7 Langkah Lindungi Anak dari Flu di Musim Pancaroba

Rabu, 09 Januari 2019 | 09:27 WIB Penulis : Erni Wulandari


Bila sudah memasuki musim pancaroba seperti ini, anak-anak sudah pasti menjadi target incaran virus influenza. Apalagi kalau teman-temannya sudah mengalami flu. Aduh, semakin cemas ya Moms.

Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), anak-anak di bawah usia 5 tahun termasuk kelompok yang berpotensi tinggi mengalami flu musiman. Ini memang penyakit yang tidak berbahaya dan umum terjadi pada anak-anak. Namun, begitu flu, tubuh anak-anak akan lemas dan susah makan. Alhasil berat badan mereka bisa merosot.

Untuk melindungi anak dari flu di musim pancaroba seperti ini, yang perlu Moms lakukan adalah:

1. Berikan Makanan Bernutrisi

Penuhi kebutuhan nutrisinya untuk menjaga agar anak tetap fit. Berikan makanan dengan komposisi sehat seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, serta sayur, dan buah. Ini dapat menjaga imunitas tubuhnya.

2. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah

Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan terbaik dalam menjaga daya tahan tubuh anak karena mengandung banyak air dan vitamin. Pilihlah buah yang kaya kandungan vitamin C dan antioksidan seperti jeruk, kiwi, atau mangga.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan

Jangan hanya karena hujan sudah mulai datang dan cuaca tidak lagi gerah, anak jadi mengesampingkan rasa haus. Pastikan anak Anda mendapatkan cukup cairan, yakni 2 liter dalam sehari. Bisa dari air putih dan buah-buahan.

4. Menjaga Kebersihan

Pastikan ia selalu menjaga kebersihan. Ajarkan si kecil untuk selalu mencuci tangan sehabis buang air, mau makan, dan selesai makan, atau sehabis bermain di luar. Cuci tangan terbukti ampuh untuk mematikan pertumbuhan kuman dan bakteri di tangan.

5. Aktivitas Fisik yang Cukup

Hujan tiba juga bukan berarti membuat aktivitas fisik si kecil menurun. Anda tetap bisa mengontrol aktivtas fisiknya dengan mengajaknya pemanasan ringan di rumah, menari acak, atau main lompat tali.

6. Perlindungan Masker

Saat mengajak si kecil keluar dan berada di lingkungan yang sudah ketahuan ada yang terkena flu, biasakan ia menggunakan masker. Pilih masker bergambar lucu agar si kecil pun tertarik memakainya.

7. Gunakan Pure Kids Inhalant Decongestant Oil

Pure Kids Decongestant Oil merupakan aromaterapi untuk melegakan pilek dan hidung tersumbat, dengan kombinasi 6 bahan alam dan langsung bekerja ke sumber masalah. Cukup teteskan ke tungku aromaterapi/ tissue/ saputangan lalu hirup uapnya. Bisa juga digunakan di Diffuser ya Mom.

Artikel Lainnya

Bertambahnya usia si kecil, pemilihan makanan pun ikut berubah. Jika sebelumnya si kecil makan masakan rumah yang Bunda sediakan, kini si kecil jadi lebih suka makan makanan instan atau jus buah kemas...

Perkembangan emosional anak merupakan salah satu tahap tumbuh kembang anak untuk berinteraksi dengan orang lain dan mengendalikan emosinya. Semakin bertambah usia Si Kecil, maka kemampuan emosional Si...

Manfaat Juniper Berry Essential Oil Juniper berry essential oil (disebut juga Juniperi aetheroleum) paling sering digunakan sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan dan infeksi saluran pernapasan...

Semua pasti pernah marah ya, Bun. Termasuk anak-anak. Kalau anak marah, boleh aja kok. Cuma, yang penting kita ajari ke si kecil yaitu gimana cara dia mengekspresikan marahnya tanpa mengganggu dirinya...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................