Makanan yang dapat membantu menurunkan panas

Rabu, 08 Februari 2017 | 09:46 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ketika si kecil mengalami panas atau demam, banyak orang tua panik bila mendapati suhu tubuh anaknya diatas rata-rata atau disebut demam. Ketika si kecil demam Bunda mengusahakan agar demamnya turun dengan berbagai cara. Beberapa hal yang perlu diketahui orangtua mengenai demam adalah bukan penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa jadi pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus. Atasi demam anak dengan cepat dan tepat. Berikut adalah makanan yang dapat membantu menurunkan panas anak :

* Semangka 
Semangka adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan air presentase kadar airnya hampir 85%. Selain baik untuk mengatasi dehidrasi, buah berwarna merah ini juga mampu membantu menurunkan panas tubuh.

* Melon 
Melon juga merupakan salah satu buah yang dapat menurunkan suhu tubuh. Buah melon mengandung mikronutrisi karotenoid yang berfungsi menormalkan kembali suhu tubuh yana panas.

* Air Kelapa Muda 
Air kelapa muda sangat nikmat diminum disiang hari karena bisa memberikan kesegaran bagi tubuh. Ini karena kelapa muda mengandung banyak mineral dan mampu mengganti ion tubuh. Kasiat lain dari air kelapa muda adalah sebagai penurun panas tubuh. Dalam air kelapa muda ini banyak mengandung jenis mineral. Dalam air kelapa muda mengandung mineral, diantaranya adalah kalium. Saat tubuh panas akan mengeluarkan keringat yang banyak, sebaiknya perbanyaklah minum air kelapa.

* Mentimun
Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai pelengkap lalap. Selain itu mentimun dipercaya mampu menurunkan panas tubuh dan mengurangi dehidrasi.

* Susu dingin 
Selain itu susu yang sudah dingin juga dapat menurunkan panas tubuh. Diminum dengan menambahkan beberapa sendok madu sebagai zat antioksidan alami melawan penyakit.

* Kunyit (Curcuma Longa)
Kunyit lebih populer dijawa dengan sebutan kunir memiliki kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin dan juga zingberen dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, antiinflamasi atau anti peradangan.

Caranya mudah: Cuci bersih sekitar 10 gr umbi kunyit. Parut lalu tambahkan 1/2 gelas air panas, lalu aduk sampai rata. Setelah menjadi dingin, peras, ambil sarinya saja. Tambahkan juga dengan perasa 1/2 buah jeruk nipis. Campurkan dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk sampai rata. Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, selanjutnya berikan 3 kali sehari pada orang atau anak-anak yang mengalami panas.

* Sambilito (Andrographis paniculata)
Sambiloto seperti yang kita tahu memiliki kandungan andrografolid lactones (za pahit), Glucosades, diterpene dan flavonid yang bisa difungsikan untuk menurunkan panas baik dewasa dan anak-anak.
Caranya cukup sederhana: Rebus sebanyak 10 gram daun sambiloto kering, 25 gram umbi kunyit kering (2.5 ibu hari) dan 200 cc air. Rebuslah ramuan tadi sampai mendidih dan airnya tinggal 100 cc, kemudian saring. Setelah dalam kondisi hangat-hangat, tambahkan 100 cc madu bunga kapuk atau mahoni, aduk sampai rata. Bagi menjadi 3 bagian, berikan 3 kali sehari.

* Temulawak (Curcuma xanthorthiza Roxb)
Tanaman sejenis rimpang ini memiliki zat aktif xanthorthizol, germacrene, alpha betha curcumena, dan masih banyak lagi. Keberadaan temulawak telah sejak dahulu banyak dimanfaatkan sebagai obat penurun panas, untuk merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, mencret, diare, maag, perut yang kembung dan juga bisa untuk pegal-pegal.

Caranya cukup sederhana: cuci bersih sebanyak 10 gram rimpang temulawak. Parut serta tambahkan 1/2 gelas air panas, lalu aduk sampai rata. Setelah kondisinya dingin peras dan ambil sarinya saja. Campurkan dengan 2 sdm madu asli bunga kapuk, lalu aduk sampai rata. Bagi menjadi 3 campuran madu dan temulawak, kemudian berikan 3 kali sehari.

* Bawang merah (Allium cepa L)

Bawang merah kerap digunakan olej ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur rutin setiap hari. Bawang merah memilikikandungan minyak atsiri, metilaliin, sikloaliin, kuersetin, kaemferol serta floroglusin.

Caranya cukup mudah: Kupas sebanyak 5 butir bawang merah. Selanjutnya parut kasar dan tambahkan pula dengan minyak kelapa secukupnya. Cara menggunakannya cukup balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh pada anak yang mengalami panas.

Artikel Lainnya

Mengigau merupakan proses vokalisasi yang disebabkan oleh penyerapan emosi yang sangat kuat dan telah tertanam di alam bawah sadar anak. Mengigau seringkali dianggap sebagai gangguan tidur, karena ...

Liburan bersama anak menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempererat hubungan dengan si kecil ya, Mama Papa. Namun, membawa anak atau bayi naik pesawat tentu bukan hal yang mudah dan...

Udara sering berubah-ubah dibarengi dengan cuaca disekitar kita. Ketika cuaca sedang panas, hal yang paling menyenangkan adalah menyalakan pendingin udara (AC) tapi bukannya menyejukan tanpa disadari ...

1. Gigi Susu Lebih Rentan Terhadap Karies Karies pada gigi susu lebih mudah menyebar daripada pada gigi permanen. Mengutip laman Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia, hal itu disebabkan enamel pada gi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................