Kembung Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Rabu, 25 Januari 2017 | 11:07 WIB Penulis : Erni Wulandari


Perut Kembung Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Kembung disebabkan penumpukan gas didalam perut. Meski perut memiliki daya tampung gas. Jika volumenya berlebih dapat menyebabkan gangguan. Biasanya perut akan nampak membuncit, timbul rasa tidak nyaman, bahkan rasa sakit di perut dan dada. Ini terjadi karena gas yang menumpuk di lambung mendesak diagfragma yang membatasi rongga perut dengan rongga dada.
Ada banyak penyebab kembung pada anak, bisa makanan, minumnan, radang lambung dan infeksi lainnya. Bagaimana cara mengatasinya?

Coba langkah berikut Yuk Bunda: 

  • Cari posisi Nyaman 

Cari posisi yang memudahkan anak mengeluarkan udara dari dalam saluran cerna, baik dalam bentuk sendawa atau kentut. Anak dapat dibaringkan dengan posisi telungkup.

  • Beri tupukan atau pijatan

Beri pijatan pada tubuh anak. Utamanya didaerah punggung, seputar perut dan dada. Beberapa tepukan pada bagian punggung juga sangat bermanfaat memancing timbulnya sendawa.

  • Hindari makanan penghasil gas

Beberapa macam makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya gas dilambung. Untuk sementara, hindari konsumsi makanan dan minuman yang dingin, es krim, minuman bersoda, makanan pedas, kacang-kacangan (kacang tanah, kacang polong, buncis) dan kol. Hindari juga aneka produk susu sapi bagi anak yang mengalami intoleransi laktosa. Makanan berlemak dan gorengan juga dapat memicu perut kembung.

  • Beri minuman hangat

Minuman hangat dapat menghangatkan perut yang kembung dan memancing sendawa atau kentut. Gunakan gelas, dengan menggunakan gelas berarti udara yang masuk lebih sedikit volumenya daripada minum melalui sedotan atau dari botol.

  • Jangan tergesa-gesa saat makan dan minum

Ketergesaan menelan akan memperbanyak jumlah gas yang tertelan bersama makanan. Mintalah anak mengunyah makanan secara perlahan hingga lembut. Jangan langsung makan dalam jumlah banyak karena akan membuat organ pencernaan bekerja lebih keras.

  • Tidak makan sambil berbaring 

Berbaring membuat gas di lambung yang masuk selama proses makan dan mencerna sulit keluar dalam bentuk sendawa. 

  • Gunakan obat penghilang gas

Konsumsilah obat-obatan yang dapat mengatasi perut kembung, tentu dengan mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Atau Bunda bisa mencari tahu komposisi yang alami.

 

Artikel Lainnya

Siapa sangka perilaku anak nakal bisa dilihat dari karakter astrologinya. Beberapa karakter khas yang dimiliki zodiak tertentu bisa membuatnya cenderung menjadi anak nakal atau anak penurut. Menget...

Cacingan merupakan salah satu penyakit menular pada anak-anak yang masih menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak berusia 5-10 tahun. Meski ...

Imunisasi gigi mungkin belum terlalu sering Anda dengar dibanding imunisasi penyakit umum lainnya. Padahal, dari tahun ke tahun makin banyak anak yang mengalami penyakit gigi. Data Riskesdas 2018 menu...

Gigi susu atau gigi sulung si kecil sudah mau tanggal. Tapi, ia takut diajak ke dokter gigi untuk mencabutnya. Sementara, Anda sendiri tidak berani membantu melepas giginya lantaran khawatir anak mera...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................