saja yang tepat untuk balita dan manfaat di balik makanan tersebut?

Berikut ini kami berikan 8 jenis makanan super untuk kesehatan otak balita:

1. Salmon. Merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik dan diperlukan untuk pertumbuhan otak dan mengoptimalkan kemampuan berpikir. 

2. Telur. Sumber protein yang baik dan mengandung choline yang dibutuhkan dalam perkembangan otak dan meningkatkan daya ingat. 

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian. Tinggi serat serta kaya vitamin dan mineral. Vitamin E bisa mengoptimalkan kerja otak dan zinc berperan penting dalam meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir. 

4. Oat. Selain kaya serat, oat juga kaya akan vitamin B dan E, potasium, dan zinc. Semua ini akan membuat otak bekerja lebih maksimal. 

5. Buah dan sayur yang berwarna-warni. Kaya akan vitamin A, C, dan E yang berperan penting dalam mengoptimalkan kerja otak. 

6. Whole grain. Kaya serat dan mengandung vitamin B yang berfungsi meningkatkan daya ingat. 

7.  Susu dan olahan susu. Kaya akan kalsium yang sangat diperlukan anak untuk tumbuh kembang, sebab memperkuat tulang dan membuatnya selalu aktif bergerak. Juga mengandung protein dan vitamin B yang sangat vital perannya dalam perkembangan jaringan otak. 

8. Makanan kaya zat besi, seperti daging sapi, polong-polongan, bayam, whole grain, dan sereal yang sudah difortifikasi, dll.
Zat ini sangat penting dalam meningkatkan konsentrasi anak. Jangan lupa masukkan makanan tersebut dalam menu sehari-hari anak. Berikan selalu menu sehat dan seimbang, agar pertumbuhan fisik dan otaknya maksimal.

Artikel Lainnya

Salah satu jenis sayuran yang murah dan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional adalah selada. Selada telah dikonsumsi manusia sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Bahkan, sejarah menyebutkan bahwa tan...

Mengajarkan cara menggambar pada anak usia 1-3 tahun bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Ibu. Apalagi di periode ini anak-anak cenderung ingin lebih aktif dan sulit diatur. Meskipun demikian, ada b...

  Tes Mantoux atau tuberculin skin test (TST) adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya paparan kuman TB pada tubuh. Tes Mantoux merupakan metode pemeriksaan awal ya...

Penyakit batuk pilek pada anak sangat umum terjadi terutama saat kondisi cuaca kurang menentu. Apalagi kalau sudah masuk musim pancaroba nih, virus biasanya lebih mudah menyebar melalui percikan atau ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................