Ayah Salah Satu Sosok Yang Terpenting Dalam Kehidupan Anak

Jumat, 20 Desember 2019 | 17:12 WIB Penulis :


Tak ada yang bisa menggantikan peran pentingnya orangtua dalam kehidupan anak. Baik peran orangtua dalam kesehatan anak, peran orangtua dalam pendidikan anak, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini, kami akan lebih banyak membahas mengenai peran orangtua dalam pendidikan anak. Terutama peran ayah.

Peran orangtua dalam pendidikan anak

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa ayah memiliki peran yang cukup penting dan tidak akan tergantikan dalam kehidupan anak.

Ketiadaan sosok seorang ayah dapat mengakibatkan konsekuensi negatif yang dapat memengaruhi semua area kehidupan seorang anak. Salah satunya ialah pendidikan anak.

 

Anak-anak yang mendapatkan perhatian penuh dari sosok ayah cenderung mencapai keberhasilan akademik secara keseluruhan, IQ yang lebih tinggi, dan sikap yang lebih baik ketika di sekolah.

Sedangkan mereka yang tidak mendapatkan hal itu cenderung putus sekolah, gagal naik kelas, dan memiliki masalah perilaku yang buruk.

Artikel terkait: Wajib tahu! Ini pentingnya peran ayah dalam membentuk karakter anak

Najeela Shihab seorang praktisi parenting menyebutkan ada 4 peran penting ayah pada anak:

1. Player (teman bermain anak)

Ayah memiliki peran penting sebagai teman bermain bagi anak-anak. Dengan bermain, ayah dan anak bisa lebih merasa nyaman antara satu sama lain dan saling membangun ikatan.

Semakin sering ayah bermain dengan anaknya maka semakin berkualitas pula mental anak.

2. Pelindung

Setiap ayah memiliki naluri untuk melindungi anaknya sejak lahir. Namun selain melindungi, ia juga memiliki peran penting untuk mengajarkan anak melindungi diri sendiri karena orangtua tidak mungkin bersama anak setiap waktu.

Sebagai pelindung, mereka perlu berusaha untuk mengenali dunia anak. Semakin ayah mengenali dunia anak, maka semakin mudah seorang ayah menjalin hubungan dan koneksi dengan anak-anaknya.

3. Pendidik

Mau tak mau ayah harus bisa menjalankan peran sebagai guru dan sumber pengetahuan untuk anak. Di sini ayah tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memelihara rasa ingin tahu yang dimiliki anak.

Biasanya ayah akan jauh lebih baik saat mengajarkan ABCD (Ally/sebagai teman, Boundaries/memberi batasan, Challenge/Memberikan tantangan, Dreams/Memberikan mimpi) daripada ibu.

4. Membantu ibu

Ayah dan ibu harus bekerjasama untuk menjaga dan mendidik anak. Sebagai pasangan, ayah diharapkan tidak bergantung pada ibu.

Maka peraturan rumah tangga untuk anak pun perlu disepakati bersama dan tidak boleh berseberangan.

Ada begitu banyak cara untuk mendekatkan ayah terlibat aktif dalam pendidikan anak. Tidak hanya semata-mata membantu anak memahami pelajaran sekolahnya atau mengantar dan menjemput anak di sekolah.

Namun juga dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Membacakan cerita sebelum tidur

Cari tahu dari guru anak tentang topik apa yang sedang mereka bahas di sekolah. Kemudian pergilah ke toko buku atau perpustakaan untuk mencari buku dengan topik tersebut.

Tak perlu buku dengan bahasan yang berat, cukup buku dengan bahasan yang mirip.

Cobalah bacakan buku tersebut sebelum anak tidur. Anda juga bisa mengajaknya berdiskusi tentang topik tersebut.

Hal ini akan mengembangkan kebiasaan membaca yang sehat setiap malam, membuka komunikasi tentang sekolah dan pembelajaran anak, serta menciptakan kenangan yang istimewa baik di benak anak maupun ayah.

2. Eksplorasi di akhir pekan

Bila hari kerja membuat ayah terlalu sibuk untuk terlibat dengan kegiatan sekolah anak. Maka rencanakan sesuatu di akhir pekan.

Anda bisa mengajak anak bertamasya atau melakukan petualangan yang berkaitan dengan pelajarannya di sekolah. Ini akan membuat anak bersemangat dan belajar secara bersamaan.

3. Peran orangtua dalam pendidikan anak, Mengantar anak ke sekolah

Pagi hari seringkali menjadi waktu yang sibuk untuk Anda. Namun sebisa mungkin, cobalah untuk mengantar anak-anak ke sekolah.

Di sela-sela perjalanan, Anda bisa mengajaknya berbicara tentang berbagai hal. Entah itu rencana yang akan dilakukan anak pada hari itu atau sekedargames apa yang sedang diminati anak.

Bila memungkinkan, cobalah untuk mengantarkan anak hingga ke dalam kelasnya. Anda juga bisa mendekatkan diri dengan guru atau teman-teman di sekolahnya.

Namun bila Ayah tidak bisa melakukannya di pagi hari. Anda mungkin bisa memberikannya kejutan dengan mengunjunginya saat jam makan siang.

4. Memperbanyak waktu bersama

Pekerjaan yang banyak dan lalu lintas yang padat mungkin akan membuat Anda sering telat pulang ke rumah. Anda mungkin tidak bisa mencurahkan perhatian penuh untuk membantu pekerjaan rumah anak di malam hari.

Namun sebisa mungkin, usahakan Anda tetap memiliki waktu untuk duduk bersama, berdampingan, dan menunjukan kepada mereka bahwa mereka adalah penting.

Anda juga bisa mengajak anak melakukan hal-hal sederhana bersama. Misalnya, makan malam bersama, membersihkan rumah bersama, atau sikat gigi bersama ketika hendak tidur.

Itu dapat membuat anak merasa berharga dan dengan mudah menceritakan pengalamannya hari itu.

***

 

Source: theasianparent

Artikel Lainnya

Anak-anak suka ngompol, itu pasti masalah biasa. Bunda pasti sudah punya cara untuk mengantisipasinya. Tetapi kalau anak usia 5 atau 6 tahun masih ngompol, hal itu menandakan suatu masalah kesehatan t...

Gejala autisme mulai berkembang saat si Kecil berusia di bawah 3 tahun dan tidak berhubungan dengan pemberian vaksin MMR. Autisme merupakan suatu kondisi gangguan neurobehavioral  (syaraf dan ...

Balita punya hobi baru, gemar menyobeki kertas. Jangan langsung melarangnya, Bunda. Pastikan saja Bunda menangani hobi barunya ini dengan benar. Kegiatan menyobeki kertas sebenarnya berguna bagi tahap...

Mama, kita semua pasti setuju bahwa menjaga kesehatan si Kecil adalah prioritas nomor satu. Melihatnya dapat tumbuh dengan baik, riang dan sehat adalah hal yang selalu Mama dan Papa inginkan. Namun ta...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................