Cermat Memilih Mainan Sikecil!

Kamis, 28 November 2019 | 17:26 WIB Penulis : Erni Wulandari


Jakarta - Membuat anak tumbuh cerdas enggak cuma dengan memberikan asupan yang bergizi, Bun. Mereka juga butuh stimulasi, salah satunya dengan mainan. Nah, ternyata mainan bisa membuat anak tumbuh cerdas lho.

Para ahli pengembangan anak usia dini mengatakan bahwa apa yang terjadi selama lima tahun pertama kehidupan anak memiliki dampak besar pada perkembangan otak mereka. Dilansir The New Times, para ahli juga mencatat, mainan telah terbukti memiliki peran besar dalam perkembangan otak anak.

Baca Juga :
8 Mainan Anak Paling Menyeramkan, Tiang Striptis Hingga Boneka Terpotong

Untuk anak-anak usia pra sekolah, mereka membutuhkan keterampilan motorik halus dan motorik kasar. Jadi, mainannya pun harus bisa menstimulasi kemampuan ini.


Berikut 5 mainan yang dapat membantu kecerdasan anak. Perlu diingat, Bun, mainan ini untuk anak usia pra sekolah ya.

1. Balok

Ketika anak bermain balok, mereka memerhatikan polanya. Balok mengarahkan anak pada keterampilan matematika yang lebih baik. Bahkan mainan yang satu ini bisa meningkatkan perkembangan bahasa.

2. Mainan merancang bangunan

Anak akan menyatukan potongan-potongan atau elemen-elemen yang dirancang untuk menjadi sebuah bangunan. Mainan ini akan melatih anak untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Keterampilan menyelesaikan masalah seperti ini memang perlu dilatih sejak kecil, Bun.

"Perlu membuat lingkungan yang mendorong dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah sejak kecil," kata psikolog perkembangan, Rachel Keen dikutip dari Cheat Sheet.

3. Puzzle

Puzzle membantu anak melatih koordinasi dan ketangkasan. Mengutip Kids Health, mainan ini juga mengajarkan hubungan spasial atau hubungan satu hal dan hal lain, serta melatih berpikir logis.

4. Boneka atau action figure

Boneka dan action figure memungkinkan anak untuk menggantikan baju dan menambahkan aksesoris mainan tersebut. Ketika bermain boneka, anak juga belajar untuk menggunakan keterampilan tersebut di kehidupan mereka, seperti keterampilan mengganti baju.

Permainan imajinatif seperti ini dapat mengembangkan keterampilan sosial. Selain itu, permainan imajinatif seperti boneka dan action figure mengajarkan mereka tentang penyelesaian masalah.

5. Seni dan kerajinan

Seni dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, seperti memegang krayon atau menggunting (harus dengan pengawasan). Mainan ini memiliki manfaat memperkuat koordinasi, mendorong kreativitas, dan menumbuhkan rasa percaya diri.

 

Source: HaiBunda

Artikel Lainnya

Sejak baru dilahirkan, bayi sudah belajar berkomunikasi. Salah satu tanda komunikasi terjadi pertama kali pada seorang bayi adalah saat dia menyadari bahwa kalau menangis dia akan mendapat susu dari m...

“Anak saya itu beberapa kali kalau lagi sedang main bersama temannya, lalu mainannya direbut, reflek temannya langsung dipukul. Cepet banget gerakannya, ampe ga sempet saya tahan tangannya. Pada...

Apakah Si Kecil sering kali menabrak tembok atau tantrum ketika dikenakan pakaian? Coba deh, cek kemungkinan ia memiliki Gangguan Proses Sensori (SPD) atau tidak. Untuk mengetahui lebih jauh tentang S...

Melihat anak aktif senang yaa Bunda, tak jarang ia berkeliling ke seluruh ruangan untuk memenuhi rasa ingin tahunya terhadap barang-barang yang ia lihat. Begitu juga saat ia bermain di halaman atau ta...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................