Pentingnya Sikecil Bermain Sendiri

Selasa, 14 Januari 2020 | 10:52 WIB Penulis : Erni Wulandari


Membiarkan balita Mommy bermain bersama dengan teman-teman seumurannya dengan pengawasan memang penting Mom. Dengan bermain bersama, anak dapat belajar untuk berinteraksi, bersosialisasi, dan berbagi mainan dengan teman sebayanya.
Namun tahukah Mommy, tak hanya bermain bersama teman saja, anak juga perlu untuk dibiarkan bermain sendiri di rumah.  Sebab, ada beragam manfaat bermain sendiri yang bisa diperoleh anak.

Mommy penasaran apa saja manfaat anak bermain sendiri? Dilansir dari Verywell Health, berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh:

1. Anak dapat bersikap mandiri

Manfaat bermain sendiri salah satunya adalah merangsang sikap kemandirian anak Mom. Dengan bermain sendiri, anak jadi tidak terbiasa menggantungkan segala hal kepada orang lain.
Tak hanya itu saja, bermain sendiri juga mampu membuat anak lebih bisa mengatur dirinya sendiri. Anak jadi tahu apa yang harus dilakukan saat merasa bosan saat bermain.

2. Lebih percaya diri dan bahagia

Saat anak bermain sendiri, anak tentu dapat dengan melakukan segala hal yang diinginkannya. Hal ini secara tidak langsung telah mengajarkan anak bagaimana caranya untuk bersenang-senang ataupun mencari hiburan yang menyenangkan bagi dirinya sendiri.
Anak juga cenderung dapat menjadi lebih percaya diri dan bahagia lho Ma dengan terbiasa bermain sendiri. Jadi biarkan sesekali anak menikmati waktu bermainnya sendiri di rumah ya Mom!

3. Meningkatkan imajinasi

Dunia anak memang penuh imajinasi Mom, maka dari itu jangan merasa khawatir saat anak sedang main sendiri.  Sebab momen bermain sendiri dapat menjadi “ajang” anak mengembangkan imajinasinya.
Mommy mungkin akan melihat anak menggerakan mainan robotnya layaknya sedang terbang sebagai superhero yang menyelamatkan mainan sekitarnya. Atau akan melihat anak sebegitu seriusnya memberi botol susu kepada boneka kesayangannya agar tidak menangis.
Biarkan anak mengembangkan imajinasi saat bermain sendiri karena imajinasi anak dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikirnya.

4. Menyelesaikan masalahnya sendiri

Sementara itu, menurut Stephenie Gillingham, Program Coordinator and Profesor di Sheridan College, Ontario, Kanada, manfaat bermain sendiri yang dapat diperoleh anak diantaranya merangsang rasa penasaranya, memahami otonomi, belajar berinsiatif dan menyelesaikan masalahnya sendiri.
Menurutnya, anak di bawah usia 5 tahun harus diberikan waktu untuk bermain sendiri dengan mainan yang disukainya. Mommy disarankan untuk membiarkan anak bermain sendiri setidaknya satu hingga dua kali dalam sepekan.

5. Memberikan ketenangan


Bermain sendiri dapat memuat anak Mommy lebih tenang karena mereka cenderung bisa melakukan apa saja yang disukainya. Dengan membiarkan anak bermain sendiri, Mommy juga telah mengajarkan anak untuk mengenal dirinya lebih baik dan membiarkan anak untuk belajar tenang dengan permainan yang dimilikinya.
Meski membawa berbagai macam manfaat, Mommy harus bisa membagi waktu dengan bijak  kapan waktunya anak bermain sendiri dan kapan waktu anak untuk bermain bersama teman-temannya. Sebab baik bermain sendiri ataupun bermain bersama teman, keduanya membawa manfaat bagi perkembangan anak.

 

Source: PopMama

Artikel Lainnya

Ibadah puasa adalah ibadah wajib sekaligus amalan utama dalam agama Islam. Untuk itu, sedini mungkin orangtua mengajarkannya pada anak. Sayangnya, meski bermaksud baik agar anak bisa berpuasa secara p...

Kadangkala orang tua tidak mampu menahan emosi menghadapi kenakalan sikecil. Emosi sesaat seringkali menjadi alasan untuk menghukum anak. Apa yang didapat? yang didapat justru penyesalan. &nbs...

Toilet training merupakan suatu tantangan baru, baik bagi anak maupun bagi orangtua. Bagi anak, hal ini menjadi salah satu momen penting dalam tumbuh kembangnya, di mana ia belajar untuk menahan pipis...

Meskipun keadaan alat transportasi umum di negara kita masih belum ramah anak, namun tidak ada salahnya kita mulai memperkenalkan dan membiasakan si kecil menggunakannya. Terutama jika dia sudah duduk...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................