Anak Suka Ngemil

Jumat, 31 Maret 2017 | 17:11 WIB Penulis : Erni Wulandari


Tidak apa, kok, Bunda, jika memberikan si kecil camilan, ketika ia mengeluh lapar sebelum jam makan siang atau makan malam. Malah, jadwalkan saja pemberian camilan itu, dengan porsi yang tidak berlebihan. Pemberian camilan yang tidak terjadwal justru memicu perilaku makan yang buruk pada anak, dan porsi camilan yang berlebihan akan membuat si kecil merasa kekenyangan saat jam makan. Alhasil, ia pun menolak makan siang atau makan malam.

Hindari pula memberikan camilan yang hanya berisi gula atau cokelat saja. Menurut sebuah studi di Amerika, sebanyak 86% batita mengonsumsi satu jenis camilan yang tidak bergizi dalam sehari, berupa camilan asin atau manis, minuman manis, dan permen.

Di bawah ini adalah tip dari dr. Klara Yuliarti, Sp.A, seperti dilansir dari www.idai.or.id, untuk pemberian camilan kepada si kecil:

  1. Sediakan camilan yang bergizi, yaitu yang mengandung karbohidrat, protein, lemak secara seimbang, namun dengan porsi lebih kecil dibandingkan makanan utama. Misalnya, bubur kacang hijau, sandwich keju mini, roti selai kacang, puding susu, lemper, risoles, pastel, dan makaroni panggang.
  2. Siapkan camilan dalam porsi-porsi kecil dan tampilan yang menarik agar anak tertarik menyantapnya dan tidak memilih camilan kemasan.
  3. Pastikan camilan aman, bebas dari bahan tambahan pangan yang berbahaya. Bahan tambahan yang dilarang oleh BPOM adalah asam borat, asam salisilat, dietilpirokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, dan formalin. Pewarna tekstil, seperti rhodamin B, sering pula ditemukan pada kerupuk dan jajanan anak. Mengonsumsi makanan yang mengandung formalin atau rhodamin dapat menyebabkan kerusakan organ dalam tubuh dan kanker.
  4. Camilan harus diolah dan disajikan secara higienis.
  5. Hindari menyimpan makanan yang tidak bergizi di lemari atau kulkas, misalnya permen atau keripik.
  6. Untuk anak dengan status gizi lebih atau obesitas, camilan juga merupakan sarana mengontrol asupan kalori. sambil tetap mempertahankan rasa kenyang. Berikan camilan berupa buah potong (bukan jus buah). Bila anak minum susu, berikan susu rendah lemak atau tanpa lemak untuk anak usia di atas 2 tahun.
  7. Biasakan hanya minum air putih. Hindari kebiasaan minum minuman manis. seperti teh manis, teh dalam kemasan, susu kental manis, minuman berperisa, jus buah yang ditambah gula, atau minuman bersoda.

Artikel Lainnya

Banyak faktor yang memengaruhi oleh tumbuh kembang anak. Mulai dari nutrisi yang ia dapat hingga stimulus yang didapatkan dari sekitarnya. Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan peran ayah dal...

Salah satu cara mendidik anak ialah dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang baik baginya. Namun kadangkala, kata-kata orang tua tanpa disadari justru melukai anak dan berdampak buruk untuknya. Apabila...

Keamanan digital keluarga selalu menjadi kekhawatiran orang tua, dan saat ini hal tersebut semakin penting untuk diperhatikan setelah sekolah online menjadi cara belajar-mengajar yang utama....

Moms, sadar gak sih ternyata kebiasaan sehari-hari Moms terhadap Si Kecil kerap membentuk habit mereka juga? Nah untuk itu, yuk dimulai dari sekarang ajari kebiasaan-kebiasaan yang baik ini ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................