Rambut Kusut Pada Anak

Kamis, 25 Januari 2018 | 11:29 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ternyata rambut si kecil yang kusut tidak hanya menyebabkan rasa sakit pada kepala si kecil saat disisir tetapi juga membuat waktu yang terbuang cukup banyak. Bayangkan saja ketika pagi hari si kecil harus disisirkan rambutnya sebelum berangkat sekolah, untuk merayunya diajak bersisir saja memakan waktu lama. Apalagi saat menyisir rambutnya yang kusut butuh waktu yang lama agar rambut si kecil rapih. Mulailah dengan mengatasi kekusutan di ujung rambut dan perlahan-lahan meningkat mendekati akar rambut. Nih bun, ada beberapa tips untuk mengatasi rambut si kecil agar tidak kusut lagi.

  • Keramas

Biasakan melakukan keramas 3 kali dalam satu minggu. Keramas dapat membersihkan rambut dari kotoran sehingga kotoran yang dapat membuat rambut kusut dapat hilang dan tidak menempel di rambut. Jangan biasakan si kecil berkeramas setiap hari karena detergen yang terkandung di dalam shampoo tidak baik jika digunakan setiap hari.

  • Menggunakan Kondisioner

Kekusutan parah kemungkinan disebabkan kondisi rambut yang terlalu kering. Kondisioner ini memiliki efek pelembab alami yang berguna mengurangi kekusutan. Untuk mengatasi hal ini, gunakan kondisioner cair setelah keramas. Usahakan kondisioner yang digunakan satu merk dengan shampoo karena biasanya mereka sudah saling melengkapi satu sama lain. Atau bisa juga dengan kondisioner spray yang digunakan setelah keramas.

  • Menggunakan Detangling Spray

Memaksa menyisir rambut kusut tidak hanya menyakitkan, melainkan juga berpotensi merusak rambut dan tidak efektif. Bunda bisa menyemprotkan “detangling spray” sebelum menyisir rambut si kecil. Spray ini bertindak seperti pelumas yang akan membuat usaha memperbaiki rambut kusut berjalan lebih mudah.

  • Jangan Menggosok Rambut dengan Handuk

Menggosok rambut dengan handuk terlalu keras akan menyebabkan kekusutan. Setelah keramas, tekan-tekan rambut untuk memeras kelebihan air. Setelah itu, bungkuskan handuk di kepala seperti sorban untuk menyerap air yang masih tersisa.

  • Memakai Topi Tidur

Gerakan kepala saat tidur berpotensi membuat rambut kusut saat si kecil bangun di pagi hari.
Untuk meminimalkan masalah, sisir rambut sebelum tidur. Setelah itu, gelung rambut dan kenakan topi tidur. Topi tidur membuat rambut tidak berantakan sehingga mencegah kusut.

 

Sekarang bunda bisa menyisir rambut si kecil tanpa membuang banyak waktu. Rambut si kecil dapat disiisir dengan lembut bagian demi bagian hingga semua kekusutan terurai.

*Diambil dari berbagai sumber

Artikel Lainnya

Tindakan balita yang masih tak terkontrol terkadang membuat Bunda 'gemas'. Tanpa sadar, terkadang Bunda pun kelepasan membentaknya untuk menunjukkan sisi tegas Bunda. Menurut Dr. Ming-Te Wang,...

Di era globalisasi dan perkembangan zaman seperti sekarang, bukan hal yang asing lagi saat anak mulai menggunakan teknologi sebagai media bermain. Inilah pentingnya peran orang tua dalam menghada...

Tahun lalu, pemerintah telah menggelar vaksinasi MR untuk anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di seluruh Pulau Jawa. Kini giliran Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Bali, Maluku dan P...

Pada usia 3-4 tahun si kecil makin lancar bicara. Sekarang dia sudah pandai menyusun satu kalimat yang terdiri lebih dari 3 kata. Ayo, ajarkan si kecil bicara aturan-aturan berbicara berikut ini: ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................