Bingung Menghadapi Anak Susah Makan? 8 Trik Jitu Ini Bisa Moms Coba

Rabu, 19 Desember 2018 | 16:03 WIB Penulis : Erni Wulandari


Pertumbuhan dan perkembangan yang tepat untuk Si Kecil harus ditunjang dengan asupan makanan yang sehat. Saat Si Kecil makan dengan lahapnya, sebagai orang tua pasti sangat senang melihatnya. Namun, bagaimana bila Si Kecil menolak dan susah makan ya Moms? Hal ini pasti membuat kita khawatir dan bingung, bahkan terkadang hilang kesabaran dalam menghadapinya.

Untuk menyiasatinya, biasanya Moms pun akan melakukan berbagai cara agar si Kecil mau kembali makan, salah satunya seperti memberi makananyang mereka sukai. Tetapi, jika cara tersebut tidak berhasil Moms tidak perlu cemas. Dilansir dari laman healthyfoodhouse.com, ada beberapa trik jitu yang bisa dicoba pada anak, simak yuk Moms:

1. Libatkan anak dalam membantu menyiapkan makanan. Anak-anak berusia dua tahun biasanya senang bereksplorasi. Meski nantinya dapur Moms berantakan, namun dengan mengajaknya memasak di dapur dan melakukan persiapan sebelum makan dapat menjadi cara agar anak mau makan.

2. Jika anak-anak membuat meja makan Moms kotor, sebaiknya jangan memarahi mereka. Ini bisa menjadi cara Moms agar anak mau menghabiskan makanannya.

3. Ada baiknya jangan memaksa anak untuk makan jika ia terlalu lelah. Biarkan anak istirahat dahulu, kemudian kembali tawarkan makan saat Si Kecil bangun. 

4. Moms tentu tidak sabar ketika melihat anak menolak makanannya, bahkan saat ia mulai mengangkat mangkuk sebagai tanda tidak mau makan.Namun jangan langsung emosi Moms, karena akan membuat anak semakin sulit untuk makan.

5. Cara lain membuat anak mau makan dengan mencoba membuat menu makanan baru. Beri anak sayuran dari berbagai warna dan bentuk yang berbeda, karena biasanya anak-anak suka sesuatu di luar kebiasaan.

6. Bila anak tidak mau makan bubur dengan sayuran brokoli, jangan langsung menawarkan hidangan yang anak sukai, karena ia akan belajar bagaimana cara untuk membohongi Moms.

7. Pastikan Moms selalu gigih dan konsisten dalam menghadapi anak untukmakan. Walau butuh kesabaran, namun hanya dengan cara ini pada akhirnya Moms bisa membujuk anak makan.

8. Cobalah membuat waktu makan menjadi menyenangkan. Tidak perlu membawa banyak mainan di atas meja, tetapi isi waktu dengan cerita maupun lagu agar suasana semakin mencair.

 

 

Sumber : nakita.grid.id

Artikel Lainnya

Meningitis adalah kondisi pembengkakan selaput otak karena infeksi. Pembengkakan selaput otak karena infeksi, penyebabnya bisa jadi karena bakteri, virus, jamur atau patogen-patogen lain. Pada an...

Squishy, mainan remas yang terbuat dari spons (berbahan material Polyurethane) ini sebenarnya bukan barang baru, sudah ada sejak tahun 1937. Diciptakan secara tidak sengaja oleh ilmuan berkebangsaan G...

Kesehatan gigi dan mulut yang terjaga sejak dini dapat memberikan dampak besar pada kehidupan Si Kecil. Selain tumbuh lebih sehat karena berkurangnya risiko terjangkit penyakit-penyakit tertentu, kond...

Sifat penyayang ternyata tidak dapat tumbuh begitu saja. Bunda perlu mengajari si kecil untuk menjadi penyayang melalui beberapa cara berikut.   Jadi Role Mode Menurut Christine Car...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................