7 Cara Tepat Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Kamis, 20 Juni 2019 | 08:17 WIB Penulis : Erni Wulandari


 

Zaman sekarang, gadget adalah barang yang sulit dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Tak terkecuali dengan Si Kecil, yang seringkali dapat hiburan dari bermain gadget. Menurut psikolog anak Najeela Shihab, ketika Moms membolehkan Si Kecol mengakses gadget, jangan pernah dibiarkan sendirian.


Moms harus menemani dan mendampingi Si Kecil, hal ini agar SI Kecil tidak  menafsirkan informasi yang diterima dengan tidak jelas, atau Si Kecil mencari sendiri informasi yang didapatnya cuma sepotong.
"Internet itu kayak pasar, yang jualan dan yang beli di pasar itu banyak. Nah, Moms perlu temani Si Kecil agar Si Kecil tahu mana yang baik dan yang tidak,"


Lalu, bagaimana cara mencegah Si Kecil kecanduan gadget?

.
1. Adanya aturan yang dikomunikasikan atau disepakati Si Kecil. Waktu dan durasi yang diperbolehkan untuk bermain gadget.


2. Adanya pengawasan, gadget dalam penguasaan Moms sehingga Si Kecil minta izin jika akan menggunakannya.


3. Konsistensi penegakan aturan.

4. Adanya keteladanan Moms dalam penggunaan gagdet.

5. Saat Si Kecil mulai membuka gadget, disepakati sampai jarum panjang jam menunjuk angka berapa. Moms juga bisa mengenalkan Si Kecil tentang jam, cara membaca jam jika Si Kecil belum paham.

6. Peringatkan saat waktu bermain gadget sudah hampir habis (5 - 10 menit sebelumnya), sekaligus mengajarkan Si Kecil menghitung waktu.

7. Hukum Si Kecil dengan mengurangi waktu bermain gadget jika Si Kecil melakukan pelanggaran. Misalnya tidak mau mengaji, belajar dan sebaliknya.


Yang perlu Moms catat, larangan terhadap Si Kecil sebaiknya ada alternatifnya. Bisa dengan menyediakan mainan, buku, dan juga beri kesempatan pada SI Kecil untuk bergaul dengan teman sebayanya.

 

 

 

 

 

Sumber: Haibunda

Artikel Lainnya

Tak terasa libur sekolah sudah hampir usai. Si kecil pun kini harus siap-siap untuk kembali ke sekolah. Masuk sekolah lagi bisa jadi momen yang membuat si kecil gelisah. Setelah liburan panjan...

Mendapatkan telepon dari sekolah yang memberi tahu kalau Si Kecil melakukan bullying tentunya meresahkan Moms. Faktanya pasti banyak Moms yang suka menghindar dari panggilan sekolah den...

Berikut adalah cara mengembangkan kecerdasan moral anak sejak dini.   Kecerdasan moral, Michele Borba, Ed.D, dalam bukunya Building Moral Intelligence, mendefinisikan sebagai kemampuan unt...

Moms, pernah mendapati Si Kecil sedang asyik memainkan alat kelaminnya sendiri? Jangan khawatir, itu adalah pertanda bahwa mereka telah memasuki fase phallic. Anak-anak tidak hanya m...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................