Sikecil Tidak Ingin Makan Nasi? Apa Solusi-Nya?

Jumat, 06 Desember 2019 | 17:28 WIB Penulis : Erni Wulandari


Jakarta - Si kecil mogok makan alias melakukan gerakan tutup mulut (GTM)? Hampir semua Mommy rasanya pernah menghadapi drama si kecil yang melakukan GTM.

Beragam alasan menjadi penyebabnya, mulai dari tumbuh gigi hingga bosan nasi. Ya, ada kalanya anak-anak menolak mentah-mentah nasi yang disodorkan ke hadapannya.

Hal ini berbeda kondisinya kalau mereka bosan dengan lauk yang disajikan ya, Bun. Kalau bosan makan saja, kita tinggal cari kreasi masakan yang berbeda. Tapi, ada juga si kecil yang ogah makan nasi. Bahkan, ada yang maunya makan mi terus lho.


Wah, kalau sudah begini pasti bikin pusing ya. Mom harus kreatif menciptakan menu makanan dari pengganti nasi.

Berbicara mengenai kebutuhan nasi, ternyata beberapa negara sudah mengeluarkan himbauan agar orang tua mulai menerapkan diet nasi untuk bayinya. Keputusan itu menyusul temuan kadar arsenik yang ditemukan dalam beras. Melansir Pop Sugar, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan diversifikasi diet bayi untuk mengurangi risikonya.

"Untuk makanan pertama bayi, sereal beras tidak bergizi seperti pilihan makanan lainnya dan menjadi populer dalam 30 hingga 35 tahun terakhir karena sereal dianggap paling aman dari alergi," kata Dr. Frank Greer dari AAP.

Selain nasi, sebenarnya banyak sumber makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Sehingga kebutuhan nutrisi, terutama karbohidrat tetap terpenuhi. Simak ulasannya di bawah ini ya, Mom.

1. Pasta

Pasta yang terbuat dari tepung gandum kaya akan kandungan zat besi non-heme. Pasta saat ini sudah mudah ditemukan di pasaran. Mom bisa mulai memasakkan si kecil makaroni cheese dan spaghetti.

2. Sereal

Melansir Vita Cost, sereal dari beras gandung diperkaya zat besi sehingga bagus diberikan pada bayi.

3. Kentang

Dalam 100 gram kentang mengandung 62 kalori, lalu terapat 13,5 gram karbohidrat dan 2 gram protein. Kentang juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bagus untuk tumbuh kembang anak.

Berikan mashed potato bersama scramble egg, atau kentang goreng dengan ayam goreng atau daging.

4. Oatmeal

Oat adalah sumber biji-bijian utuh yang sangat mudah dicerna, bahkan untuk bayi sekalipun. Oat juga bagus diberikan pada bayi sebagai MPASI agar mereka mengenal makanan padat.

5. Jagung

Jagung menawarkan rasa sedikit manis, yang dijamin akan membuat si kecil suka nih, Bun. Dalam 100 gram jagung mengandung 366 kalori, lalu ada 69,1 gram karbohidrat, dan 9,8 gram protein.

Jagung bisa disajikan bersama dengan sayuran yang lainnya seperti wortel dan kacang polong. Lalu, tambahkan daging giling sebagai sumber protein hewani.
 

6. Ubi

Ubi disebut-sebut sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat daripada nasi putih. Ubi yang sudah diolah mengandung 18-21 karbohidrat.

7. Singkong

Singkong bisa dijadikan berbagai olahan menggoda selera untuk anak-anak. Misalnya, direbus dan disajikan bersama sayuran dan ikan. Atau dibuat camilan seperti singkong Thailand atau kolak.

Selamat mencoba!

 

Source: HaiBunda

Artikel Lainnya

Tentu Mommy sudah sering mendengar pepatah Latin yang mengatakan, Mens sana in corpore sano, bukan? Melalui pepatah ini, kita belajar bahwa di dalam tubuh yang sehat (pasti) terdapat jiwa yang ku...

Tantrum, bisa mulai terjadi saat anak memasuki usia 15 bulan, namun paling sering terjadi antara usia dua dan empat tahun. Meski frekuensi tantrum berbeda pada setiap anak, tapi pada anak yang aktif d...

Meskipun keadaan alat transportasi umum di negara kita masih belum ramah anak, namun tidak ada salahnya kita mulai memperkenalkan dan membiasakan si kecil menggunakannya. Terutama jika dia sudah duduk...

Bermain bersama, merupakan salah satu kesempatan balita untuk belajar mengenai keterampilan sosial. Namun, terkadang tidak dapat berjalan lancar karena pasti ada saja drama yang terjadi. Seperti bereb...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................