Aktifitas seru bagi sikecil yang senang bereksperimen!

Senin, 16 November 2020 | 09:10 WIB Penulis :


Ada banyak cara yang bisa Mam lakukan untuk menjadikan kepintaran anak kian bersinar. Misalnya, mengajak si kecil menjadi ilmuwan cilik dan melakukan berbagai eksperimen seru. Kegiatan eksperimen bisa berfungsi sebagai salah satu stimulasi tumbuh kembang anak. Bukan hanya itu, melalui eksperimen, Mam juga bisa melihat sejauh mana potensi kepintaran si kecil terhadap kegiatan yang bersifat sains maupun artistik.

Jangan lupa untuk terus memberikan susu pertumbuhan S-26 Promise GOLD yang dilengkapi dengan new improved formula MULTIEXCEL™ guna mendukung si kecil dalam proses mengamati dan berpikir. S-26 Promise GOLD adalah susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi penting untuk membantu anak usia 3-12 tahun menjadi yang terbaik sesuai dengan kepintarannya. Yuk Mam, ajak si kecil melakukan berbagai eksperimen seru berikut di rumah:
 

1. Membuat Larutan Gelembung Sabun

Permainan gelembung sabun memang banyak dijual di toko mainan. Katakan pada si kecil bahwa membuat larutan gelembung sabun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Bahkan, ia juga bisa membuat gelembung berwarna-warni sesuai keinginannya!

Bahan-bahan:
500 ml deterjen pencuci piring cair
4,5 liter air
4 sdm gliserin (gula alkohol sederhana, bisa dibeli di toko bahan kimia)

Cara membuat:
Campur semua bahan ke dalam wadah, aduk rata. Jika ingin membuatnya berwarna, cukup tambahkan dengan pewarna makanan.

Tips:

  • Agar gelembung tidak mudah pecah, tambahkan sirup jagung ke dalam larutan sabun.
  • Agar gelembung tidak pecah saat ditangkap, basahi jemari tangan dengan sabun.
     

2. Membuat Telepon dari Gelas Plastik

Si kecil pasti sudah familiar dengan ponsel yang Mam dan Pap gunakan sehari-hari. Maka itu, ia pasti akan takjub ketika mengetahui bahwa ia juga bisa “menelepon” menggunakan gelas plastik bekas.

Bahan-bahan:
2 buah gelas plastik bekas, cuci bersih
Seutas benang tebal sepanjang 2-5 meter
1 buah jarum untuk membolongi gelas

Cara membuat:
Lubangi bagian dasar kedua gelas menggunakan jarum. Masukkan benang ke dalam lubang tersebut, lalu ikat kuat ujungnya yang berada di dalam gelas agar benang menempel kuat. Lakukan langkah yang sama pada gelas yang lain. Telepon gelas pun siap digunakan!

Tips: telepon baru dapat berfungsi dengan baik jika tali tertarik kencang.
 

3. Melukis Pada Permukaan Susu

Susu ternyata bisa digunakan sebagai alat bantu untuk menciptakan eksperimen seru. Si kecil pasti akan takjub saat melihat apa yang terjadi pada eksperimen ini.

Bahan-bahan:
Susu putih cair
Sabun pencuci piring cair
Macam-macam pewarna makanan
Cotton bud
Piring
Wadah kecil

Cara membuat:
Tuang sabun pencuci piring ke dalam wadah kecil. Tuang susu ke dalam piring. Teteskan pewarna makanan pada beberapa titik permukaan susu. Ambil cotton bud, celupkan pada wadah berisi sabun pencuci piring, lalu celupkan ke dalam susu. Akan terlihat susu bergerak menjauh dari penyeka kapas sehingga tercipta guratan warna tak beraturan.

Tips: Eksperimen ini bisa menggunakan susu sapi maupun susu kedelai.

Eksperimen yang menyenangkan ini dapat Mam lakukan bersama si kecil untuk mengisi waktu libur sekolahnya. Untuk mengetahui ragam percobaan lainnya yang bisa Mam lakukan bersama si kecil, kunjungi laman ini, ya. Selamat bereksperimen!


Sumber:

  1. chemistry.about.com/od/bubbles/fl/How-To-Make-Unpoppable-Bubbles.htm
  2. youtube.com/watch?v=sqw1RXh3huc
  3. youtube.com/watch?v=bICBH4ITzJA
  4. parenting.com/gallery/easy-science-fair-projects-kids?page=7
  5. https://www.wyethnutrition.co.id/3-eksperimen-seru-untuk-si-ilmuwan-cilik

Artikel Lainnya

Apakah benar setiap anak membutuhkan suplemen harian atau vitamin? Para ahli menjawab “belum tentu”.  Idealnya, anak-anak mendapatkan vitamin melalui diet seimbang dan sehat yang bera...

Ada dua jenis sayuran yang kini di jual dipasaran sayur segar dan sayur beku. Di antara kedua jenis sayuran ini, sayuran beku tidak dianjurkan karena dianggap tidak segar dan memiliki bahan pengawet, ...

Kesehatan sistem pencernaan anak berkaitan erat dengan tumbuh kembangnya. Hal ini dipengaruhi oleh penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk daya tahan tubuh dan pertumbuhan Si Kecil. Oleh karena itu, ...

Apakah  Bunda bertanya-tanya mengapa anak bertubuh pendek, padahal orangtuanya tinggi? Wajar enggak sih tubuhnya yang pendek itu? Sebelum mengambil kesimpulan apa pun, Bunda dan Ayah perlu mel...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................