Cara Agar Anak Bisa Lampiaskan Kemarahannya dengan 'Sehat'

Selasa, 01 Agustus 2017 | 14:45 WIB Penulis : Erni Wulandari


Semua pasti pernah marah ya, Bun. Termasuk anak-anak. Kalau anak marah, boleh aja kok. Cuma, yang penting kita ajari ke si kecil yaitu gimana cara dia mengekspresikan marahnya tanpa mengganggu dirinya sendiri, apalagi orang lain.

Ketika si kecil marah, Bun, biarkan. Nggak apa-apa kok mereka marah karena memang setiap orang harus bisa merasakan emosi, salah satunya marah. Nah, saat anak marah,  yang bisa kita lakukan adalah melatih anak mengekspresikan emosinya tanpa mengganggu diri sendiri dan orang lain.

Terlebih pada usia batita (di bawah tiga tahun), anak masih menunjukkan emosinya tanpa berpikir akibatnya. Jadi, kalau dia memukul Bunda pas marah, itu dia lakukan aja Bun tanpa ada niat menyakiti Bunda. Nah, ketika batita marah, coba yuk Bun kita tenangkan. Tapi, ingat ya. Jangan kita kasih apa yang dia mau.

misalnya anak marah karena nggak dikasih permen. Hingga akhirnya dia teriak-teriak dan nangis kejer, jangan 'menyerah' dan kasih si kecil permen. Kalau begitu, anak akan berpikir kalau caranya minta sesuatu itu dengan marah dan menangis.

"Saat anak marah, kita validasi emosinya. Kita akui kalau memang dia sedang marah. Tapi, kita ajarkan cara mengekspresikan emosinya yang lebih aman. Nggak mengganggu diri sendiri artinya nggak sampai dia menyakiti dirinya," 

Terus, jangan sampai mengganggu orang lain, nih Bun. Kalau pas marah anak biasa membanting barang atau melempar barang ke arah orang lain, coba ajarkan dia melempar guling ke kasur. Atau, cara lain yang bisa kita lakukan yaitu ajak anak ke kamar mandi lalu buka keran air hingga airnya keluar deras.

Setelah itu, ajak anak untuk teriak-teriak guna mengekspresikan emosi marahnya. penting banget kita ngajari anak mengekspresikan emosinya. Sebab, kalau emosi dipendam aja, itu juga nggak baik lho Bun buat anak.

"Kalai disimpan terus, nggak diekspresikan, didiamkan aja, bisa menimbulkan gangguan di dalam. Makanya anak boleh mengekspresikan emosinya tapi dengan catatan jangan sampai mengganggu dirinya juga orang lain.

Artikel Lainnya

Layaknya orang dewasa, Si Kecil juga memiliki beragam perasaan. Setiap anak juga memiliki karakteristik yang khas dan khusus, yang dapat membedakan mereka dengan teman seusianya. Yuk, kita gali l...

Dry drowning berarti tenggelam dalam kering atau tenggelam tanpa air. Saat ajak si kecil selesai berenang mungkin Bunda mengira tugas menjaganya sudah selesai ya Bunda. Tapi tahukah Bunda si kecil bis...

Bagi Anda para Moms, rasanya bukan sesuatu yang asing mendapati susahnya membujuk anak mau makan dengan mudah. Yang kadang malahan membuat kita kesal adalah saat Si Kecil mau makan, ia cuma mau makan ...

Melawan keinginan untuk menggaruk di saat gatal bisa jadi perkara yang menyulitkan, apalagi jika gatal yang dialami sangat terasa. Namun, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan ini. Sebab, jika gatal-ga...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................