Makanan Yang Bisa Menenangkan Anak

Rabu, 01 Maret 2017 | 10:15 WIB Penulis : Erni Wulandari


Seperti yang di kutip www. happysciencemom.com, makanan-makanan berikut ini terbukti mampu menenangkan anak dan membuatnya merasa relaks. Mulailah masukan makanan ini dalam daftar menu sehat untuk balita.

1. Jeruk dan makanan yang mengandung vitamin C
Selain memperkuat daya tahan tubuh, vitamin C juga dikenal bisa menurunkan tingkat kortisol atau hormon sters. Hormon ini diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami sters. Vitamin C juga berguna melawan kerusakan sel otak akibat kortisol. Tekanan darah dan kadar kortisol akan kembali normal saat mengonsumsi vitamin C. Selain jeruk, makanan lain yang kaya akan vitamin C adalah mangga, berbagai jenis buah beri, sayuran hijau, brokoli, kubis, serta paprika merah dan hijau.

2. Almond 
kalau si kecil tidak alergi terhadap kacang-kacangan, almond bisa jadi bagian dari camilannya karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bisa mengurangi sres, yaitu :
- Vitamin E : melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stres
- Vitamin B : membuat tubuh kuat selama stres
- Zinc : membantu menjaga suasana hati
- Besi : mengurangi kelelahan pada otak yang dapat meningkatkan kecemasan 
- Magnesium : mengurangi stres

3. Ikan yang mengandung omega-3
Ikan-ikan seperti salmon, tuna, sarden dan teri mengandung asam lemak Omega-3 yang mampu mencegah lonjakan hormon stres dan meningkatkan mood anak. Moenurut Jonathan Davidson dan Henry Dreher, penulis The Anxiety Book, kekurangan asam lemak Omega-3 di otak bisa berdampak pada gangguan kecemasan. 

4. Daging dan makanan lain yang mengandung triptofan
Apa yang Bunda rasakan setelah menyantap daging ayam atau daging sapi ? Apakah mengantuk ? Itu karena zat triptofan yang terkandung di dalamnya sedang bekerja. Triptofan merupakan asam amino yang dikenal menghasilkan zat kimia seperti serotnin di otak yang membuat kita merasa relaks. Selain daging, makanan lain yang juga mengandung triptofan adalah susu, pisang, keju, telur, keledai dan kacang-kacangan.

5. Gandum
Karbohidrat kompleks yang ada dalam gandum dapat meningkatkan level serotonin di otak yang bisa membantu anak merasa relaks dan tenang. Zat ini juga menstabilkan gula darah. Rendahnya gula darah bisa menyebabkan kecemasan. Selain itu gandum mengandung magnesium. Munculnya kecemasan disebabkan oleh kekurangan magnesium dalam tubuh. Sumber makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks adalah : oatmeal, beras merah, roti gandum, pasta dan sereal.

 

Artikel Lainnya

Bunda pasti pernah kesulitan menyisir rambut anak.  Ada satu kondisi yang di kenal dengan uncombable hair atau sindrom rambut sulit disisir yang kerap terjadi pada anak perempuan di masa kanak-k...

Tahukah Millennial Parents bahwa anak-anak dengan tahun lahir 2011-2020 termasuk Generasi Alfa? Hal tersebut diungkapkan oleh McCrindle, lembaga peneliti dan ahli komunikasi di Australia. Menurut McCr...

Bersiap-siap Bayi tidak betah berlama-lama memakai popok basah atau kotor. Agar Ibu lebih mudah dan cepat menggantinya, pastikan semua perlengkapannya ada di dekat Ibu. Antara lain: - Kapas/ tisu ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................