Manfaat Baik Fennel Extract

Rabu, 31 Agustus 2022 | 15:31 WIB Penulis :


Rasa fennel (adas) sering disebut mirip dengan rasa black licorice.

Fennel essential oil (minyak esensial/minyak atsiri adas) dikenal sebagai bahan yang mampu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Minyak adas diproduksi melalui proses destilasi uap biji tumbuhan adas (Foeniculum vulgare).

Minyak esensial ini menyediakan dukungan fenomenal bagi pencernaan serta membantu Anda menemukan keseimbangan dalam diet.

Selain manfaat untuk pencernaan, fennel oil juga membantu mengurangi kejang usus, mencegah gas dan kembung, memiliki efek memurnikan dan efek detoksifikasi, bersifat ekspektoran, membantu meningkatkan aliran ASI, merupakan pencahar alami dan bahkan penyegar mulut!

Manfaat Fennel Essential Oil

1. Mengurangi dan Mencegah Kejang Usus

Kejang pada usus bisa sangat menyakitkan. Kondisi ini menyebabkan batuk, cegukan, kram di daerah usus dan kejang-kejang.

Fennel essential oil diketahui memiliki efek relaksasi pada tubuh, termasuk berfungsi pada otot-otot di daerah usus.

Relaksasi membuat frekuensi dan derita saat mengalami kejang otot usus bisa sangat dikurangi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Department of Pediatrics at St. Petersburg Medical Academy of Postdoctoral Education, Rusia, fennel seed oil terbukti mengurangi kejang usus dan meningkatkan pergerakan sel-sel di usus kecil bayi, khususnya bayi yang mengalami kolik.

Penggunaan emulsi fennel oil diketahui menghilangkan kolik, menurut kriteria Wessel, pada 65 persen bayi, dibandingkan pada 23,7 persen bayi pada kelompok kontrol.

Temuan yang dipublikasikan di Alternate Therapies in Health and Medicine, mencatat terdapat perbaikan kolik pada kelompok perlakuan, sehingga disimpulkan fennel seed oil emulsion membantu mengurangi intensitas kolik pada bayi.

2. Mengandung Sifat Antioksidan dan Antimikroba

Fennel essential oil memiliki kandungan senyawa antioksidan tinggi yang sekaligus memiliki sifat antimikroba.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Flavour and Fragrance Journal meneliti aktivitas fennel essential oil.

Hasil analisis menunjukkan terdapat sekitar 23 senyawa yang memiliki kandungan fenolik dan bioflavonoid tinggi.

Hal Ini berarti minyak adas mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan memiliki aktivitas antimikroba untuk melawan beberapa jenis bakteri dan jamur patogen.

3. Meredakan Gas dan Sembelit

Sementara banyak sayuran dapat menyebabkan kram perut, gas dan perut kembung, terutama ketika dimakan mentah, fennel oil essential oil memiliki fungsi sebaliknya.

Fennel essential oil dapat digunakan untuk membersihkan perut, meringankan sembelit, serta menyingkirkan gas dan kembung.

Lebih jauh, minyak adas membantu menghilangkan pembentukan gas lebih lanjut.

Jika Anda memiliki masalah gas kronis, fennel oil mungkin bisa memberikan bantuan.

Anda dapat menambahkan satu atau dua tetes minyak esensial adas pada teh untuk meringankan gas dan ketidaknyamanan pada perut.

4. Mengurangi Masalah Pencernaan

Terdapat banyak tumbuhan yang memiliki kemampuan membantu pencernaan dan meringankan irritable bowel syndrome (IBS).

Tumbuhan tersebut memiliki berbagai karakteristik umum, seperti pahit, sangat aromatik dan berbau agak tajam. Giner (jahe), peppermint, anise (adas manis) dan chamomile adalah beberapa contoh, di samping tentunya fennel (adas).

Fennel essential oil dianggap memiliki keuntungan karena bersifat mudah menguap sehingga memberikan bantuan lebih cepat.

Seperti disebutkan sebelumnya, minyak esensial adas membantu meringankan gas, kembung dan sembelit, tetapi juga dapat membantu menghilangkan diare.

Selain itu, fennel essential oil dikenal sebagai anethole yang diyakini bisa menjadi substansi pelawan kanker.

Fennel bekerja dengan mencegah aktivasi “gen yang memicu aktivasi senyawa pemicu peradangan yang terkait dengan kanker dan dikenal sebagai NF-kappaB.”

Untuk mengurangi masalah pencernaan, gosokkan dua tetes minyak adas yang telah dicampur dengan carrier oil pada perut.

 

Source : https://www.bladjar.com/

 

Artikel Lainnya

Jika bayi baru lahir atau berusia di bawah 5 bulan mengalami rewel seusai imunisasi, cobalah metode yang disebut "5 S" segera setelah dia mendapat vaksin. Ini adalah: Membedo...

Seberapa Penting Konsumsi Suplemen Vitamin untuk Anak? Pada dasarnya, pemberian suplemen hanya wajib diberikan pada anak yang kurang mendapatkan nutrisi dari asupan makanan sehari-hari. Makanan yan...

  Zaman sekarang, gadget adalah barang yang sulit dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Tak terkecuali dengan Si Kecil, yang seringkali dapat hiburan dari bermain gadget. Menurut ps...

Sebaiknya anak-anak yang belum akil baliq berpuasa setengah hari saja, atau boleh berpuasa penuh? Bagaimana pengaruh puasa terhadap tumbuh-kembang mereka? Dalam Islam, puasa berarti tidak mengonsum...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................