Berjalan Sambil Tidur Sikecil Membuat Mommy Pusing?

Senin, 18 November 2019 | 14:55 WIB Penulis : Erni Wulandari


Anda pasti sangat khawatir saat melihat anak tidur berjalan. Sebenarnya, apa sih penyebab dan solusi terhadap kebiasaan tidur berjalan anak ini?

Dilansir dari Verywell Health, tidur berjalan atau sleepwalking adalah gerakan berjalan yang disengaja, yang terjadi dalam kondisi tidur. Tidur sambil berjalan adalah salah satu dari parasomnia, yaitu gangguan tidur yang meliputi gerakan dan perilaku abnormal yang terjadi selama tidur.

Penyebab anak tidur berjalan

Anak-anak dari segala usia sering mengalami tidur sambil berjalan, dan penyebabnya tidak sepenuhnya dipahami. Mungkin karena perkembangan sistem saraf yang belum matang pada anak-anak. Diperkirakan sekitar 10% anak-anak akan mengalami tidur sambil berjalan setidaknya sekali pada usia 3-10 tahun. Paling sering terjadi pada usia 5 tahun.
Sebenarnya, ada beberapa kondisi yang dapat memicu tidur sambil berjalan. Diperkirakan bahwa gangguan pernapasan saat tidur, seperti sleep apnea, dapat membuat anak lebih mungkin mengalami tidur sambil berjalan. Selain itu, gangguan gerakan, seperti sindrom kaki gelisah (RLS) dan gangguan gerakan tungkai berkala, juga dapat memicu tidur sambil berjalan ini.

Kondisi lain yang mirip dengan tidur berjalan
Ada kondisi lain yang mungkin menyebabkan anak seakan mengalami tidur berjalan. Kondisi-kondisi ini meliputi:

  • Epilepsi lobus frontal nokturnal (menyebabkan kejang)
  • Parasom non-REM
  • Gangguan kejiwaan.

Cara mengatasi kebiasaan tidur berjalan pada anak

Sebagian besar kejadian tidur sambil berjalan akan berhenti dalam beberapa menit saja, oleh karena itu kejadian ini mungkin tidak memerlukan perawatan. Namun, anak-anak dapat berhadapan dengan kondisi bahaya saat sedang tidur berjalan, sehingga Anda perlu mengawasi anak tersebut, agar aman dari bahaya.

Karena anak-anak sering tidur sambil berjalan pada jam tertentu, maka orangtua mungkin perlu untuk memantau mereka selama waktu tersebut. 

Jika perilaku berjalan sambil tidur sangat sering, berkepanjangan, atau berbahaya, intervensi tambahan mungkin diperlukan. Dalam beberapa kasus, terapi dapat membantu mengurangi kebiasaan tidur berjalan saat tidur.

Jika gangguan pernapasan atau gangguan gerak saat tidur diduga menjadi penyebabnya, sembuhkan dahulu gangguan tersebut, saat gangguan itu sembuh, maka kebiasaan tidur sambil berjalan akan berkurang.

Penggunaan obat clonazepam dapat membantu mengatasi kebiasaan ini. Clonazepam adalah salah satu obat benzodiazepine dan dapat digunakan untuk menekan sistem saraf. Konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Bahayakah membangunkan anak saat tidur berjalan?

Banyak orang sering bertanya-tanya apakah berbahaya untuk membangunkan anak yang sedang tidur sambil berjalan. Jawaban singkatnya adalah tidak.

Secara umum, yang terbaik adalah mengarahkan anak-anak yang sedang tidur sambil berjalan kembali ke tempat tidur tanpa sepenuhnya membangunkan mereka. Anak-anak yang terbangun selama keadaan ini mungkin tampak bingung dan kesal dan mungkin mengalami kesulitan untuk kembali tidur.

Tidak ada kerusakan mental atau fisik ketika kita membangunkan anak yang sedang tidur berjalan, jadi jangan terlalu khawatir.

 

Source: theasianparent

Artikel Lainnya

Siapa bilang mainan anak hanya bisa dipakai untuk bermain? Mainan anak ternyata bisa membantu tumbuh kembangnya juga. Mainan bisa membantu perkembangan tiga hal di dalam diri anak. Pertama adalah perk...

Meski kasus infeksi virus Corona pada anak relatif jarang terjadi, orang tua tetap harus mewaspadainya. Penting bagi orang tua untuk mengenali langkah pencegahan dan apa saja gejala yang bisa menandak...

Penyebab mata minus pada anak penting untuk Bunda ketahui supaya Si Kecil bisa terhindar dari kondisi ini. Pasalnya, mata minus akan membuat anak kesulitan melihat jarak jauh. Hal ini tentu bisa mengg...

Kesempatan bermain dengan bebas akan mendorong perkembangan yang sehat bagi si kecil. Ternyata ketika si kecil menggunakan imajinasi saat bermain, mereka akan lebih kreatif, tampil lebih baik di ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................