Manfaat Pentingnya Tidur Untuk Kesehatan Anak

Selasa, 14 Februari 2017 | 09:43 WIB Penulis : Erni Wulandari


Hindari mengganggu kepulasan tidur balita karena gangguan Bunda bisa membuatnya tidak akan memperoleh manfaat tidur yang penting untuk kesehatannya. Berikut 6 manfaat jika naak bisa tidur pulas :

1. Lebih bahagia 
Anak yang tidur cukup akan lebih bahagia. Sebab menurut penelitian di University of Massachusetts, AS kehilangan setengah jam waktu tidur secara teratur menyebabkan peningkatan perasaan depresi dan rendah diri di antara sekelompok anak usia sekolah, jadi jangan heran kalau si kecil akan uring-uringan sepanjang hari kalau kurang tidur.

2. Jantung sehat
Dengkuran si kecil kerap dianggap karena ia kecapaian. Padahal menurut penelitian terbaru di Australia, anak yang mendengkur, ringan sekali pun, memiliki tekanan darah dan detak jantung lebih tinggi di banding anak yang tidak mendengkur. Para peneliti menduga salah satu penyebab mendengkur pada anak-anak ini adalah karena sering terbangun di malam hari.

3. Berat badan ideal 
Balita yang memiliki waktu tidur kurang dari 12 jam sehari memiliki kemungkinan hingga 2 kali lebih banyak untuk kelebihan berat badan pada usia 3 tahun dibandingkan mereka yang waktu tidurnya lebih dari 12 jam. Demikian hasil penelitian Harvard Medical School, AS. Studi lain menemukan setiap tambahan jam tidur anak-anak, melampaui jam tidurnya yang dianjurkan bisa menurunkan resiko kelebihan berat badan sebesar 9%.

4. Otak lebih encer
Dengan tidur yang cukup, anak akan menggunakan 3 atau 4 area otak untuk menyelesaikan tugas, yang melewati jadwal tidur dan tingkat respon anak usia 4-8 tahun. Tapi kurang tidur membuat otak kurang terkoordinasi dan efisien. Melewatkan hanya 1 jam tidur setiap malam selama seminggu bisa menurunkan kemampuan konsentrasi pada anak.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh 
Studi pada orang dewasa menunjukan, tidur malam kurang dari 8 jam sehari bisa membuat mereka 3 kali lebih rentan terkena flu. Dan ternyata hal yang sama juga bisa terjadi pada anak-anka yang kurang tidur, demikian kata Jodi Mindell direktur asosiasi Sleep Center di The Childrens Hospital of Philadelphia, AS.

6. Mengurangi resiko cedera 
Jika si kecil sering terjatuh, coba Bunda ingat-ingat apa dia menikmati waktu tidur yang berkualitas? Sebab ternyata anak yang lelah karena kurang tidur beresiko 2 kali lebih banyak utnuk mengalami cedera atau kecelakaan di banding teman mereka yang segar karena cukup tidur. 

Artikel Lainnya

Bertambahnya usia si kecil, pemilihan makanan pun ikut berubah. Jika sebelumnya si kecil makan masakan rumah yang Bunda sediakan, kini si kecil jadi lebih suka makan makanan instan atau jus buah kemas...

Tidak hanya di sekolah, kegiatan montessori juga bisa dilakukan di rumah, lho. Berikut ide aktivitas atau permainan berbasis prinsip Montessori yang Ayah Bunda bisa praktikkan bersama anak:   ...

Semakin anak mama bertumbuh, semakin tinggi pula kecenderungan anak untuk melakukan berbagai hal yang sebenarnya tidak patut untuk dilakukan. Salah satunya adalah kebiasaan suka berteriak pada Mama ma...

Di usia balita, kemungkinan besar si Kecil pernah satu kali, atau bahkan lebih dari sekali, mengalami mimisan. Sebagian anak malah mengalaminya beberapa kali dalam seminggu. Kondisi ini sebena...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................