Mudah! Cara untuk Membiasakan Anak Berani Tidur Sendiri di Kamarnya

Selasa, 11 Desember 2018 | 08:46 WIB Penulis : Erni Wulandari


Semakin bertambahnya usia Si Kecil, menandakan jika ia mulai tumbuh dewasa, dan ini pun menjadi pertanda Si Kecil harus tidur sendiri tanpa orangtua. Memang bukan hal yang mudah untuk membuat Si Kecil mau tidur di kamarnya sendiri, tapi Moms tetap harus melakukannya sebagai bentuk untuk melatih kemandiriannya. Umumnya Si Kecil sulit untuk tidur di kamar sendiri karena ia takut tidur sendiri tanpa ditemani Moms dan Dads. Dengan demikian, untuk menghilangkan rasa takut tidur sendiri pada Si Kecil, Moms harus melatihnya setiap hari dan berikan pengertian pada Si Kecil. Jika saat ini Moms sedang mengalami masalah seperti itu, berikut tips agar Si Kecil berani tidur sendiri di kamarnya :

Terapkan rutinitas tidur

Menerapkan rutinitas tidur dapat membantu Si Kecil untuk memahami bahwa dalam waktu tertentu, mereka sudah saatnya tidur. Rutinitas tidur yang dapat Moms dan Si Kecil lakukan yaitu bersih-bersih seperti cuci tangan dan kaki serta gosok gigi, dan membacakan dongeng. Moms harus lakukan ini secara konsisten pada Si Kecil, dan temani Si Kecil saat melakukannya, bahkan hingga Si Kecil terlelap tidur di kamarnya. Setelah Si Kecil tidur, Moms bisa tinggalkan Si Kecil sendirian di kamarnya.

 

Pastikan jadwal yang kondusif

Dengan selalu memastikan jadwal tidur yang kondusif, maka Si Kecil akan tidur nyenyak tanpa terbangun di tengah malam. Jika Si Kecil bangun dari tempat tidur selang beberapa menit setelah berbaring, bisa jadi mereka belum ngantuk sepenuhnya. Sesuaikan jadwal tidur Si Kecil setiap harinya, maka ia akan tidur sampai pagi dan tidak bangun di tengah malam kemudian pindah ke kamar Moms dan Dads.

 

Beri hadiah

Membiasakan memberi hadiah memang tidak baik dilakukan, tapi jika Moms memberikan sebuah tantangan terbaru untuk Si Kecil, tidak ada salahnya untuk memberi hadiah. Tapi, hadiah ini tidak Moms berikan setiap hari, Moms bisa mengakalinya dalam waktu satu minggu ketika Si Kecil mau tidur di kamar sendiri. Hadiah yang Moms berikan bukan hanya dalam wujud barang, tapi bisa dengan mengajak Si Kecil bermain atau berlibur bersama keluarga.

 

Atur waktu buka dan tutup pintu kamar anak

Banyak balita yang tidak suka tidur dengan keadaan pintu tertutup, sehingga Moms bisa mengatur waktu kapan pintu tetap terbuka dan harus ditutup. Moms bisa mulai dengan membiarkan pintu terbuka setengah, dan beri tahu Si Kecil bahwa pintu kamar akan tetap terbuka jika ia tetap tidur nyenyak sampai pagi di kamarnya sendiri. Namun, apabila Si Kecil bangun di sela-sela tidurnya, maka Moms bisa memberikan sedikit konsekuensi karena Si Kecil tidak tidur nyenyak sampai pagi dengan cara menutup sedikit pintu kamar Si Kecil. Lalu apabila Si Kecil terlalu sering bangun, maka pintu akan tertutup dalam jangka waktu yang Moms tentukan. Setelah melewati jangka waktu itu, Moms bisa buka pintu kamar dan jelaskan pada Si Kecil jika ia harus bisa tidur sendiri di kamar.

 

Keluar kamar Si Kecil diam-diam

Setelah Moms menemani Si Kecil tidur di kamarnya dan terlihat ia sudah mulai terlelap, Moms bisa meninggalkan Si Kecil sendirian dengan bergerak perlahan agar Si kecil tidak bangun. Atau apabila Si Kecil tidur di kamar Moms dan Dads, Moms bisa memindahkan Si Kecil yang tidur ke kamarnya sendiri dengan cara perlahan.

 

 

Sumber : nakita.grid.id

Artikel Lainnya

Batuk merupakan salah satu penyakit langganan pada anak-anak. Sebenarnya batuk merupakan mekanisme alami tubuh untuk mendorong keluar produksi lendir yang berlebihan di saluran napas. Biasanya da...

Sebelum menuju rekomendasi produk, kami akan memberikan beberapa cara memilih suplemen vitamin yang sesuai kebutuhan anak. Simak pemaparannya berikut ini! Kenali Jenis Vitamin yang Mendukung Tumbuh...

Retinoblastoma atau kanker bola mata merupakan jenis kanker anak yang paling banyak penderitanya, setelah kanker darah atau leukemia. Meski begitu, retinoblastoma merupakan satu-satunya kanker anak ya...

Apa yang biasanya Bunda lakukan untuk melatih perkembangan bahasa anak? Mengajak anak berbincang-bincang merupakan salah satu cara paling mudah untuk menstimulasi kemampuan bahasanya. Dikutip dari The...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................