Jangan Terkejut, Ini 8 Perubahan Tubuh Setelah Melahirkan

Selasa, 24 Oktober 2017 | 09:19 WIB Penulis : Erni Wulandari


Setelah sembilan bulan beradaptasi dengan berat badan melonjak selama hamil dan bayi lahir, Bunda masih akan beradaptasi lagi dengan perubahan. Jangan kaget, Bunda akan melihat beberapa perubahan pada bagian rambut, kulit, kaki. Ini normal, kok!

- Ukuran cup bra Bunda membesar karena payudara Bunda membesar. Lazimnya tiga hari setelah melahirkan, kelenjar air susu dipenuhi ASI. Jangan pikirkan proporsi tubuh Bunda yang jadi aneh, terima saja bila payudara Bunda membesar dua nomor. Selesai masa menyusui, Bunda bisa mengenakan kembali ukuran lama Anda.

- Ada bercak di wajah, padahal selama hamil kulit wajah Bunda mulus dan berkilau. Adanya freckles atau melasma memang sangat mengganggu. Wajah jadi tampak kotor. Tapi kabar gembiranya, hormon Bunda kembali normal, Bunda bisa melakukan perawatan wajah.

- Ukuran kaki membesar satu sampai dua nomor. Ini kelanjutan dari kehamilan. Selama hamil tubuh Bunda menyimpan banyak cairan. Cairan dan darah memang diperlukan untuk menopang kehamilan. Setelah melahirkan, cairan itu menyebar ke mana-mana, sampai ke kaki. Tak usah sedih, beli saja sepatu baru. Cairan itu pun akhirnya akan hilang dan kaki Bunda akan kembali pada ukuran normal.

- Pusar Bunda menghilang. Pusar kebanggaan Bunda yang menonjol akibat tekanan uterus, kini lenyap. Setelah bayi lahir, uterus kembali ke ukuran semula sehingga tekanan pada pusar pun lenyap.

- BAB lebih lancar karena selama hamil kerja organ pencernaan melambat. Pascamelahirkan Bunda masih mengalami konstipasi, tapi dengan mengonsumsi banyak cairan, BAB akan kembali normal.

- Rambut rontok. Rambut di kepala kita tumbuh dan rontok setiap 90 hari. Rambut rontok terjadi tiga bulan setelah melahirkan. Selama Anda menyusui, kadar estrogen akan menurun. Setelah selesai menyusui estrogen akan kembali normal dan rambut Bunda tumbuh kembali.

- Sering ngompol sedikit saat tertawa, batuk atau bersin. Setelah melahirkan otot pelvic melemah, mengakibatkan Bunda sulit menahan urin. Tenang, ini akan berakhir enam bulan setelah Bunda melahirkan. Latihan kegel akan mengembalikan kekuatan otot pelvic.

- Buang angin tak tertahankan. Ini efek samping melahirkan yang juga memalukan. Gas di dalam perut Bunda sulit dikendalikan, dan bebas keluar. Sobekan pada perineum saat Bunda melahirkan secara normal dapat melukai sedikit otot di dekat anus. Agar tidak sering terjadi, jaga makanan Bunda, hindari makanan yang menimbulkan gas.

 

 

Artikel Lainnya

Mungkin Moms setuju kalau membuat Si Kecil duduk dan makan dengan tenang bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Kita bahkan kadang harus berdebat dulu, melewati rangkaian tangis dan rengekan sebelum ak...

Anak sudah berusia 7 tahun. Bagi beberapa orang tua, terlebih yang memiliki anak perempuan, inilah saat yang cukup mendebarkan menanti kapan ia akan mendapatkan menstruasi pertamanya. Terlebih, mengin...

Mengurangi kerepotan Bunda di pagi hari, ide bekal anak ini bisa jadi inspirasi. * Bawa buah dan sayur, yuk! Aneka potongan buah segar dan sayuran rebus juga asyik dijadikan bekal. Bisa memilih ...

Moms, Anda harus teliti mencari rekomendasi deodoran khusus untuk anak. Sebab, jika produk yang diberikan tidak tepat, bisa berpengaruh ke keseharian bahkan kepercayaan diri anak. Ya, seiring denga...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................