Atasi Gigitan Nyamuk Pada Kulit Bayi

Kamis, 25 Januari 2018 | 15:00 WIB Penulis : Erni Wulandari


Gigitan nyamuk pada kulit bayi bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Selain  gatal, kulit bayi menjadi bentol-bentol, tidak mulus. Bagaimana cara mengatasinya?

Walaupun tampaknya sepele, namun gigitan nyamuk bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Rasa gatal bisa membuat tidur bayi terganggu, dan akhirnya membuat bayi menangis. Segera atasi dengan benar, Bunda, agar rasa gatal dan ketidaknyamanannya segera teratasi.

Bedak. Untuk menyiasati gigitan nyamuk tidaklah susah. Bunda bisa memberikan bedak yang mengandung mentol pada bekas gigitan yang memerah di kulit bayi. Bedak dengan senyawa mentol ini akan memberikan efek dingin, yang dapat mengurangi rasa gatal pada bayi.

Namun, jangan terlalu banyak menggunakan bedak mentol. Cukup ditaburi di kulit bayi yang digigit nyamuk saja. Dan bila bekas gigitan nyamuk banyak, sebaiknya segera bawa bayi ke dokter. Bila perlu, dokter akan memberinya obat antiradang.

Mencegah selalu lebih baik. Sebelum bayi digigit nyamuk, lebih baik jika Bunda mencegah nyamuk masuk ke rumah Bunda. Caranya dengan selalu menjaga dan memerhatikan kebersihan lingkungan rumah. Selain itu, Bunda juga bisa:

  • Pasang kelambu di atas boks bayi, atau menutup bayi dengan penutup yang bentuknya mirip tudung saji yang sekelilingnya dilapisi kelambu.
  • Selimuti tubuh bayi, atau kenakan baju lengan panjang dan celana panjang.
  • Halau nyamuk yang masuk ke kamar tidur bayi dengan obat nyamuk semprot (yang aman) minimal satu jam sebelum bayi tidur, atau dengan menggunakan obat anti nyamuk listrik (letakkan minimal 5 meter dari boks bayi).
  • Pasang kawat anti nyamuk pada setiap ventilasi kamar maupun ruangan lainnya.

Setelah melakukan berbagai pencegahan, tetap pantau kondisi bayi, karena bukan tak mungkin ada nyamuk yang 'lolos' dari upaya Bunda tersebut.

 

Sumber : Ayahbunda

Artikel Lainnya

Kesempatan bermain dengan bebas akan mendorong perkembangan yang sehat bagi si kecil. Ternyata ketika si kecil menggunakan imajinasi saat bermain, mereka akan lebih kreatif, tampil lebih baik di ...

Di usia balita, kemungkinan besar si Kecil pernah satu kali, atau bahkan lebih dari sekali, mengalami mimisan. Sebagian anak malah mengalaminya beberapa kali dalam seminggu. Kondisi ini sebena...

Tahukah Bunda, bahwa merawat gigi susu sejak dini dengan baik dan benar berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan kesehatan gigi tetap anak di masa depan?   Menurut Drg. Annisa Rizki Amalia, S...

Gigi berlubang menjadi salah satu masalah yang kerap dialami anak-anak. Anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang karena enamel pada gigi susunya yang lebih lemah dibandingkan enamel pada g...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................